Download Kitab Fathul Qorib Makna Jawa Lengkap -->
Cari Berita

Download Kitab Fathul Qorib Makna Jawa Lengkap

Admin Galeri Islam
Sabtu, 19 Januari 2019

Sepertinya sudah menjadi ciri khas dri lembaga pesantren di Indonesia, kajian tentang Fiqih Madzhab Syafi'i hampir merata. Sehingga muncullah banyak kitab-kitab fikih dasar yang tak lekang oleh waktu.

Kitab Fathul Qorib Makna Jawa Lengkap

Diantara kitab fikih syafi'i yang banyak dipelajari tersebut, atara lain Kitab Safinatunnaja, Kitab Fathul Qarib atau biasa dikenal dengan Taqrib.

Untuk mempermudah dalam mengkaji kitab-kitab pesantren tersebut, biasanya para kiai / ustadz membacakan makna jawa, dan para santri menyasak [menuliskan maknanya di bawah teks].


Dan bagi anda yang sedang mencari kitab Fathul Qarib Makna Jawa, berikut ini kami berikan untuk anda secara gratis, semoga bermanfaat.

Sekilas Tentang Penyusunan Kitab Fathul Qarib

Dalam kitab ini, Penulis kitab, yang dikenal dengan Abu Syuja, menjelaskan latar belakang dan alasan ditulisnya kitab tersebut, yakni sebagai respon dirinya terhadap permintaan para sahabat dan santri-santrinya yang menginginkan beliau menyusun kitab fiqih berhaluan madzhab Syafi'i, dengan agar memberikan kemudahan bagi para pengkaji pemula, sebagaimana menjadi latar belakang beliau dalam memberikan nama kitab tersebut dengan fathul qarib.

Dikalangan masyarakat, Kitab fathul qarib populer disebut Taqrib, ghoyatul mukhtasar, nihayatul mukhtasar (ringkasan paling sempurna). Hal tersebut disebabkan isi materi dan kajiannya yang cukup mendasar.

Kitab yang sangat sederhana ini tidak hanya mengkaji persolan ibadah, yang sifatnya ibadah Mahdhoh saja, tetapi juga memuat persoalan fiqih lainnya, seperti Munakahah, Mu'amalah dan Jinayah. 

Hal tersebut yang membedakan dengan kitab-kitab fiqih sejenis lainnya seperti Safinatunnaja, Sullam Taufiq, Risalah Mu'awanah. Meski dalam sistematika penulisannya, Abu Syuja tidak jauh berbeda dengan kitab-kitab fiqih tersebut.


Secara berurutan beliau mula-mula menjelaskan tentang thoharoh [bersuci] kemudian secara terperinci membahas persoalan ibadah, muamalah, al-akhwal as-syahsiyah, jinayah dan diakhiri dengan siyasah. 

Sistematika penulisan tersbut, bukan tidak beralasan, mengingat thoharoh menjadi syarat utama yang harus dipenuhi setiap orang mukkalaf dalam menjalankan ibadah vertikal, yang berhubungan dengan sang pencipta, Allah swt. 

Logikanya sebelum melakukan ibadah, seorang muslim terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana tatacara bersuci yang benar, karena bersuci termasuk syarat sah yang utama dari ibadah.

Artinya, sah dan tidaknya ibadah seseorang bergantung pada benar dan tidaknya. terpenuhi dan tidaknya syarat yang berupa bersuci tersebut.

Meski demikian, bukan berarti kajian selain ibadah tidak dibahas, semua yang dikaji di dalam kitab ini menjadi penting, termasuk yang berkenaan dengan jual beli [Mu'amalah], termasuk pula pergadaian, Akad peminjaman dan lain sebagainya. 


Kitab Fathul Qarib Makna Jawa

Dan bagi anda pendidik atau santri, atau yang ingin mengkaji dan membaca kitab ini, seperti janji kami diatas, berikut ini link yang bisa anda download secara gratis.

Judul Asli : Ghayatu al-Taqrib Syarah Fathul Qarib al-Mujib
Penulis : Syekh Abi Suja'
File : PDF
Ukuran : 86.4 MB
Rujukan : PUSTAKA ONLINE
Sumber : MAKTABANA

Jika anda tertarik membaca Kitab Fathul Qarib Secara online, silahkan baca di bawah ini.
BACA ONLINE?:
Atau anda tertarik mendownload, silahkan klik link di bawah ini