Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemah Kitab Ta'lim Muta'allim Karya Syekh Zarnuji

GaleriKitabKuning.com | Kitab Ta'limul Muta'allim merupakan salah satu kitab tentang pendidikan yang dikarang oleh seorang ulama bernama Syekh Tajuddin Nu'man bin Ibrahim bin al-Khalil al-Zarnuji, seorang ulama yang hidup di pertengahan masa Daulah Abbasyiyah.

 

Kitab Ta'lim Muta'allim Karya Syekh Zarnuji

Secara historis, belum ada keterangan yang valid berkenaan kapan beliau dilahirkan, sementara untuk waktu wafatnya, para peneliti berbeda pendapat, ada yang mengatakan syekh al-Zarnuji wafat pada tahun 1195 M, dan ada yang mengatakan tahun 1243 M.

Namun yang jelas, Imam al-Zarnuji hidup pada masa-masa keemasan Islam, dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan.

Namun, perkembangan ilmu pengetahuan di masanya, tidak sejalan dengan konidisi akhlak / etika peserta didik (Tholibul Ilm, Murid, Siswa).

Hal inilah, yang menjadi salah satu faktor utama, beliau menyusun sebuah kitab yang menjelaskan tentang etika-etika seorang murid, siswa, orang yang mencari ilmu, dengan nama Kitab Ta'limul Muta'allim

Di Pondok Pesantren, kitab dengan nama asli Ta'limu al-Muta'allim, Thariq al-Muta'allim ada sejumlah kitab yang menjelaskan etika-etika seorang murid dalam menuntut ilmu, antara lain Ayyuhal Walad, Minhajul Muta'allim hingga Ihya'Ulmiddin, yang semuanya, adalah karya-karya Imam al-Ghazali 

Kembali ke pembahasan awal, pada kesempatan ini, kami akan berbagi Terjemah dari kitab karya Syekh al-Zarnuji yang cukup fenomenal tersebut.

Kitab Ta'lim Muta'allim Terjemahan

Diakui atau tidak hingga saat ini,kitab karya ulama yang pernah belajar di Bukhara dan Samarqan tersebut,masih banyak dikaji dan di pelajari, baik di jenjang pemula, pondok pesantren, hingga perguruan tinggi.

Banyak sekali penelitian yang mengangkat tema "Pendidikan Karakter" dengan objek penelitian kitab Ta'limul Muta'allim, antara lain:

  • IMPLEMENTASI KAJIAN KITAB TA’LIM MUTA`ALLIM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUREN LEDOKOMBO JEMBER TAHUN 2015/2016 
  • PENGARUH PENGAJARAN KITAB TA'LIMUL. MUTA'ALLIM TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TA‟DZIM SISWA.
  • NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB TA'LIMUL. MUTA'ALLIM KARYA SYEKH AL-ZARNUJI
  • PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF SYEKH ZARNUJI DALAM KITAB TA'LIMUL. MUTA'ALLIM. dll.

Untuk mempelajari kitab dengan teks bahasa arab tersebut, tentu bagi sebagian kalangan cukup merepotkan.oleh sebab itu, disini kami bagikan versi terjemahannya.

Baca Juga : Buku Terjemah Adabul Alim wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari

Namun sebagai catatan, mempelejari terjemahan dari kitab apapun, sebaiknya dijadikan sebagai pendukung, bukan sebagai data primer. oke silahkan unduh pada link berikut ini. 

Terjemahan Kitab Ta'limul Muta'allim PDF

Demikian informasi Kitab Ta'limul Muta'allim Terjemahan versi PDF, semoga bisa menambah wawasan dan tentunya semakin bermanfaat amin.

2 komentar untuk "Terjemah Kitab Ta'lim Muta'allim Karya Syekh Zarnuji"

  1. Kalau ada iklan Isa dan Muhammad harap diblok saja karena berisi konten penipuan bagi orang awam

    BalasHapus
  2. Mohon ijin save... Semoga bermanfaat

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini