Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Mengenal Kitab Fatawa Ibnu Hajar al-Haitami

GaleriKitab | Dalam dunia Islam, kita sering mendengar nama-nama tokoh yang memiliki otoritas keilmuan, dan karya yang monumental, salah satunya al-Imam Ibnu Hajar al-Haitami.

Kitab Fatawa Ibnu Hajar al-Haitami

Mungkin banyak juga yang belum tahu, bahwa nama "Ibnu Hajar" biasa dinisbatkan kepada dua ulama yang berbeda, dan tergantung pada kedisiplinan keilmuannya.

Jika yang dimaksud "Ibnu Hajar" dalam bidang Hadits, maka yang dimaksud adalah al-Hafidz Ibnu hajar al-Asqolani, penyusun kitab Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari.

Namun, jika yang disebut "Ibnu Hajar" dalam bidang fikih, maka yang dimaksud adalah Ibnu Hajar al-Haitami, dengan nama asli Al-Imam al-Faqih al-Mujtahid Syihabuddin Ahmad bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Hajar as-Salmunti al-Haitami al-Azhari al-Wa`ili as-Sa'di al-Makki al-Anshari asy-Syafi'i.


Membahas Imam Ibnu Hajar al-Haitami, tentu kita tidak lupa dengan berbagai karya-karyanya yang hingga kini banyak dijadikan rujukan khususnya untuk mendapatkan jawaban hukum dalam acara bahtsul masail. Dan seperti apakah kitab tersebut?

Kitab al-Fatawa al-Kubra al-Fiqhiyah

Kitab ini berisi fatwa-fatwa dalam madzhab Syafi'i, yang ditulis oleh Ibnu Hajar Al-Haitami, dan kemudian dikodifikasi oleh muridnya yang bernama Imam Abdul Qadir al-Makki.

Dalam kitab yang berjumlah dua jilid tersebut, tidak memuat semua masalah lengkap dengan dalilnya. Namun, Jika didapati perbedaan pandangan dan pendapat / khilaf,  maka disebutkan mana yang paling rojih. 

Sesuai dengan namanya, Kitab ini khusus membahas tentang topik-topik hukum fikih khusus untuk madzhab Syafi'iyah saja. Adapun pembahasan yang dimuat dalam kitab ini, meliputi:
  1. Juz pertama,berisi pembahasan mulai dari pembahasan bersuci "Thoharah", hingga Shalat jumat, 
  2. Juz Kedua, berisi pembahasan shalat dalam keadaan khawatir / takut "Shalat Khauf" hingga Pembahasan Sewa-menyewa "Ijarah"
  3. Juz Keitga, membahas tentang  Qurrotul Ain, hingga bab sayembara "Ju'alah"
  4. Juz Keempat, membahas tentang kepengasuhan "hadhanah" hingga masalah-masalah umum.

Download Kitab Fatawa Ibnu Hajar

Bagi sahabat yang ingin membaca, atau mengkaji kitab ini secara online, mungkin ada yang kesulitan, sebab sebagian link yang disediakan oleh beberapa website kebanyakan juga sudah tidak aktif.

Oleh sebab itu, disini kami akan menyediakan agar sahabat bisa mendapatkan kitab Fatawa Kubro karya Imam Ibnu Hajar al-Haitami ini dalam bentuk PDF. Klik DISINI
Tag : Fiqih, Ragam
0 Komentar untuk "Mengenal Kitab Fatawa Ibnu Hajar al-Haitami"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top