Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger, (Hasil Pengalaman)
Cari Berita

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger, (Hasil Pengalaman)

Admin Galeri Islam
Jumat, 20 Mei 2016

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger ~ Apakah anda seorang blogger? apa yang anda dapatkan dari hasil nge-blog selama ini? Ok lah, mungkin sebagian anda sudah puas kalau sudah nulis di blog, atau berbagai informasi. Itu saja.

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger

Tapi Tahukah anda kalau blog [dalam pembahasan ini adalah blogger], bisa meraup jutaan Rupiah perbulan bahkan Puluhan juta? Eit, jangan ijo dulu, Sebelumnya telah saya jelaskan, jika anda ingin kaya dari blog, mending anda baca tips ditulisan itu dulu.

Dalam tulisan itu, saya juga paparkan beberapa Blogger luar negeri, dan dalam blogger dalam negeri yang memiliki banyak penghasilan dari hasil nge-blog mereka.

Sebelum saya lanjutkan pada topik utama, sebenarnya tulisan ini hendak menjawab pertanyaan mendasar, yang sering ditulis oleh para blogger pemula. beberapa pertanyaan mendasar tersebut antara lain :

Pertanyaan Dasar
  • Bisakah  Mendapatkan Uang dari Blog?
  • Apakah Blog bisa menghasilkan Uang?
Pertanyaan Strategis
  • Bagaimana Cara mendapatkan uang dari blog?
  • Apa Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger?
Pada tulisan kali ini, saya ingin menjawab pada tataran strategis saja, kenapa? agar anda tidak mumet. jadi langsung ke topik inti, to the point.

Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger

Selain prasyarat utama yang harus anda penuhi, yaitu memiliki sebuah blog. Anda juga tentu harus memahami cara kerja blog agar mendapatkan uang. 

Untuk membuat blogger, saya sudah paparkan secara gamblang dan lengkap, silahkan saja baca Cara Membuat Blogger Dari Awal Sampai Selesai

Untuk memahami cara kerja blog, saya akan mencoba membuat percontohan. Blog itu semacam rumah, atau toko. Ketika kita punya blog, maka kita punya rumah, tempa tinggal atau toko.

Jika anda ingin mendapatkan hasil dari rumah atau toko itu, tentu salah satunya anda harus berjualan. betul?

Apakah cukup berjualan? ya tentu tidak, ada banyak hal yang harus anda kerjakan, misalnya bersih-bersih toko, mengect toko itu, pokoknya sekiranya toko anda bisa menarik para pembeli.

Jika anda sudah memahami ini, kita langsung saja ketopik :

1. To Be Publisher Of Advertiser

Artinya anda menjadi orang yang memasarkan produk orang lain. Caranya tentu anda harus melamar menjadi agennya. 

Menjadi penayang iklan, sebenarnya gampang-gampang susah. Gampangnya, kalau sudah jadi resmi jadi penanyang iklan, kita tinggal konsistensi saja untuk mendapat hasil.

Nah, susahnya kalau belum, banyak para blogger yang pontang-panting untuk mendapatkan pengakuan remsi sebagai agen iklan. [jujur saya sendiri mengalami hal itu]

Dalam dunia blogger, saat ini yang mungkin banyak di gandrungi adalah menjadi penayang iklan bagi google adsense.

Tapi jangan khawatir, pasalnya tidak hanya GA saja yang "katanya sulit untuk mendaftarkan", beberapa Advertiser juga ada yang menawarkan, dengan keuntungan yang lumayan.

Misalnya,  berbasis CPM  ada Revenuehits, PopCash atau PopAds, dan yang berbasis PPC bisa pakai AdsOptimal atau Infolink.

Anda juga bisa ikut Program Affiliate

Lantas apa perbedaan antara CPM dan PPC? Insya Allah pada tulisan selanjutnya akan saya bahas. Tapi yang jelas, jika anda gagal menjadi penayang iklan salah satu advertiser, anda bisa mencoba yang lain.

Sebagai salah satu bukti Galeri Kitab Kuning, sendiri saat ini menggunakan salah satu pilihan diatas. 

2. Selling products

Nah, ini termasuk tips berikutnya. Jika pada point pertama, kita hampir tak memerlukan modal. Tapi beda jika anda ingin menjual produk anda sendiri. Maka anda mungkin harus mengeluarkan modal.

