Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Tahdzib al-Kamal PDF Lengkap

Galeri Kitab Kuning |  Kitab Tahdzibul Kamal Fii Asmaa’ Ar-Rijal adalah kitab yang menghimpun guru-guru ashaabi kutub al-sittah dan perawi-perawi kutub al-sittah. Akan tetapi kitab ini bukanlah kitab yang pertama.


Sebelumnya,  Ibnu Atsir telah menyusun sebuah kitab yang beliau beri nama” al-Mu’jam al-Musytamil ‘ala Dzikri Asma’ Syuyukh al-Aimmah al-Nabil”.


Setelah itu al-Hafidz al-Kabir Abu Muhammad Abdul Ghaniy Ibn Abd al-Wahid al-Maqdisi al-Jamma’ili al-Hanbali (544-600 H) menyusun  Kitab al-Kamal Fi Asmaa’ ar-Rijal. Al-Hafidz Abd al-Ghoniy adalah orang  pertama yang menyusun kitab tentang para perawi yang terdapat di dalam kutub al-sittah. Akan tetapi, kitab ini juga membahas guru-guru mereka dan juga para perawi kutub al-sittah dari kalangan sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in sampai guru-guru penyusun kutub al-sittah.



Menurut Al-Mizzi setelah meneliti dan memahami kitab al-Kamal Fii Asmaa’ Ar-Rijal kitab tersebut adalah kitab yang sangat berharga, tetapi di dalamnya masih terdapat banyak kekurangan. Banyak biografi para perawi kutub al-sittah yang tidak dicantumkan di dalamnya sehingga jumlahnya tidak sesuai dengan yang semestinya.


Oleh karena itu, al-Mizzi menyusun kitab yang menyempurnakan kitab al-Kamal Fii Asmaa’Ar-Rijal dengan menggunakan dasar-dasar yang terdapat dalam kitab tersebut. Kitab baru ini dinamakan Tadzhib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal. Al-Mizzi memulai penulisan kitabnya pada tanggal 9 Muharram 705 H dan selesai pada hari  id Adha 712 (selama tujuh tahun).

#Sistematika dan Metodologi Penulisan Kitab


Kitab Tadzhib al-Kamal fi Asma’ al-Rijal merupakan ringkasan dan penyempurnaan dari kitab al-Kamal. Kitab ini memuat 8645 perawi disusun dalam 35 jilid.
Sistematika dan metode yang digunakan oleh al-Mizzi dalam kitab ini, yaitu:
  • Memuat guru-guru ashaab kutub al-sittah, perawi- perawi kutub al-sittah baik dari kalangan sahabat, tabi’in, dan tabi’it tabi’in.
  • Kisah Rasulullah saw. di awal pembahasan.
  • Disusun secara alfabetis/mu’jam.
  • Memberikan simbol-simbol berikut : (ع) untuk kutub al-Sittah, (٤) untuk sunan al-Arba’ah, (خ) untuk kitab Shahih Bukhari, (م) untuk kitab Shahih Muslim, (د ) untuk kitab Sunan Abi Dawud, (ت) untuk kitab Sunan al-Tirmidzi, (س) untuk kitab Sunan al-Nasa’i, (ق) untuk kitab Sunan Ibnu Majah, (خت) untuk kitab Ta’liqat karya al-Bukhari, (بخ) untuk kitab al-Adab al-Mufrad karya al-Bukhari ,(ى) untuk kitab Raf’u al-Yadain karya al-Bukhari, (عخ) untuk kitab Kalq af’al al-’Ibad karya al-Bukhari,(ز) untuk kitab al-Qira’ah Khalfa al-Imam karya al-Bukhari, (مق) untuk Muqaddimah kitab Shahih Muslim, (مد) untuk kitab al-Marasil karya Abu Daud, (قد) untuk kitab al-Qadar karya Abu Daud, (خد) untuk Kitab al-Nasikh wa al-Mansukh karya Abu Daud,(ف) untuk kitab al-Tafarrud karya Abu Daud, (صد) untuk kitab Fadhail al-Anshar karya Abu Daud, (ل) untuk kitab al-Masa’il karya Abu Daud, (كد) untuk kitab Musnad Malik karya Abu Daud, (ثم) untuk kitab al-Syama’il karya al-Turmudzi, (سى) untuk kitab al-Yaum wa al-Lailah karya al-Nasa’i, (كن) untuk kitab Musnad Malik karya al-Nasa’i, (ص) untuk kitab Khasa’is ’Ali karya al-Nasa’i, (عس) untuk kitab Musnad ’Ali karya al-Nasa’i, (فق) untuk kitab al-Tafsir karya Ibnu Majah.
  • Nama-nama perawi yang diawali dengan kata ahmad lebih didahulukan.
  • Pada bab Miim , nama-nama para perawi yang diawali dengan kata  Muhammad lebih didahulukan.
  • Menyendirikan para perawi yang terkenal dengan kunyah dan laqabnya.
  • Menyendirikan para perawi yang terkenal dengan nama ayahnya, kakeknya, ibunya, pamannya atau lainnya.
  • Menyendirikan para perawi yang terkenal dengan nama kabilahnya, negerinya, pekerjaannya, atau sejenisnya.

