Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Bacaan Doa Menjelang Berbuka Puasa Ramadan, Lengkap Dengan Artinya

GaleriKitab | Membaca doa dalam agama sangat dianjurkan, terlebih doa-doa yang "warid" datang dari baginda Muhammad saw. Banyak sekali doa-doa yang beliau ajarkan, salah satunya adalah doa yang lumrah dibaca saat hendak berbuka puasa.

Doa Menjelang Berbuka Puasa Ramadan

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa menyegerakan buka puasa juga merupakan salah satu Sunnah Rasulullah saw. Selain juga itu merupakan salah satu dari dua kebahagiaan seorang yang berpuasa.

Sebelum membahas lebih jauh tentang lapar doa berbuka puasa yang biasa dibaca oleh masyarakat ini akan dijelaskan terlebih dahulu Dasar atau dalil doa tersebut.

Di antara hadis yang menyebutkan doa Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam berkenaan puasa adalah hadis yang diriwayatkan oleh Mu'adz bin Zuhra dalam Abu Daud :

كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ
Artinya : “Rasulullah ketika Berbuka, beliau berdoa: ‘Ya Allah hanya untuk-Mu kami berpuasa dan atas rezeki yang Engkau berikan kami berbuka,” (HR. Abu Daud).

Sementara hadis lain diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengucapkan doa sebagai berikut:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ : ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ
Artinya : "Rasulullah ketika berbuka, Beliau berdoa: ‘Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah,” (HR. Abu Daud)."

Baca Juga : Begini Cara Rasulullah saw. Buka Puasa

Dalam kitab Fathul Mu'in dijelaskan bahwa disunahkan untuk menambahkan lafal doa berbuka puasa menggunakan air, berikut ini redaksinya :

 ويسن أن يقول عقب الفطر: اللهم لك صمت، وعلى رزقك أفطرت ويزيد - من أفطر بالماء -: ذهب الظمأ، وابتلت العروق، وثبت الاجر إن شاء الله تعالى

Artinya : “Disunnahkan membaca doa setelah selesai berbuka “Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika aftharthu” dan bagi orang yang berbuka dengan air ditambahkan doa: “Dzahabadh dhamâ’u wabtalatl-‘urûqu wa tsabata-l-ajru insyâ-a-Llâh,” (Fath al-Mu’in, juz 2, hal. 279).

Teks Doa Berbuka Puasa

Dari kedua hadis dan tambahan dari kitab Fathul Mu'in inilah, masyarakat Indonesia pada umumnya menggabungkan doa menjelang berbuka puasa dijadikan satu

Dan berikut ini adalah doa berbuka puasa yang biasa diucapkan oleh masyarakat khususnya di Indonesia:

 اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ
Latinnya : "Allohumma Laka Shumtu wa 'Ala Rizqika Afthortu Dzahab Dzoma'u Wabtallatil 'Uruqu Wa Tsabatal Ajru Insyaa Allah"

Artinya : “Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Walhasil, doa-doa yang diajarkan oleh Raslullah saw. sangat dianjurkan untuk dibaca juga oleh ummatnya, selain bernilai ibadah, tentu juga bernilai pahala.

0 Komentar untuk "Bacaan Doa Menjelang Berbuka Puasa Ramadan, Lengkap Dengan Artinya"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top