Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Download Kitab Hilyatul Auliya' Karya Abu Nu'aim al-Ashfahani

Galerikitabkuning.com | Perangai seorang wali secara ekplisit sudah dijelaskan dalam al-Quran, Allah swt. berfirman dalam surat Yunus; 62-53.

“Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.”
Bahkan dikatakan, para Wali lebih utama dibandingkan orang yang hanya alim, hal ini sebagaimana ditegaskan oleh al-Imam Zainuddin al-Malibari [pengarang kitab I'anatu Tholibin], dalam kitab Hidayatu al-Adzkiya', dalam sebuah syair:

والعارفون بربهم هم أفضل * من أهل فرع والأصول تكملا
 فلركعة من عارف هى أفضل * من ألفها من عالم فتقبلا 

"Dan mereka orang-orang yang mengenal (makrifat) Tuhannya lebih afdhal (utama) dibandingkan para ahli furu’ dan ahli ushul yang sempurna. Sesungguhnya satu raka’at yang dilakukan orang arif (wali) itu lebih utama dibandingkan seribu raka’at orang alim. Terimalah keterangan ini"

Selain itu, di Indonesia sendiri ada tradisi  yang di dalamnya diceritakan sejarah para Wali Allah, biasanya tradisi tersebutberupa istilah Manaqiban, Haul (memperingati wafatnya seseorang), dan lain sebagainya.

Walhasil, kilas balik ceritra tentang sosok para wali Allah swt. tentu memiliki tujuan-tujuan yang sangat penting, diantaranya agar kita dapat meniru bagaimana perjuangan taqarrub [mendekatkan diri] kepada Allah swt.

Dan salah satu kitab yang mengulas tentang sejarah, biografi para Wali Allah swt. adalah kitab Hilyatul Auliya', yang disusun oleh Abu Nu`aim al-Ashfahani.

Resensi Kitab Hilayatul Auliya' Watabaqat al-Asfiya'

Diawal kitab  ini Abu Nu`aim al-Ashfahani dalam muqaddimanya mengulas tentang kemuliaan dan kelebihan para aulia Allah di sisi-Nya, baik di dunia maupun diakhirat.

Selanjutnya, dijelaskan lebih jauh lagi tentang balasan bagi orang-orang yang menentang para Waliyullah, terutama saat mereka diejek, maka seakan-akan orang itu telah mengangkat bendera perang terhadap Allah swt.penjelasn tersebut diperkuat dengan hadith-hadith yang beliau riwayatkan.

Dalam kitab tersebut, setidaknya Abu Nu`aim al-Ashfahani mengumpulkan perkataan tentang Ilmu Tasawuf dan para tokohnya, serta dijelaskan pulatingkatan mereka

Ada sekitar 800 ulama yang beliau muat, yang dimulai dari para Khulafa al-Raasyidiin, dilanjutkan para sahabat-sahabat yang mendapatkan kabar gembira masuk surga (al-Mubasysyiiriina bil Jannah), dilanjutkan para sahabat-sahabat yang lain dan Ahli Suffah, lalu disusul para Tabi`in, Tabiut Tabi`in dan para ulama Tasawwuf lainnya hingga dengan para ulama yang semasa dengan Abu Nu`aim al-Ashfahani.

Meski Kitab ini terbilang klasik, namun karena hampir semua biografi ulama tersebut diceritakan dengan argumentasi dari  hadits dan atsar yang cukup lengkap, sehingga valliditas dan keontetikan ceritanya bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah lewat studi hadits dan atsar.

Oleh karena itu kitab Kitab Hilayatul Auliya' tersebut seringlai menjadi referensi utama dalam disiplin ilmu Sejarah, khususnya para tokoh-tokoh ulama Islam.

Bagi sahabat yang ingin membaca, mempelajari serta mendalami kisah para ulama dan para wali terdahulu, Kitab Kitab Hilayatul Auliya' ini sangat layak untuk jadi salah satu rujukan. Apakah anda tertarik? berikut ini kami berikan refrensi kitabnya dalam bentuk file PDF.
 Download Kitab Hilyatul Auliya' Karya Abu Nu'aim al-Ashfahani


حلية الأولياء وطبقات الأصفياء
Nama Kitab : Hilayatul Auliya' Watabaqat al-Asfiya'
Penyusun : Abu Nu`aim al-Ashfahani
Jumlah Jilid : 10 Jilid
File : PDF
Ukuran File : 106 MB
Sumber : MAKTABANA

Tag : Biografi, Sejarah
0 Komentar untuk "Download Kitab Hilyatul Auliya' Karya Abu Nu'aim al-Ashfahani"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top