Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Ta'limul Muta'allim PDF

الكتاب: تعليم المتعلم طريق التعلم
المؤلف: برهان الإسلام الزرنوجي



Galeri Kitab Kuning | Bagi dunia pendidikan Islam, khususnya Pesantren, kitab dengan nama asli Ta'limu al-Muta'allim, Thariq al-Muta'allim merupakan salah satu kitab yang cukup populer, yang di dalamnya menjelaskan etika-etika seorang murid dalam menuntut ilmu.


Sebenarnya, kitab tentang etika guru dan murid, tidak hanya kitab karya Syekh Azzarnuji itu saja, ada sejumlah kitab lain yang juga cukup terkenal, antara lain Ayyuhal Walad, Minhajul Muta'allim hingga Ihya'Ulmiddin, yang semuanya, adalah karya-karya Imam al-Ghazali 



#Sekilas Kitab Ta'limul Muta'allim


Kitab Ta'limul Muta'allim merupakan salah satu kitab tentang pendidikan yang dikarang oleh seorang ulama bernama Syekh Tajuddin Nu'man bin Ibrahim bin al-Khalil al-Zarnuji, seorang ulama yang hidup di pertengahan masa Daulah Abbasyiyah.



Secara historis, belum ada keterangan yang valid berkenaan kapan beliau dilahirkan, sementara untuk waktu wafatnya, para peneliti berbeda pendapat, ada yang mengatakan syekh al-Zarnuji wafat pada tahun 1195 M, dan ada yang mengatakan tahun 1243 M.


Namun yang jelas, Imam al-Zarnuji hidup pada masa-masa keemasan Islam, dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan.


Namun, perkembangan ilmu pengetahuan di masanya, tidak sejalan dengan konidisi akhlak / etika peserta didik (Tholibul Ilm, Murid, Siswa).


Hal inilah, yang menjadi salah satu faktor utama, beliau menyusun sebuah kitab yang menjelaskan tentang etika-etika seorang murid, siswa, orang yang mencari ilmu, dengan nama Kitab Ta'limul Muta'allim



Baca Juga : Download Terjemah Kitab Ta'limul Muta'allim Syaikh Zarnuji


Name : Ta'limu al-Muta'allim
Author : Burhanul Islam al-Zarnuji
File : PDF
Size :  1.1 MB

DOWNLOAD

Posting Komentar untuk "Download Kitab Ta'limul Muta'allim PDF"

close
Banner iklan disini