Untuk lebih jelasnya, isi kitab dapat dilihat dalam uraian berikut:
  • Jilid pertama, tentang sejarah singkat Nabi Muhammad S.A.W., nama-nama beliau, putra-putri beliau, haji dan umrah Nabi, khadim Nabi, budak-budak Nabi, hewan peliharaan dan kendaraan Nabi, sifat-sifat dan akhlaq Nabi. Pada akhir jilid ini dimulai penulisan nama-nama rijal al-hadits yang diurutkan berdasarkan urutan mu’jam serta dimulai dengan nama Ahmad.
  • Jilid ke-dua dan ke-tiga, berisi nama-nama perawi yang diawali dengan huruf alif seperti: Aban, Asma’, Isma’il, Ayyub dan lain-lain.
  • Jilid ke-empat, nama-nama yang dimulai dengan huruf ba’, ta’, tsa’, jim seperti: Badzam, Bajalah, Bujair, Tuba’i, Tilb, Talid, Tsabit, Jaban, Jabir dan lain-lain.
  • Jilid ke-lima, nama-nama yang dimulai dengan huruf jim, dan ha’ seperti: Ja’far, Ju’ail, Habs, Hatim, Hajib dan lain-lain.
  • Jilid ke-enam dan ke-tujuh, nama-nama yang dimulai dengan huruf ha’, dimulai dengan nama Hussam, Hasan, Hafs, Hakam, Hammad dan lain-lain.
  • Jilid ke-delapan, nama-nama yang dimulai dengan huruf kha’, dal, dzal, seperti Kharijah, Khalid, Darim, Daud, Dzakwan, Dzuhail dan lain-lain.
  • Jilid ke-sembilan, nama-nama yang dimulai dengan huruf ra’, dan zai, seperti: Rasyid, Rafi’, Zubair, Zuhairi, Zakariya dan lain-lain.
  • Jilid ke-sepuluh, ke-sebelas dan ke-duabelas, nama-nama yang dimulai dengan huruf zai, sin, syin seperti: Zaid, Sahim, Sa’d, Sa’id, Sufyan, Sulaiman, Syuja’, Syu’aib, Syihab dan lain-lain.
  • Jilid ke-tiga belas, ke-empat belas, ke-lima belas, ke-enam belas, ke-tujuh belas, ke-delapan belas, ke-sembilan belas, ke-dua puluh, ke-dua puluh satu, ke-dua puluh dua, ke-dua puluh tiga, nama-nama yang dimulai dengan huruf shad, dladl, tha’, zha’, ‘in, ghin, fa’, qaf, seperti: Shalih, Shafwan, al-Dlahhad, Dlamran, Toriq, Talhah, ‘Asim, ‘Amir, ‘Ubbad, ‘Abbas, ‘Abdullah, ‘Abdurrahman, ‘Abdul Aziz, ‘Ubaidillah, ‘Usman, ‘Atha’, ‘Ali, ‘Umar, ‘Amr, ‘Imran, ‘Isa, Ghani, al-Fadl, Fudlail, al-Qasim, Qatadah, dan lain-lain.
  • Jilid ke-dua puluh empat, nama-nama yang dimulai dengan huruf qaf, kaf, lam, seperti: Qa’is, Kasir, Ka’b, Luqman, Laits, dan lain-lain.
  • Jilid ke-dua puluh lima, ke-dua puluh enam, ke-dua puluh tujuh, ke-dua puluh delapan, ke-dua puluh sembilan, dan ke-tiga puluh, nama-nama yang dimulai dengan huruf mim, dan nun seperti: Muhammad, Mus’ab, Musa, Maisah, Maimun, Nafi, Nashr, dannlain-lain.
  • Jilid ke-tiga puluh satu dan ke-tiga puluh dua, nama-nama yang di-mulai dengan huruf wawu, lam-alif, dan ya’, seperti: Washil, Waki’, al-Wahid, Wahb, Lahiq, Yasin, dan Yahya dan lain-lain.
  • Jilid ke-tiga puluh tiga, kitab Kuna (nama-nama yang dimulai dengan Abb, Umm dan sejenisnya).
  • Jilid ke-tiga puluh empat, nama-nama yang terkenal yang dinisbatkan pada nama qabilahnya.
  • Jilid ketigapuluh lima, menjelaskan orang-orang yang tekenal yang dinisbatkan kepada Suku, Negeri, pekerjaan, dan gelar (laqab). Para perawi yang masih samar, perawi dari kalangan wanita dan kunyah perawi wanita.

#Kelebihan Kitab Tahdzibul Kamal Fii Asmaa’ Ar-Rijal:

  1. Memuat para perawi yang terdapat di kitab al-Kamal Fii Asmaa’ Ar-Rijal dan menambah para perawi kutubus sittah yang belum terdaftar di dalam kitab tersebut.
  2. Disebutkan sejumlah biografi para perawi supaya dapat dibedakan dari yang lain
  3. Memuat sejarah dari para guru ashaab kutubus sittah, rawi-rawinya, jarh wa ta’dil, tahun lahirnya, tahun wafatnya, dan lain-lain.
  4. Al-Mizzi mengklasifikasikan para perawi sebagaimana yang terdapat dalam empat fashol terakhir, yaitu: Fashal pertama, para perawi yang terkenal dengan nama ayahnya, kakeknya atau keluarganya yang lain. Fashal kedua, para perawi yang terkenal dengan nama sukunya, negerinya, atau pekerjaannya. Fashal ketiga, para perawi yang terkenal dengan laqabnya. Fashal keempat, para perawi yang mubham.
  5. Seluruh biografi disusun secara alfabetis
  6. Terdapat simbol-simbol sebelum nama perawi yang menunjukkan bahwa nama perawi itu terdapat dalam kitab tertentu. Di antaranya adalah 6 tanda yang menunjukkan bahwa rawi itu terdapat dalam kutubus sittah, 1 tanda bagi perawi  yang disepakati oleh ashaabus sittah, 1 tanda bagi perawi yang disepakati oleh ashaabul arba’ah, dan 19 tanda bagi pengarang ashaabus sittah lain.

#Kekurangan Kitab Tahdzibul Kamal Fii Asmaa’ Ar-Rijal:

Menurut  pemakalah kitab Tahdzibul Kamal adalah kitab yang sangat luas cakupannya yang terdiri dari 35 jilid dan jumlah rawi yang berbilang-bilang.




Oleh karena itu, pemakalah tidak banyak menemui kekurangan dari kitab ini. Begitu juga dari para ulama, pemakalah tidak mendapati banyak dari mereka yang mengkritik kitab ini. Kelemahanya menurut Ibn Hajar al-Asqalani, kitab ini hanyalah sebuah kitab yang mencakup indentitas para perawi saja. Adapun tentang penilaian kualitas rawi tersebut terdapat banyak keluputan


Download Kitab Tahdzib al-Kamal PDF
عنوان الكتاب : تهذيب الكتمال في أسماء الرجال
المؤلف : الحافظ المتقن أبي الحجاج يوسف المزي
Name : Tahdzib al-Kamal Fi Asma al-Rijal
Author : al-Hafidz Jamaluddin Abi al-Hajjaj Yusuf al-Mizzi
Size : 278 MB [All]
Pages : ---
Year : 1978
Published : ---
Publisher : Muassasah al-Risalah
Uploaded By : Abdurrohim Said
Download From : archive.org
DOWNLOAD

12 komentar untuk "Download Kitab Tahdzib al-Kamal PDF Lengkap"

  1. SYUKRON KATSIRON, SEMOGA ALLAH MEMBALAS KEBAIKAN ANDA

    BalasHapus
  2. matur suwun kang jazakallah... manfaat sanget niki :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat kang

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat.. barakallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga kitab Tahdzibul Kamal ini bermanfaat, oya jika ada saudara anda atau teman yang ingin juga mendownload kitab tahdzibul kamal silahkan dibagikan saja

      Hapus
  4. Maafmas, ok dftar isinya ngk ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kang.. InsyaAllah di file setelah cover

      Hapus
  5. Alhamdulillah, terimakasih banyak ,,sangat membantu dalam pengerjaan tugas takhrij hadits

    BalasHapus
  6. Harfun mim juz brp kang?

    BalasHapus
  7. apakah tidak ada daftar isinya? saya kebingungan mencari daftar isi kitab

    BalasHapus
  8. apakah tidak ada daftar isinya?

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini