Download Kitab Tafsir Jailani Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani -->
Cari Berita

Download Kitab Tafsir Jailani Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani

Admin Galeri Islam
Minggu, 15 Mei 2016

Download Kitab Tafsir Jailani Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani - Berbicara tentang tafsir berarti kita berbicara tentang intrepertasi dari firman Allah swt, yakni al-Quran.

Al-Quran sendiri sebagai wahyu Allah swt. yang diturunkan kepada Rasulullah saw. dengan bernilai mukjizat, dan berpahala bagi para pembacanya. Merupakan dalil utama dalam Islam.

Kitab Tafsir Jailani
Cover Kitab Tafsir Jailani 


Maka tidak heran para ulama berduyun-duyun berusahaa dengan sekuat tenaga untuk menafsirkan al-Quran, dengan tujuan utama agar umat Islam bisa memahami isi kandungannya. Hingga akhirnya muncullah berbagai macam kitab tafsir dan berbaga metodenya. 

Mungkin tulisan kami dulu tentang 21 Kitab Tafsir Pilihan, masih sekelumit dari buah karya para ulama kita. Begitu juga dengan Kitab Tafsir al-Maturidi, sebuah karya Tafsir salah seorang ulama Ahlussunnah Wal Jama'ah dibidang akidah.

Nah untuk kali ini kami bermaksud membagikan salah satu Kitab Tafsir Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani. Seperti apakah kitab itu?

Resensi Singkat Kitab Tafsi Jailani

Kitab Tafsir ini menggunakan metode/ pendekatan Tahlili, dan masuk kategori Tafsir Sufi / Isyari yang notabene menekankan pada dasar esoteris. Apakah Tafsir dengan metode Tahlili?

Metode Tahlil artinya, penafsiran al-Quran yang urut mulai dari Surat al-Fatihah sampai al-Nas (Akhir Surat). 

Sementara Jenis Tafir Sufi, biasanya dipahami sebagai tafsir yang menekankan pada pengalaman-pengalaman pribadi seorang mufassir. 

Walaupun kadang menggunakan makna secara kebahasaan, namun sebagaian besar Tafsir Jailani ini sarat sekali dengan penggunaan makna Esoteris.

Dapatkan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani lainnya :


Sebagai salah satu contoh, ketika beliau berbicara tentang lafadz "Bismi" (بسم asalnya بإسم)

Hamzah yang terdapat dalam ;afadz tersebut menunjukkan ketinggian, dan keunggulan. Namun, sebelum Hamzah tersebut ternyata terdapat huruf "Ba'", yang berarti kepunahan dan kerendahan, yang kemudian Hamzahnya dibuang. 

Artinya, Manusia yang ingin mendapatkan derajad yang tinggi maka seharusnya dia memulai dengan tawadhu' atau rendah hati.

Hal ini sesuai dengan hadith :

"Barang siapa yang rendah hati, maka Allah akan menagngkatnya, dan sebaliknya barang siapa yang sombong Allah akan merendahkannya"

Sebagai tambahan informasi, Kitab ini awalnya diterbitkan oleh pernebit di Turk, yang mana manuskripnya ditemukan di Vatikan.

Manuskrip Asli Kitab Tafsir Jailani
Manuskrip Asli Kitab Tafsir Jailani

Maka, bagi para pelajar muslim, kitab Tafsir ini sangat direkomendasikan untuk dibaca lebih-lebih bagi yang ingin suluk dalam dunia sufi.

Baca Juga : Kumpulan Kitab Karya Syaikh Abdul Qadir Jailani

Apakah anda berminat memiliki kitab Tafsir Jailani ini? Berikut ini penjelasannya :

عنوان الكتاب : التفسير الجيلاني
المؤلف : الشيخ عبد القادر الجيلاني
Name : Tafsir Jailani
Author : Syaikh Abdul Qadir Jailani
File : PDF
Size : 63 MB (Full)
Pages : --
Year : 2010
Publisher : Maktabah al-Ma'rufiyah - Pakistan
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download From : archive.org
DOWNLOAD