Cara Baca Buku Di Smartphone
Cari Berita

Cara Baca Buku Di Smartphone

Admin Galeri Islam
Sabtu, 16 April 2016

Cara Baca Buku Di Smartphone

Baca Buku Di Smartphone - Bagi sebagian pihak yang menggunakan smartphone hanya untuk keperluan komunikasi belaka. Padahal yang namanya smartphone, tentu memiliki banyak fasilitas yang ditawarkan, baik untuk komunikasi, penyimpanan file, jepret foto, dengarkan musik. Dan fasilitas yang istimewa menurut kami, dia bisa berfungsi untuk Baca Buku. Berkenaan dengan hal tersebut, Galeri Kitab Kuning kali ini akan membahas Baca Buku Di Smartphone. Simak Ulasannya berikut ini.

Pengertian Smartphone

Smartphone secara bahasa terdiri dari dua kata, yaitu Smart dan Phone. Smart merupakan kata sifat, yang diambil dari bahasa Inggris, yang berarti cerdas. Sementara Phone, memiliki makna dasar Telephone, merupakan sebuah perangkat dan alat untuk berkomuniasi. Sehingga kalau digabungkan, maknanya menjadi demikian :

"Smartphone adalah sebuah perangkat alat komunikasi yang memiliki fitur dan fungsi lebih"

Dari pengertian ini, pasti sahabat banyak yang sudah memiliki Smartphone, misalnya berupa android. Maka jika kita perhatikan, smartphone tersebut memiliki fitur yang sangat banyak. Selain memiliki fungsi Utama, yaitu alat komunikasi, bisa dengan non visual, audio bahkan juga visual. Selain fungsi tersebut, ada juga fungsi sebagai alat perekam gambar, audio dan video. bahkan menjadi sumber informasi, dengan fasilitas connect ke jaringan Internet.

Manfaat Membaca Buku Di Smartphone

Pemilik Smartphone kadangkala tidak memiliki pengetahuan untuk memaksimalkan apa yang dimiliki. Banyak yang hanya menggunakan fasilitas utamanya, yakni digunakan untuk komunikasi. Nah, mungkin yang lebih parah ada yang punya smartphone bagus, namun hanya mengikuti tren saja. atau hp bagus tapi tak ada pulsa, makin parah deh. Artinya, Smartphone memiliki banyak manfaat yang didapat dari fungsi serta fitur yang dimiliki. salah satunya bisa dijadikan media membaca buku. 

Membaca buku di Smartphone setidak memiliki dua jenis. tergantung jenis dan format file yang digunakan. Ada yang buku berbentuk software, atau applikasi, sehingga buku tersebut terpasang pada smartphone, dan mungkin saja bisa di upgrade. dan tampilannya pun dinamis, tergantung pegebang dari buku tersebut. Dan yang kedua, Buku Versi PDF.  Untuk yang kedua ini, memiliki beberapa keunggulan. Lantaran File PDF seringkali berbentuk buku aslinya, sehingga tidak ada bedanya membaca buku asli dengan PDF nya. Seru kan? Selain itu, dibanyak perguruan tinggi, mahasiswa tidak pelu khawatir, karena buku versi PDF, yag dihasilkan dari scan buku aslinya, sah untuk dijadikan rujukan penelitian.

Aplikasi Untuk Membaca Buku Di Smartphone

Anda punya smartphone saja, dan ingin baca buku versi PDF, tentu tidak cukup, anda membutuhkan beberapa aplikasi untuk membukanya. Nah, aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuka file format PDF? jawabannya, sangat banyak. Kali ini kami informasikan sebagian saja:

1. Adobe Acrobat Reader

Mungkin ini yang paling terkenal, jika anda jalan-jalan ke playstor, anda klik saja kata "PDF", pada pencarian, maka aplikasi ini kayaknya selalu mentereng diatas. apa saja keunggunlannya? Memang sepertinya aplikasi ini hanya untuk membuka file PDF, namun ternyata tidak. Aplikasi memiliki banyak keunggulan, antara lain sebagai PDF Converter. Aplikasi ini bisa mengubah file PDF ke word ataupun Excel. Selain ringan, juga Free. [Pasti suka yang gratisan], dan kapasitasnya hanya 11 MB.  Berminat? langsung saja download di Google Play

2. Google PDF Viewer

Aplikasi ini juga tidak kalah dengan, sebagai aplikasi yang bisa membuka file PDF, Google PDF viewer, sesuai dengan namanya walaupun tidak memiliki fitur convert, namun tetap direkomendasikan, selain kapasitasnya yang tidak terlalu besar, yakni hanya sekitar 6 MB, pasalnya sampai saat ini sudah sekitar satu juta pengguna. Dan yang perlu dicatat, aplikasi ini tetap memiliki fitru find text, yang memungkinkan penggunanya dalam mencari teks, serta bagi PDF yang tidak dikunci, bisa di ambil teksnya.

3. PDF Viewer

Lebih ringan dari dua aplikasi sebelumnya, ada PDF viewer yakni hanya 3 MB, tentu ini sangat menguntungkan karena tidak membebani memory dan RAM smartphone. Mungkin lantaran aplikasi ini open source atau free, dan ringan, akhirnya termasuk yang sangat diminati. Saat ini saja, aplikasi PDF Viewer ini telah didownload 31 ribu kali. Dan yang menarik, ketika telah terinstal, aplikasi ini mampu membaca berbagai file PDF yang tersimpan di smartphone dalam bentuk loker. Seperti ini tampilannya :

Tampilan PDF Viewer

4. WPS Office + PDF

Nah untuk aplikasi yang satu ini termasuk yang istimewa, bagaimana tidak selain dapat membuka file PDF, aplikasi ini menyuguhkan beberapa fitur lain, semisal bisa membuka dan membuat file word, excel, powerpoint dan lain sebagainya. Beberapa Smartphone baru, terkadang aplikasi ini sudah metenteng dan terinstal dengan baik, jadi tidak perlu download lagi. Namun, dengan banyaknya fitur yang dimiliki tentu kapasitasnya lumayan besar, sekitar 23 MB. Akan tetapi peminatnya juga tidak kalah dengan sebelumnya, bahkan hingga tulisan ini dibuat, aplikasi WPS Office + PDF ini telah digunakan dan di download sebanyak 944.000 kali.

Demikian beberapa aplikasi untuk membuka PDF yang bisa dibagikan, sebagai catatan sebelum anda menginstal beberapa aplikasi tersebut, perhatikan kapasitas smartphonenya. khawatir memorynya tidak cukup, sehingga membuat performa smartphone anda akan lemot. Semoga tulisan ini bisa membuat anda bisa leluasa dan merasa nyaman untuk Baca Buku Di Smartphone. Semoga bermanfaat.