Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Alamat Lengkap Makam Wali Songo, Dengan Google Maps Dijamin Tidak Kesasar

Salah satu faktor pendukung, diterimanya Islam masuk ke Nusantara khususnya pulau jawa, adalah dengan adanya dakwah yang dilakukan oleh sembilan orang ulama.

Kehadiran mereka di Indonesia, dengan membawa warna Islam melalui adat istiadat, sehingga Islam dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Para pendakwah yang berjumlah sembilan tersebut, kemudian dikenal dengan julukan Wali Songo. Atas jasa-jasa merekalah, kini Islam tersebar keseluruh penjuru Nusantara.

Ajarannya yang santun dapat menarik simpati masyarakat Indonesia kala itu, dan hingga kini pesarean beliau kerap kali diziarahi dan semakin ramai dari tahun-ketahun.

Tapi tahukah kalian, dimana saja letak makam wali songo tersebut? berikut ini kami jelaskan secara lengkap.

1. Makam Sunan Ampel, Surabaya.

Makam Sunan Ampel yang memiliki nama asli Raden Rahmat ini berada dilokasi Masjid Ampel Surabaya, tepatnya di wilayah wisata religi Surabaya.

Makam Sunan Ampel

Berikut ini adalah alamat lengkap lokasi Makam Sunan Ampel Surabaya, Jl. Ampel Cemp No.65, RT.001/RW.02, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151.

Rute lokasi menggunakan Google Maps :



2. Makam Sunan Giri, Gresik Jawa Timur.

Raden Paku begitulah Sunan Giri dijuluki. selain merupakan murid dari Sunan Ampel, Lokasi makamnya berada tidak jauh dari gurunya, yakni disekitar pusat Kota Gresik, tepatnya di puncak sebuah bukit di kawasan Kebomas, Gresik.

Lokasi Makam Sunan Giri

Adapun alamat lengkapnya, Pedukuhan, Kebomas, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124.

Dan berikut ini rute lokasi Pesarean dan Makam Sunan Giri berdasarkan Google Maps:


3. Makam Sunan Gresik, Gresik Jawa Timur.

Syekh Maulana Malik Ibrahim merupakan nama asli dari Sunan Gresik. Beliau tercatat sebagai keturunan ke-22 dari Nabi Muhammad saw.

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Makamnya tidak jauh dari Sunan giri, dan dekat dengan pusat Kota Gresik sehingga sangat mudah dijangkau oleh para peziarah.

Alamat makam Sunan Gresik sendiri, berada di Jl. Raden Santri, Bedilan, Kebungson, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61114.

Berikut ini adalah rute lokasi Makam Sunan Gresik melalui Google Maps:



4. Makam Sunan Bonang, Tuban Jawa Timur.

Nama asli Sunan Bonang adalah Raden Makhdum Ibrahim yang merupakan putra dari Sunan Ampel, atau Raden Rahmat.

Makam Sunan Bonang

Sunan Bonang semasa hidupnya, dikenal sebagai orang yang paling gencar memasukkan agama Islam dalam adat dan kesenian Jawa, hal itu terlihat dari beberapa karya beliau, misalnya lagu Tombo Ati yang kini semakin dikenal.

Sementara itu, Makam Sunan Bonang berada di sebelah barat Masjid Agung Tuban, di salah satu sisi alun-alun Kota Tuban, Jawa Timur, dan beralamatkan di Jl. Sunan Bonang No.Km.4, Bonang, Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59271.

Berikut ini rute jalan menuju ke Makam Sunan Bonang menggunakan Google Maps:



5. Makam Sunan Drajat, Lamongan Jawa Timur.

Sunan Drajat memiliki nama Asli Raden Qasim, dan merupakan salah satu putra dari Sunan Ampel, sama dengan Sunan Bonang.

Makam Sunan Drajat

Lokasi makam Sunan Drajat berada di atas bukit tinggi dan dikelilingi pepohonan yang luas, tepatnya di kawasan wisata Lamongan, tepatnya beraalamatkan di Dradjat, Sawah, Banyubang, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Sebelum memasuki komplek pemakaman, peziarah bisa melihat Museum Sunan Drajat yang berisi peninggalan Sunan Drajat, yang dapat dikunjungi secara gratis.

Berikut ini rute lokasi makam Sunan Drajat, berdasarkan Google Maps:



6. Makam Sunan Kudus, Kudus Jawa Tengah.

Ja’far Shadiq merupakan nama asli dari sunan Kudus, yang lokasi makamnya tidak jauh dari masjid Kudus yang memiliki arsitektur bangunan masjid mirip dengan candi Hindu.

Makam Sunan Kudus

Semasa hidupnya, Ja’far Shadiq atau Sunan Kudus menjabat sebagai Panglima perang sehingga memiliki peranan penting di Kesultanan Demak.

Selain itu beliau juga menjabat sebagai penasihat Sultan Demak, Mursyid Thariqah bahkan sebagai hakim peradilan negara.

Sementara itu, makam Sunan Kudus berada di tengah bangunan menyerupai Joglo, yang hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu.

Alamat Sunan Kudus, berada di Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315.

Berikut ini adalah rute Pesarean Sunan Kudus, berdasarkan google maps:



7. Makam Sunan Muria, Jepara Jawa Tengah

Nama asli Sunan Muria adalah Raden Umar Said, beliau merupakan putra Sunan Kalijaga Desa Kadilangu, dekat kota Demak.

Makam Sunan Muria

Lokasi makam Sunan Muria berada di Gunung Muria, dan bagi para peziarah yang ingin datang ke makam Sunan Muria ini, diharuskan mendaki gunung terlebih dahulu.

Tapi, ada pilihan juga untuk menyewa jasa tukang ojek yang berada disekitaran makam, untuk meminta antar ke lokasi pemakaman.

Makam Sunan Muria, beralamatkan di Area Gunung. Colo, Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353.

Dan berikut ini rute Pesarean Sunan Muria melalui Googl Maps:



8. Makam Sunan Kalijaga, Demak Jawa Tengah.

Nama asli Sunan Kalijaga adalah Raden Said, beliau merupakan ayah dari Sunan Muria. Sejarah dakwahnya, beliau, Sunan Kalijaga kerap menggunakan wayang kulit dan tembang suluk sebagai media untuk mengajarkan Islam ke dalam kehidupan masyarakat Jawa yang kaya akan budaya dan kesenian.

Makam Sunan Kalijaga

Area makamnya berada di pinggiran Kota Demak, dan cukup dekat dengan kompleks pemakaman keluarga Kerajaan Demak, tepatnya beralamatkan di Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah 59517.

Dan hingga kini Makam-makam ini menjadi wisata religi yang cukup populer di kawasan Demak. Dan berikut ini Rute lokasi Makam Sunan Kalijaga melalui Google Maps:



9. Makam Sunan Gunung Jati, Cirebon Jawa Barat.

Nama asli Sunan Gunung Jati adalah Syarif Hidayatullah, beliau merupakan salah satu ulama yang memiliki pengaruh besar dalam berkembang kota Cirebon hinga menjadi pusat dakwah.

Makam Sunan Gunung Jati

Oleh sebab itu, maka tidak heran jika sampai sekarang, Kota Cirebon dikenal sebagai salah satu kota wisata religi yang harus sahabat kunjungi.

Untuk mencapai Lokasi makam Sunan Gunung Jati cukup mudah, pemakamannya berada di Kota Cirebon. yang beralamatkan di Jl. Alun-alun No.53, Astana, Gunungjati, Cirebon, Jawa Barat 45151.

Uniknya, Makam beliau dihiasi ornamen dan piring antik dari China karena semasa hidupnya pernah menikahi Putri Ong Tien dari negara China oleh sebab itu budaya Tiongkok tampak dalam peninggalan sejarah di Cirebon.

Dan berikut ini rute lokasi Makam Sunan Gunung Jati, melalui Google Maps:


Demikianlah informasi seputar Alamat dan Rute Lokasi Makam Wali Songo, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat yang kebetulan ingin mengunjungi makam-makam para wali songo tersebut.
Tag : Info Islam, Ragam
0 Komentar untuk "Alamat Lengkap Makam Wali Songo, Dengan Google Maps Dijamin Tidak Kesasar"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top