Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

5 Cara Ampuh Agar Anak Semangat Berpuasa

Berpuasa, sejatinya bukan hanya menahan lapar dan dahaga, namun selain sebagai kewajiban dan melaksanakan perintah agama, nyata puasa memiliki manfaat kesehatan, dan memiliki nilai sosial yang tinggi.

Cara Ampuh Agar Anak Semangat Berpuasa

Bagi orang muslim dewasa, menahan lapar dan haus sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari mungkin dirasa cukup kuat.

Akan tetapi bagi anak-anak, apalagi mereka yang mau memulai pertamakali berpuasa, bisa jadi tantangan tersendiri.

Dimana mereka harus merubah kebiasaan yang biasanya bebas makan dan minum di siang hari, mereka harus memulai atau bahkan membiasakan untuk tidak makan dan minum.

Banyak orang tua yang tak tega melihat anaknya menahan diri untuk tidak makan kue kesukaannya, tidak sarapan pagi, tidak minum.

Disisi lain, mereka juga harus mengajarkan dan melatih berpuasa sejak dini, agar nantinuya dapat terbiasa dan tidak lagi merasa berat.

Sementara itu, bagi anak kecil yang baru mulai berbuasa, kadang mereka kuat pada awalnya saja, sehingga orang tua lagi-lagi harus mencari cara agar anak mereka tetap semangat untuk berpuasa.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi tips bagi orang tua agar anaknya dapat terus semangat untuk menjalankan puasa.

5 Cara Supaya Anak Semangat Berpuasa

Semnagat merupakan faktor utama agar anak mau mulai berpuasa. Namun, semangat harus tetap dijaga, agar mereka tetap mau melanjutkan puasa.

Faktor eskternal tersbut merupakan salah satu motivasi yang perlu diberikan oleh orang tua kepada anaknya.

Setidaknya ada 10 cara agar anak yang sudah mulai menjalankan puasa, bisa terus bersemangat, yaitu :

1. Beri Pengetahuan Tentang Tujuan Dan Manfaat Berpuasa

Seorang anak tidak cukup hanya diberitahu tujuan atau hakikat tentang puasa, namun juga manfaat yang didapat bagi nya.

Selain diberi pengetahuan tentang jaminan dan pahala yang terkandung dalam ibadah puasa, nilai keimanan dan manfaat berpuasa bagi jiwa dan nilai sosial perlu dipupuk sejak dini.

2. Puasa Secara Bertahap

Seorang anak akan kaget jika berpuasa pertama kali sehari penuh. Biasanya, ada sebagian anak yang enggan meneruskan puasanya, sebab mereka merasa kapok menahan lapar dan haus sehari penuh.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, sebaiknya ajarkan mereka berpuasa secara bertahap, misalnya mulai dengan berpuasa setengah hari dulu. Jika sudah dirasa cukup, kemudian baru mulai dengan sehari penuh.

3. Beri Kegiatan Yang Menyenangkan

Bagi anak-anak, berpuasa tidak hanya tantangan, bahkan ada sebagian yang merasa membosankan. mengapa? sebab mereka akan terasa lemah, lesu dan tidak semangat.

Oleh sebab itu, disela-sela mereka menjalankan puasa, sebaiknya orang tua harus peka, agar pikiran mereka tidak fokus pada rasa lapar maupun haus.

Salah satu caranya dengan senantiasa memberikan mereka kegiatan yang menyenangkan, misalnya dengan mengajak mereka berbelanja, menggambar, bermain kuis, atau diajak untuk ngabuburit.

4. Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka

Salah satu faktor menurunnya semangat seseorang dalam menjalankan ibadah puasa adalah asupan makanan yang kurang baik.

Terlebih anak-anak yang memiliki gerak yang lebih aktif, tentu mereka juga butuh asupan gizi yang cukup saat berpuasa.

Sehingga, anda sebagai orang tua, harus pintar-pintar memilih menu buka puasa ataupun sahur, agar stamina mereka dalam berpuasa tidak menurun drastis.

5. Beri Penghargaan

Salah satu cara memberikan semangat bagi anak-anak agar mereka tetap semangat berpuasa adalah dengan menjanjikan hadiah untuk mereka.

Untuk puasa ramadhan, tentu hal tersebut sangat mudah, misalnya dengan menjanjikan kepada mereka untuk mudik ke kampung halaman, atau membelikannya baju baru.

Dari kelima cara diatas, diharapkan anak yang sudah mulai menjalankan ibadah puasa bisa terus semnagat menjalankannya.

Bagaimana, apakah anak anda sudah mulai tidak semangat berpuasa? segera lakukan lima tips diatas, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "5 Cara Ampuh Agar Anak Semangat Berpuasa"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top