Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Ziarahi. Makam Ahli Hadist Al-Hafidz Ibnu Hajar Di Negara Mesir

Ziarahi. Makam Ahli Hadist Al-Hafidz Ibnu Hajar Di Mesir
Makam Imam Hafidz Ibnu Hajar, Mesir


Ziarah kubur memang awal-awal tegaknya agama islam di larang, namun, lambat laun ziarah kubur di anjurkan kepada umatnya.

Faidah ziarah kubur yang paling utama adalah untuk selalu ingat akan kematian, dengan  begitu hatinya umat islam akan selalu berhati-hati menapaki dunia ini.

Di dalam hadist juga di sebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda: "Sungguh aku telah melarang kalian ziarah kubur, dan telah diizinkan kepada nabi Muhammad untuk berziarah ke kubur ibunya, maka ziarahilah  makam sanak keluarga  kalian, karena ziarah kubur itu dapat mengingatkan kepada akhirat." (HR Muslim).


Baca Juga: 



Memang betul, ketika seseorang ziarah kubur ke makam orang tua dan  bagi orang yang terbuka hatinya, hatinya akan terenyuh dan ingat bahwa dirinya juga akan terbaring di bawah tanah, dengan begitu ia akan rajin beribadah dan tanpa henti ia akan selalu meminta pertolongan kepada Allah Swt.

Nah, terlepas dari itu semua, kita di anjurkan untuk ziarah kubur kepada para nabi, wali dan orang-orang sholeh, ahir-ahir ini telah berembus kabar, bahwa makan imam besar umat islam telah di temukan di negara mesir, siapa beliau??


Beliau ini temasuk salah satu  Imam di bidang ilmu hadis yang bermazhab Syafi'i dan diberi gelar Amirul Mukminin fil Hadist, beliau bernama Imam Ibnu Hajar, makam beliau sudah banyak diziarahi oleh pelajar Al-Azhar dari Indonesia dan Malaysia. Makam beliau imam Ibn hajar juga sudah terlihat lebih rapi dan terawat.

Di fikih Madzhab Syafi'i banyak disebutkan bahwa makam ulama boleh untuk dibangun, tujuannya adalah untuk menghidupkan ziarah kubur.

Ahli hadis Imam Al-Iraqi, guru dari pada Imam Ibnu Hajar, menggali dalil dari hadis berikut:


ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻭاﻟﻠﻪ ﻟﻮ ﺃﻧﻲ ﻋﻨﺪﻩ ﻷﺭﻳﺘﻜﻢ ﻗﺒﺮﻩ ﺇﻟﻰ ﺟﻨﺐ اﻟﻄﺮﻳﻖ ﻋﻨﺪ اﻟﻜﺜﻴﺐ اﻷﺣﻤﺮ»


Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: Demi Allah sungguh jika aku di dekatnya maka akan aku beri tahu kepada kalian kubur Nabi Musa di dekat jalan di sebelah gundukan pasir merah (HR Bukhari).


ﻭﻓﻴﻪ اﺳﺘﺤﺒﺎﺏ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﻗﺒﻮﺭ اﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ ﻟﺰﻳﺎﺭﺗﻬﺎ ﻭاﻟﻘﻴﺎﻡ ﺑﺤﻘﻬﺎ


Dalam hadis ini terdapat anjuran mengetahui makam orang shaleh untuk menziarahinya dan memenuhi hak-haknya (Tharh At-Tatsrib 3/303).

Alhamdulillah dengan di temukannya Makam Imam Besar umat islam Imam Ibn Hajar, semoga dengan banyaknya ziarah ke makam beliau, umat islam di seluruh dunia mendapatkan barakah, ketenangan dalam beribadah dan di jauhkan dari fitnah.

Yuks bagi para Mahasiswa asal Indonesia yang kebetulan mengambil mata kuliah di mesir, sempatkan untuk menziarahi makam imam besar islam ini.


Sumber: Facebook



Tag : Info Islam
0 Komentar untuk "Ziarahi. Makam Ahli Hadist Al-Hafidz Ibnu Hajar Di Negara Mesir"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top