Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Khutbah Jumat Singkat Bulan Syaban, Tema Sikap Umat Islam Hadapi Era Informasi Digital

Contoh Khutbah Jumat Singkat - Kini kita telah memasuki bulan Sya'ban, merupakan bulan sebelum datangnya bulan yang paling istimewa, yakni bulan Ramadhan.

Contoh Khutbah Jumat Singkat Bulan Syaban

Seperti yang telah dimaklumi bersama, bahwa kini umat manusia secara umum, dan Umat Islam, secara khusus tengah dihadapkan dengan dengan perkembangan teknologi informatika yang sangat masif.

Disisi lain, perkembangan teknologi tersebut, diakui atau tidak ternyata juga banyak membantu kebutuhan umat manusia.

Teruhlah contoh, Handphone yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat telekomunikasi via voice dan SMS, kini sudah berubah menjadi smartphone atau ponsel pintar.

Kini dengan HP misalnya android, kita bisa dengan mudah berkomunikasi tidak hanya melalui suara, tapi sudah bisa melihat orang lain, via videocall.

Bahkan, banyak sekali kebutuhan kita yang dapat dilakukan dengan telephone genggam ini, misalnya berbelanja, bersilaturrahmi, dan mendapatkan informasi terbaru dari berbagai belahan dunia.

Walhasil, Umat Islam harus memiliki sikap terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat tersebut, agar mereka tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif.

Khutbah Jumat Singkat Bulan Sya'ban

Sebagai seorang tokoh masyarakat, atau seorang ustadz, tentu brtanggung jawab memberikan arahan, nasehat kepada umat, salah satunya bagaimana seseorang dapat menghadapai perkembangan dunia digital tersebut.

Topik ini cukup penting untuk senantiasa disampaikan kepada para jama'ah, mengingat kini banyak masyarakat yang menyalahgunakan keberadaan teknologi ini.

Disisi lain, nasehat-nashet tersebut juga berfungsi untuk mengcounter dan memberikan kesadaran akan pentingnya benteng agama.

Namun, tidak banyak dari para khatib, kiai, tokoh masyarakat ataupun ustadz yang menjelaskan fenomena tersebut.

Meskipun ada, rata-rata diantara mereka belum bisa menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami, serta belum menjabarkan cara menghadapinya.

Sehingga pada kesempatan kali ini, penting kiranya kami membagikan salah satu contoh teks khutbah yang sangat bermanfaat dan khususnya berkenaan tema Cara Seorang Muslim Menghadapi Era Digital.

Khutbah jumat di bawah ini tentu bisa anda modifikasi sebagai bahan ceramah kegamaan aatau pada acara lain semacam Kultum.

BACA ONLINE?:

Posting Komentar untuk "Contoh Khutbah Jumat Singkat Bulan Syaban, Tema Sikap Umat Islam Hadapi Era Informasi Digital"

close
Banner iklan disini