Jangan Bermodel kalau tak punya Modal
Pada poin ini yang terpenting untuk diperhatikan adalah :

a. Kualitas Produk

Prinsipnya, semua pembeli tidak mungkin ingin barang dengan kualitas rendah, maka usahakan produk yang anda jual memiliki kualitas yang baik.

b. Kualitas Layanan

Jadilah seorang penjual yang memiliki basic profesional  services , ketika anda menjual sesuatu anda harus melayani pembeli dengan baik.

Banyak kasus dua toko yang sama, dengan jualan yang sama, namun yang satunya lebih unggul, dikarenakan layanannya yang baik.

Berkaitan dengan blog, maka anda harus memasang kontak yang mudah dihubungi oleh para konsumen.

Saran saya jangan gunakan email sebagai kontak. Jujur, saya sendiri enggan berhubungan sengan pembeli yang menggunakan Email, kenapa? karena terkesan lambat dibalas. catatat itu.

c. Harga Bersaing

Jika anda ingin produk yang anda jual bisa diperhitungkan, jangan menjual produk lebih mahal dari biasanya, Atau juga jangan lebih murah.

Alasannya, kalau lebih mahal, maka kemungkinan besar jualan anda tidak laku. Dan kalau lebih murah, bisa jadi anda yng rugi. mau untung apa rugi?

Ketiga hal ini, juga saya terapkan dalam blog ini. Oleh karenanya saya juga menyediakan Pembelian Buku dan Kitab

Dalam proses ini, saya sarankan anda memperhatikan transaksi belanja online menurut pandangan Islam, apakah anda hanya menjual produk atau juga jasa.

3. Promotion Of Blog's Branding

Toko anda sepi? apa kira-kira yang membuat toko anda sepi? mungkin salah satu faktornya anda kurang promosi. betul?

Nah, Promosikan Branding Blog anda, agar para pembeli bisa senantiasa mengingat blog anda untuk dijadikan rujukan kebutuhan mereka. 

Bisa menggunakan Media Sosial, seperti Fancepage di Facebook. Twitter, Linkedin, dan lain sebagainya. 

Sebagai salah satu bukti, Fanspage Galeri Kitab Kuning pada facebook, saat ini telah memiliki likers hampir menembus angka 6000. 

Anda bisa juga menggunakan Media Chatting, seperti Whatsapp, Line, BBM dan lain sebagainya. 

4. Increase Blog traffic

Naikkan pengunjung traffic blog anda. Sebenarnya poin terakhir ini banyak anda tipsnya di blog-blog lain. 

Hanya saja saya akan memberikan tips jitu dari segi tulisan, apa itu?

a. Lakukan keyword research

Melakukan analisa ata kunci pada tulisan menjadi sangat penting. Sebab, dari hasil ujicoba para master SEO, penggunaan kata kunci yang tepat pada sebuah tulisan, menjadi penentu dominan pada mesin pencari.

b. Unique and Hight Quality Content 

Buat Tulisan Yang Berkualitas dan tentunya unik. Berkualitas, artinya, tulisan itu memiliki nilai lebih dibandingkan tulisan yang lain. 

Sementara unik, artinya informasi yang ada pada tulisan tersebut, tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Ada Tiga manfaat ketika kedua hal diatas anda lakukan :

a. Manfaat yang kembali pada blogger, 

Maksudnya penulis blog semakin serius membuat tulisan, dan otomatis bisa mengembangkan tulisannya.

b. Manfaat yang diraih oleh pengunjung, 

Pengunjung blog akan betah dan bahkan ingin kembali ke blog anda. dan yang terpenting pula adalah manfaat ketiga

c. Manfaat bagi blog di mata Seach Engine

Mesin pencarian, semacam Google. Bing atau yahoo, akan lebih mudah mengidentifikasi ketika tulisannya menerapkan kata kunci dan kualitas konten tersebut.

Sebagai bonus saja, saya juga pernah mencoba menaikkan pengunjung blog dengan memperbaiki metatag. silahkan baca : Hasil Percobaan Menaikkan Traffic Dengan Meta Tag Pada Blogger

Kesimpulan

Tulisan Cara Jitu Dapat Uang Dari Blogger, sebagai salah satu jawaban urgen dari pertanyaan strategis, bahwa setidaknya ada dua cara urgen yang harus dilakukan jika ingin mendapat uang dari Blogger. Bisa menjadi penayang iklan, bisa pula menjual produk, baik barang maupun jasa.

Sudah itu saja, jika ada komentar segera tulis ya, sebagai masukan.