Kitab Minhajul Muta'allim, Karya Imam Ghazali Tentang Konsep Seorang Pelajar
Cari Berita

Kitab Minhajul Muta'allim, Karya Imam Ghazali Tentang Konsep Seorang Pelajar

Admin Galeri Islam
Senin, 13 Mei 2019

Dalam pendidikan Islam, seorang murid biasa diistiolahkan dengan Muta'allim, atau pelajar, sementara seorang guru diistilahkan dengan Mu'allim/ Ustadz.

Minhajul Muta'allim, Karya Imam Ghazali

Untuk memahami kosep seorang murid / siswa, biasanya peneliti pendidikan Islam akan merujuk pada tokoh Pendidikan dari kalangan Umat Islam.

Selain Ibnu Khaldun, biasanya mereka mengambil konsep seorang murid dari Ibnu Taimiyah, atau yang lebih dikenal dari Imam Ghazali.

Jika Imam Ghazali biasanya bisa dilihat corak pemikiran dalam pendidikan dari karya agungnya Ihya' Ulumiddin, tapio tahukah anda, bahwa beliau sebenarnya memiliki karya yang lebih spesifik berbicara tentang konsep seorang pelajar / murid.

Karya yang diberi judul Minhajul Muta'allim, didalamnya diulas secara lengkap bagaimana pandangan Imam Ghazali tentang seorang murid.

Meski judulnya lebih spesifik menguloas tentang seorang murid, namun beliau juga melengkapinya dengan pembahasan hakikat ilmu dan keutamaanya.

Bahkan diawal-awal pembahasannya, kitab ini mencoba menjelasan secara gamblang prihal konsep guru, keutamannya dan lain sebagainya.

Artinya, dengan mempelajari kitab Minhajul Muta'allim ini, diharapkan kita mampu memahami bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Imam Ghazali.

Jika anda penasaran, silahkan dapatkan kitab ini pada link di bawah ini :

عنوان الكتاب : منهاج المتعلم 
التأليف : حجة الإسلام أبو حامد محمد بن محمد الغزالي

Nama Kitab : Minhajul Muta'allim
Penulis : Imam Ghazali
Penerbit : Dar al-Taqwa - Damaskus
Cetakan : Pertama
Tahun : 2010 M / 1431 H
Halaman : 90
File : PDF
Ukuran : 43.3 MB
Rujukan : MAKTABANA