Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Kaget, Dulu Ibadah Haji Pernah Dibatalkan

GaleriKitabKuning.com | Ibadah Haji merupakan ibadah yang tidak hanya menuntut kesiapan materi, tapi juga mental. Kedua hal tersebut, diharapkan dapat dijadikan bekal untuk melaksanakan ibadah yang menjadi rukun kelima dalam Islam.

Ibadah Haji Pernah Dibatalkan

Namun demikian, kondisi wabah Corona yang saat ini sedang melanda dunia, termasuk Arab Saudi selaku tuan rumah penyelenggaraan haji, membuat keputusan pelaksanaan ibadah tahunan ini menggantung.

Ketidak pastian Arab Saudi membrikan keputusan prihal pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini membuat sejumlah negara membuat keputusan membatalkan pemberangkatan jemaah Haji tahun ini.

Dibatalkannya Ibadah Haji Tahun 2020 ini tentu tidak membuat semua pihak menerima dengan lapang. Terutama bagi sebagian Jemaah Haji yang bisa diprediksikan dan sudah mempersiapkan diri untuk berangkat tahun ini.

Bahkan disejumlah daerah, beberapa Jemaah tidak hanya mengurusi biaya administrasi seperti BIPIH, mereka juga sudah mulai melakukan cek kesehatan sebagai syarat keberangkatan.

Tapi tahukah anda? bahwa sebenarnya kebijakan pembatalan ibadah haji tahun ini sudah melalui pertimbangan yang cukup matang oleh Menag.

Disisi lain, kita perlu membaca fakta sejarah, bahwa faktor kesehatan menjadi salah satu pertimbangan dan alasan utama dalam pembatalan tersebut.

Pasalnya, dahulu haji pernah dipaksanakan untuk dilaksanakan ditengah-tengah kondisi wabah, dan akhirnya banyak menimbulkan korban jiwa.

Berikut ini adalah fakta-fakta, bahwa Arab Saudi dahulu pernah menutup dan membatalkan pelaksanaan ibadah haji karena alasan serupa.
  1.     Ibadah haji pada tahun 1814, 1837 dan 1858 karena wabah epidemi
  2.     Ibadah haji pada tahun 1892 karena wabah kolera
  3.     Ibadah haji pada tahun 1987 karena wabah meningitis
Sementara pemerintah Indonesia juga pernah menutup karena pertimbangan masalah agresi Belanda tahun 1946, ’47 dan ’48.

Pada saat itu Menteri Agama Faturahman Kafrawi mengeluarkan maklumat Kementerian Agama Nomor 4 1947 tentang penghentian ibadah haji di masa perang itu.

Sumber : BuletinIslam.com

Posting Komentar untuk "Jangan Kaget, Dulu Ibadah Haji Pernah Dibatalkan"

close
Banner iklan disini