Download Tafsir Jalalain PDF
Cari Berita

Download Tafsir Jalalain PDF

Admin Galeri Islam
Senin, 08 April 2013

Download Tafsir Jalalain PDF
الكتاب : تفسير الإمامين الحلالين
المؤلف : جلال الدين المحلي, جلال الدين السيوطي


GaleriKitabKuning.com | Berbicara tentang Kitab Tafsir, tentunya Tafsir Jalalain, selalu jadi perbincangan, dan sangat familiar khususnya di pesantren-pesantren.

Kitab Tafsir ini, menjadi bahan kajian yang bisa dibilang wajib di pelajari, selain susunan tafsirnya ijmali, dan lengkap 30 Juz, tata bahasanya yang mudah dipahami, dan ternyata kitab ini disusun oleh dua mufassir / pengarang.




Popularitas tafsir Jalalain di alam Melayu secara tidak langsung ditandai pula dari kemunculan kitab tafsir Murah Lubaid li Kasyaf Ma’na Al-Qur’an al-Majid, yang merupakan karya Imam Muhammad Nawawi al-Batani atau dikenal juga dengan Syekh Nawawi al-Jawi, .di Indonesia kitab tafsir ini dikenal dengan nama Tafsir al-Munir, tafsir ini terhitung tafsir menengah dan banyak dipelajari di Indonesia dan Malaysia. 


Sejarah Penulisan Tafsir Jalalain


Penulisan kitab tafsir ini tidak lepas dari kondisi perkembangan bahasa Arab pada masanya yang pada saat itu mengalami kemerosotan yang para sekali. 


Faktor penyebab yang paling utama ialah banyak berhubungannya bangsa arab dengan bangsa-bangsa lain yang tidak berbahasa arab, yaitu bangsa Persia, Turki, dan India. 


Akibatnya, bahasa Arab tidak mudah lagi dimengerti oleh orang-orang Arab asli karena susunan kalimatnya mulai berbelit-belit mengikuti susunan bahasa ‘ajam (Selain Arab).


Hal ini juga melanda kosa kata bahasa Arab, semakin hari, semakin banyak kosa kata ‘ajam yang termasuk kedalamnya. 


Keadaan tersebut dikenal dengan istilah Zuyu’al-lahn (keadaan ketika penyimpangan mudah ditemui): banyak kaidah-kaidah nahwu (gramatika) dan sharaf (morfologi) dilanggar.


Mereka pun sudah tidak lagi menghiraukan kaidah-kaidah bahasa Arab yang benar, yang dipergunakan mereka dalam kehidupan sehari-hari hanyalah bahasa yang sederhana dan mudah tanpa mengindahkan citra bahasa Arab yang asli.


Kedua adanya keyakinan bahwa al-Qur’an adalah sumber bahasa Arab yang paling autentik. Karena itu, untuk mendapatkan kaidah-kaidan bahasa yang benar, pengkajian dan pemahaman terhadap Al-Qur’an harus dilakukan.




Dengan latar belakang seperti itu dapat dipahami cara penafsiran yang dilakukan kitab ini. Selain menjelaskan maksud sebauh kata, ungkapan atau ayat, kitab ini menjelaskan faktor kebahasaan dengan menggunakan cara-cara berikut: 
  • Langsung menerangkan kata dari segi sharafnya jika hal itu dianggap penting untuk diperhatikan dengan mengambil struktur (wazn) katanya: 
  • Menerangkan makna kata atau padanan kata (sinonim) jika dianggap belum dikenal atau mengandung makna yang agak khusus, dan menjelaskan fungsi kata (subjek, objek, predikat atau yang lainya) dalam kalimat.
Menurut ilmu tafsir, cara penafsiran seperti itu disebut metode tahlili (analisis) dengan corak tafsir bil Ra’y. Karena caranya seperti itu, tafsir Jalalain tersusun sebagai baris-baris tulisan biasa.


Yang membedakan antara teks Al-Qur’an dan tafsiranya adalah tanda kurung, teks Al-Qur’an berada dalam dua tanda kurung, sedangkan penafsiran dan penjelasan bahasa tanpa tanda kurung.


Tafsir Jalalain menggunakan judul Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim yang ditulis dengan ukuran besar dan di bawahnya dituliskan nama kedua pengarang dengan ukuran tulisan lebih kecil. 


