Download Kitab Penjelasan Nadzam Waroqot Bidang Ushul Fiqih -->
Cari Berita

Download Kitab Penjelasan Nadzam Waroqot Bidang Ushul Fiqih

Sabtu, 18 Juni 2016

Download  Kitab Penjelasan Nadzam Waroqot ~ Dalam Islam Ushul Fiqih, memiliki posisi yang sangat penting khususnya dibidang legalitas hukum.

penjelasan nadzam waroqot karya sayyid muhammad bin alawi al-maliki


Sebagai metodologi, Ushul Fiqih terbukti telah mampu mencetak banyak sekali produk hukum yang sampai sekarang kita amalkan. Baik dibidang Ibadah, Mu'amalah, hingga Munakahah.

Dua Madzhab Ushul Fiqih [Syafi'iyah dan Hanafiyah] pada awal kemunculannya sebenarnya menjadi bukti bahwa perbedaan pendapat dibidang fiqih, sudah menjadi keniscayaan.

Maka, tidak perlu lagi ada klaim yang paling benar diantara dua golongan atau lebih, selama masih pada koridor furu'iyah.

Salah satu kitab tentang Ushul fiqih, yang banyak menarik perhatian kalangan akademisi dalah itab Nadzam Waroqot, yang disusun oleh Syaikh Syaraf al-Din al-‘Amrithi [yang juga penyusun Nadzam Nahwu ‘Amrithi]


Kitab ini kemudian diberi Syarah / Penjelasan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, seorang ulama sunni asal Mekah, pengarang kitab "Muhammad Insan Kamil"

Nadzam yang berisi 211 bait syair ini, dijelaskan secara lugas dengan bahasa yang mudah dipahami.

Maka tidak salah jika kitab ini memang saat ini banyak sekali dipelajari diberbagai lembaga pendidikan khususnya Pondok Pesantren.

Kitab ini terdiri dai 15 Bab, yang dimuali dari pembahasan Kalam, dan diakhiri dengan Bab pembahasan seorang mufti, peminta fatwa dan hukum taqlid.

Yang menarik, Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, bukan hanya menjelaskan maksud perbait, namun pengarang Kitab Mafahim ini juga memeberikan berbagai landasan baik al-Quran maupun hadith, serta contohnya.


عنوان الكتاب : شرح منظومة الورقات في أصول الفقه
الؤلف : الدكتور السيد محمد بن علوي المالكي الحسني

Name : Syarah Nadzam Waroqot Tentang Ushul Fiqih
Author : Sayyid Dr. Muhammad bin Alawi al-Maliki
File : PDF
Size : 1.4 MB
Pages : 97
Year : 2011
Published : Third
Publisher : Dar al-Kotob al-Ilmiyah
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download From : archive.org