Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Kitab Fikih Madzhab Hanbali

Kumpulan Kitab Fikih Madzhab Hanbali - Madzhab hanbali merupakan aliran dalam fikih yang dinisbatkan kepada salah satu mujtahid mutlak, yakni Imam Ahmad bin Hanbal. Beliau merupakan salah satu tokoh muslim yang cerdas, tawadhu' [Rendah Hati], Zuhud, dan menuai banyak pujian dari para ulama lain.

Kumpulan Kitab Fikih Madzhab Hanbali

Bernama aslinya Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad Al Marwazi Al Baghdadi, Imam Hanbali lahir pada 27 November 780/ 20 Rabiul awal 164 H  di Marw [sebuah daerah yang kini dikenal dengan bernama Mary di Turkmenistan, di bagian utara Afganistan dan bagian utara Iran] Baghdad, Irak.

Sejak kecil beliau sudah terlihat cerdas, terbukti, Ahli Hadith dan teologi Islam ini, telah mampu menghafal, dan membaca dengan fashih al-Quran sejak umur 15 tahun. Maka tidak heran, jika beliau juga mampu menghafal sejuta Hadith, seperti yang diceritakan Abu Zur'ah.

Guna memperdalami dan mengambangkan ilmu pengetahuannya, Ahmad bin Hanbal telah berkelana ke Syam [Syiria], Yaman dan negara-negara lainnya, hingga beliau dikenal sebagai tokoh dan ulama panutan, bahkan mencapai derajad seorang mujtahid Mutlaq [sebuah gelar tertinggi dalam bidang fikih,dan sah untuk mendirikan sebuah madzhab]

Imam Ahmad bin Hanbal wafat pada tahun pada hari Jum'at 4 Agustus 855/ 12 Rabiul Awal 241 H di kota Baghdad Irak, setelah berjuang melawan sakit yang dideritanya selama 9 hari.

Beliau dimakamkan di pemakaman al-Harb, dan pemakamannya dihadiri ratusan ribu para pelayat baik laki-laki maupun perempuan.

Kecerdasan Imam Ahmad bin Hanbal juga bisa kita lihat dari hasil karya-karya beliau yang hingga kini dijadikan bahan rujukan, baik di lembaga-lembaga pesantren, maupun perguruan tinggi.

Salah satunya yang mencuri perhatian adalah kitab al-Musnad, dimana kitab memuat puluhan ribu hadith, seperti yang diakui oleh penyusunnya, bahwa kitab al-Musnad dipilih dari lebih 750.000 hadith.

Dan bagi anda yang ingin mengetahui koleksi-koleksi kitab, khususnya fikih madzhab hanbali, kini Galeri Kitab Kuning, hadir dengan informasi Kumpulan Kitab Fikih Madzhab Hanbali, dan semoga bermanfaat.


Perlu dicatat, bahwa Kumpulan Kitab Fikih Madzhab Hanbali diatas, masih sebagian kecil saja, secara berkala kami akan menambahkan list kitab lainnya. semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua amin.


Posting Komentar untuk "Kumpulan Kitab Fikih Madzhab Hanbali"

close
Banner iklan disini