Dalam bentuknya yang klasik, tafsir Jalalain tidak hanya memuat kitab tafsir, tetapi juga kitab-kitab lain. tafsirnya berada didalam kotak persegi empat besar ditengah.


Pada bagian sampingnya dituliskan 4 kitab lain, yaitu: 
  1. Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul, karya terkecil dari Jalaluddin as-Suyuthi, yang merupakan kitab penting dalam menjelaskan latarbelakang turunya ayat-ayat Al-Qur’an, 
  2. Fi Ma’rifah an-Naskh wa al-Mansukh, Karya Imam Abi Abdullah Muhammad bin Hazm
  3. Alfiyah fi Tafsir Garib Alfaz Al-Qur’an, karya Imam bin Zar’ah al-Iraqi, yang berisi penjelasan beberapa kosa kata Al-Qur’an yang dianggapnya gharib (aneh)
  4. Risalah Jalalain, karya Imam bin al-Qasim bin Salam, yang berisi penjelasan makna beberapa kosa kata dengan menyebutkan asal kata tersebut (dialek kabila Arab).

Keempat kitab yang mendampingi Tafsir Jalalain bertujuan memudahkan pemahaman terhadap al-Qur’an. sebagian besar mufasir berpendapat bahwa Asbabun an-Nuzul merupakan sarana penting untuk membawa kepada pemahaman makna yang lebih pas.


Begitu pula halnya dengan an-Nasikh wa al-Mansukh. Meskipun demikian, ada juga mufasir yang tidak mengaggap penting Asbabun anNuzul dan tidak mengakui An-Nasakh wa al-Mansukh karena dinilai menodai kehebatan Al-Qur’an. 


Selain itu, dua kitab lainya bertujuan untuk memberikan panduan agar pembaca tidak terjebak dalam kesulitan kata, atau untuk menghindari lahn (kekeliruan).


Tafsir Jalalain telah dikenal dialam Malayu sejak abad ke 17, bahkan ada kemungkinan tafsir itu sudah popular pada abad itu. 


Hal ini terbukti dari banyaknya manuskrip tafsir tersebut di museum Nasional Jakarta. Keunggulan tafsir Jalalain adalah bahasanya yang mudah, uraianya singkat dan jelas, serta adanya penjelasan tentang Asbabun Nuzul.


Kelebihan lainya berkaitan dengan pandangan didalamnya yang baik secara fiqih maupun teologi sejalan dengan faham yang dianut orang-orang melayu menganut mazhab Syafi’i dan teologi Abu Hasan Ali bin Isma’il al-Asy’ari. Jalaluddin as-Suyuthi merupakan salah satu seorang murid Ibnu Hajar al-Asqalani, ahli fiqih mazhab Syafi’i.



Name : Tafsir Jalalain
Author : Jalaluddin al-Mahalli & Jalaluddin al-Suyuthi
File : PDF
Size : 38.8 Mb

DOWNLOAD
Cover, Content

Kitab Tafsir ini merupakan salah satu dari sekian kitab tafsir yang digandrungi dan dipelajari diberbagai lembaga pendidikan khusunya di Pondok Pesantren. Dimana ada ponsok pesantren maka bisa dipastikan kitab tafsir ini merupakan salah satu menu utama dibidang tafsir.

Memang jika dilihat sekilas kitab ini lebih mengedepankan pemahaman dasar tentang makna yang terkandung dalam al-Quran, selain itu bahasanya yang lugas dan mudah dimengerti sangat direkomendasikan untuk dibaca khususnya bagi pemula dalam belajar tafsir. 

Selain Tafsir Jalalain ini, juga terdapat kitab tafsir yang lain, yang sering pula dipelajari, antara lain :
  • Murahu al-Labid, Karangan Imam Nawawi Banten, [Download]
  • Tafsir Rawai'ul Bayan, Karya Ali As-Shobuni [Download]
  • Rafsir Ibnu Katsir, Karya Abil Fida' Ismail bin Umar ibn Katsir [Download]
  • Tafsir al-Munir, Karangan Dr. Wahbah al-Zuhaili [Download]
Semoga informasi berkenaan dengn Download Tafsir Jalalain ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk berkomentar, jika ada saran atau usulan yang membangun.