Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Informasi Akademik Khusus Pesantren, Bernama SIMATREN

Galeri Kitab Kuning | Perkembangan teknologi dan informasi yang demikian pesat menuntut kesiapan seluruh lapisan masyarakat untuk menghadapi dan menyikapinya, tidak terkecuali Pondok Pesantren. Keberadaan pondok pesantren di tengah-tengah masyarakat sangat penting dan patut diperhatikan.

Sistem Informasi Akademik Khusus Pesantren, Bernama SIMATREN

Sebab Pondok pesantren sebagai basis pendidikan Islam yang telah memiliki akar kuat di Indonesia, memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan moral masyarakat.

Disisi lain, Pesantren juga harus senantiasa melakukan optimalisasi proses pembelajaran yang diterapkan, mulai dari kurikulum pembelajaran, sarana prasarana, keuangan, managemen, hingga pendataan santri dan pengelolaannya.

Jika kita memperhatikan pendidikan formal saat ini, banyak yang sudah menggunakan kemajuan ragam teknologi untuk membantu pelakasaan pembelajarannya, salah satunya adanya Sistem Informasi Akademik, yang biasa disingkat dengan SIAKAD.

Atau yang lebih terkenal, adalah JIBAS, sebuah aplikasi berbasis offline dan free source yang kini banyak digunakan di lembaga-lembaga madrasah.

Namun bagaimana dengan pesantren? Pasalnya, tidak banyak pesantren yang menggunakan Sistem Informasi Akademik, padahal sistem terseburt sangat penting, terutama untuk perbaikan manegemen pesantren.

Dan kini telah hadir SIMATREN (Sistem Informasi Pesantren), yang memang dikhususkan untuk lembaga pendidikan tertua di Indonesia tersebut.

Apa itu SIMATREN? dan apa saja fiturnya? berikut ini ulasannya untuk anda.

Definisi SIMATREN

Dikutip dari laman resminya "SIMATREN adalah Sistem Informasi Pesantren berbasis website yang berfungsi untuk membantu Pondok Pesantren atau lembaga Madrasah Diniyah dalam pengelolaan managemen data, administrasi dan keuangan"

Jadi, SIMATREN sendiri memang sebuah aplikasi berbasis website yang sifatnya online, sehingga dapat digunakan oleh pihak pesantren, kapan saja dan dimana saja.

Fungsi dan Fitur SIMATREN

Sementara itu, selain manfaat dan fiturnya, SIMATREN sebagai sebuah Sistem Informasi bernuasakan kepesantrenan, tentu memiliki fungsi-fungsi yang sangat dibutuhkanoleh pesantren antara lain:

1. Bidang Pendataan dan Akademik

Dibidang Akademik, dalam sistem informasi pesantren ini, disediakan fungsi utama untuk pendataan santri, pengurus, wali santri, alumni, data kelas, kamar, data absensi, pelajaran dan nila, data perizinan, data pelanggaran dan lain sebagainya.

2. Bidang Keuangan 

Sementara di Bidang Keuangan, disediakan ragam fungsi pendataan dan pengelolaannya, antara lain tabungan santri, penitipan uang, dan data tunggakan santri, data pemasukan dan pengeluaran kas pesantren dan lain sebagainya.



Nah, apakah anda tertarik untuk menggunakan Sisitem Informasi Pesantren untuk lembaga anda? langsung saja kunjungi laman resmiya di www.simatren.com

Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya bagi para santri, wali santri dan khususnya pula bagi pondok pesantren, agar pesantren bisa semakin maju, dan tata kelola manegemannya semakin baik.

1 komentar untuk "Sistem Informasi Akademik Khusus Pesantren, Bernama SIMATREN"

  1. This is excellent! tafsir al ahlam arabic, The infographic is worth to read. You have given some of the bestest tips to a beginner blogger like me. I really love the way you have curated about the content writing and its marketing. I really appreciate your effort. It was worth to read.

    I have to say that it was very good and valuable information
    Tafsir Al Ahlam

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini