Hebat, Ini Karya-karya Ulama Nusantara Yang Mendunia -->
Cari Berita

Hebat, Ini Karya-karya Ulama Nusantara Yang Mendunia

Sabtu, 06 Januari 2018

Indonesia, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, secara historis memiliki peraktik kegamaan yang unik dan belum bisa ditiru oleh negara islam manapun di dunia.

Karya-karya Ulama Nusantara Yang Mendunia

Perbedaan suku, ras, bahasa, bahkan anekaragam tradisi, nyatanya tidak bisa mempengaruhi kebebasan menjalankan berbagai macam agama.

Maka pantas, tingginya toleransi beragama, dan keyakinan di Indonesia yang sangat tinggi, menjadi rujukan oleh berbagai negara, khususnya di timur tengah.

Di tengah gejolak dan konflik antar ras, suku dan keyakinan yang saat ini melanda dataran timur tengah, membuat mereka iri, dan ingin belajar banyak tentang "ke-santunan" beragama yang diperaktikkan di negeri pertiwi ini.

Karya Tulis dan Kitab Ulama Indonesia Yang Mendunia

1. Karya Syekh Nawawi Banten

Meski bukan tempat kelahiran kelahiran Baginda Muhammad Rasulullah saw, nyatanya pertumbuhan Islam di Negara yang diapit oleh Malaysia dan Bruneri disebelah utara, benua afrika di sebelah barat, dan benua autralia disebelah timur ini, terbukti mampu melahirkan ulama-ulama sekaliber Internetional.

Banyak karya ulama-ulama asal Indonesia yang menjadi rujukan para ulama timur tengah, hingga para tokoh di dataran eropa.

Sebut saja, Syekh Nawawi, dengan nama aslinya Muhammad Nawawi bin Umar, asal Banten ini, memiliki sejumlah karya yang acapkali menjadi rujukan otoritatif bagi sarjana muslim dunia.

Dan berikut ini beberapa kitabkarya Syeikh Nawawi Banten, yang bisa anda download secara gratis:

2. Karya Syekh Mahfudz At-Tarmasi

Syekh Muhammad Mahfudz berasal dari Tremas, Pacitan, Jawa Timur juga salah satu ulama yang sangat disegani, khususnya di Makah.

Memiliki nama asli Muhammad Mahfudz bin Abdullah bin Abdul Mannan al-Tarmasi ini, merupakan salah satu produktif asal Indonesia, yang karyanya juga sangat dikenal. 

Tercatat beliau memiliki karya lebih dari 20 kitab, dan sebagian besar telah di terbitkan oleh percetakan-percatakan baik asia maupun timur tengah.

Bagi kalian yang penasaran dan ingin mengoleksi karya-kerya beliau, beriku ini beberapa kitab karya Syaekh Mahfudz Termas yang bisa anda dapatkan secara gratis:


3. Karya Syekh Ihsan Jampes

Pada tahun 1901 M, Syekh Ihsan Muhammad Dahlan, yang dikenal dengan Syekh Ihsan Jampes ini lahir, dari ayah beliau yang bernama KH Dahlan bin KH Soleh, Pendiri dan pengasuh pondok pesantren Jampes.

Selain dukungan lingkungan keluarga agamis dan mengedepankan pendidikan, kecerdasan Syekh Ihsan jampes dan semangatnya menuntut ilmu sudah tampak sejak masa kecilnya.

Oleh sebabnya, meski diketahui tidak pernah mengenyam pendidikan di timur tengah, layaknya ulama nusantara yang lain, namun karya tulisnya menjadi bukti kealiman beliau di bidang agama.

Sirojut Tholibin, menjadi salah satu kitab monumental beliau, hingga membuat namanya harum kesuluruh lembaga pendidikan di seluruh Dunia.

Kitab penjelas [Syarah] dari Kitab Minhajul Abidin Karya Imam Ghazali ini, menjadi salah satu rujukan otoritatif dibidang tashawwuf.


Sebenarnya beliau sendiri memiliki karya yang tak kalah masyhurnya, antara lain, Manhajul Imdad, sebagai syarakah atas kitab Irysadul Ibad [Karya Zainuddin al-Malibari], Tashrihul-‘Ibarat penjelasan kitab Natijah al-Miqat, kitab falak karya gurunya, yakni Syekh Muhammad Shalih ibn ‘Umar al-Jawi [Kiai Soleh Darat Semarang], Irsyadul Ikhwan fi Hukm Syarbil Qahwah wad Dukhan.

Nah, bagi sahabat yang ingin membaca, mengkaji dan mendapatkan kitab Sirajutthalibin secara gratis, silahkan download kitabnya pada link di bawah ini.


Demikianlah informasi tentang Karya-karya Ulama Nusantara / Indonesia Yang Mendunia, tentu kita sebagai masyarakat muslim Indonesia, merasa bangga memiliki ulama sekaliber international diatas. 


Dan diharapkan, bisa dijadikan pemicu semangat generasi mulsim NOW, untuk mengikuti teladan semangat beliau dalam menunutut ilmu, Amin.