Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kitab Yang Paling Sering Dijadikan Refrensi Mata Kuliah Ushul Fiqih

Bagi seorang mahasiswa, mengerjakan tugas kuliah memang menjadi kewajiban. Baik tugas mata kuliah [resensi buku, makalah dan lain sebagainya] maupun tugas akhir [penelitian, skripsi, tesis atapun disertasi]. Mungkin bagi mahasiswa yang sudah senior, memnuhi tugas-tugas kuliah tersebut tidak sulit, akan tetapi bagi mahasiswa baru [MABA], mengerjakan tugas 1 mata kuliah kadang menghabiskan waktu berhari-hari. Terlebih lagi jika kebetulan berada pada jurusan keagamaan, seperti tarbiyah ataupun syari'ah. Sehingga seringkali metode Copypaste plus Sistem Kebut Semalam [SKS], menjadi solusi dalam memenuhi tugas.  Disisi lain para dosen menuntut mahasiswa untuk mengejakan tugas dengan baik, dan tentunya dengan prosedur dan rujukan yang valid.

5 Kitab Yang Paling Sering Dijadikan Refrensi Mata Kuliah Ushul Fiqih

Untuk mempermudah permasalah diatas, kali ini akan dibagikan informasi tentang 5 Kitab Yang Paling Sering Dijadikan Rujukan Mata Kuliah Ushul Fiqih yang mungkin bagi para mahasiswa informasi ini sangat bermanfaat. 
Kelima kitab diatas, merupakan kitab ushul fiqih yang memuat pembahasan ushul fiqih yang relatif lengkap. Sebagai contoh, kitab al-Wajiz karangan Dr. Wahbah al-Zuhaili, didalamnya diejlaskan berbagai pokok pembahasan dalam ushul fiqih, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, lengkap dengan contohnya. Beberapa pokok pembahasan tersebut antara lain :
  1. Sejarah singkat perkembangan Ushul Fiqih
  2. Sumber Hukum yang disepakati dan yang tidak disepakai
  3. Pembahasan Lafadz Umum [Amm] dan Khusus [Khas]
  4. Konsep Ijtihad [pengertian ijihad, syarat mujthaid dan macam mujtahid]
  5. Penyelesaian pertentangan antar dalil
  6. Dan lain sebagainya
Bagi teman-teman khususnya para mahasiswa yang kebingungan mencari refrensi pas untuk tugas mata kuliah Ushul fiqih, maka 5 kitab diatas sangat direkomendasikan. semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Kitab Yang Paling Sering Dijadikan Refrensi Mata Kuliah Ushul Fiqih"

close
Banner iklan disini