Da'i Lucu, Ini Biografi Dan Biodata KH. Anwar Zahid
Cari Berita

Da'i Lucu, Ini Biografi Dan Biodata KH. Anwar Zahid

Admin Galeri Islam
Senin, 15 Februari 2021

Galeri Kitab Kuning | Jika dahulu kita kenal sosok da'i sejuta ummat, yakni KH. Zainuddin MZ. Maka dewasa ini semakin banyak bermunculan da'i kondang yang diminati umat Islam di Indonesia, antara lain KH. Anwar Zahid.

Biografi Dan Biodata KH. Anwar Zahid


Kiai yang satu ini, sangat dikenal ditelinga masyarakat, khususnya di wilayah jawa, sebab penyampaiannya seringkali menggunakan bahasa jawa.


Dengan logat jawa yang lucu, beliau dapat dengan mudah memberikan materi pidatonya dengan sangat baik, dan dapat dengan mudah dicerna dan diterima oleh kalangan masyarakat umum.


Kulhuwale' menjadi salaj satu cirikhas istilah yang disampaikan oleh beliau, tatkala menceritakan kondisi masyarakat saat shalat tarawih, pada salah satu pidatonya.


Baca Juga : Mengenal Biografi dan Profil  KH. Maimoen Zubair


Meski lucu, dan mengundang gelak tawa dari para pendengarnya, namun isi dari nasehatnya sangat mendalam, dan tentunya berkualitas. Siapakah beliau? beriku ini kami bagikan profil dari sosok KH. Anwar Zahid.


#Profil Dan Biodata KH. Anwar Zahid

Kiai Anwar Zahid, seperti disinggung diawal, cerahamnya tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia, beliau juga seringkali diundang ke beberapa negara tetangga, sepertio Hongkong.


#Masa Kecil Kiai Anwar Zahid

Kiai Anwar Zahid lahir pada 11 Maret 1974 di Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur , dia tumbuh besar layaknya anak pada umumnya, beliau juga bermain dan belajar layaknya anak pada umumnya.


KH. Anwar Zahid mendapatkan pelajaran agama untuk pertama kalinya dari ayahanda beliau yang juga seorang kyai kampung di desa tersebut dengan tempaan sang ayah nilai-nilai akidah islam dan juga nilai bermasyarakat ia peroleh. 


#Pendidikan Pesantren

Menjelang masuk masa SMP pada tahun 1988 beliau melanjutkan studinya dengan belajar nyantri di sebuah Pondok Pesantren Langitan asuhan Romo Kyai Abdullah Faqih.


Pada masa-masa di Pondok Pesantren Langitan  itulah gambaran KH. Anwar Zahid yang senantiasa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mempelajari agama dengan begitu baik dan juga mendalam.


Selain mendalami ilmu agama beliau juga dilatih dengan metode-metode dakwah yang mumpuni sehingga disinilah  bakat-bakat beliau dalam berdakwah dan menyiarkan agama Islam mulai terasah dengan baik. 


Baca Juga : Biografi KH. Wahab Chasbullah, Pencipta Lagu Ya Lal Wathon


Tiga tahun berlalu Di Pondok Pesantren Langitan, ketika menjelang masa SMA beliau dengan segala kerendahan hatinya sowan kepada Romo Kyai Abdullah Faqih untuk melanjutkan studinya di Gresik. 

Romo Kyai Abdullah Faqih yang mengetahui niat baik dan ketulusan yang dimiliki dari santrinya tersebut memberikan restu dan juga doanya kepada KH. Anwar Zahid. 


Setelah restu dan juga doa dari Romo Kyai Abdullah Faqih diperoleh berangkatlah KH. Anwar Zahid menuju pesantren “APTQ” Sampurnan Bungah Gresik.


Pada pesantren itu KH. Anwar Zahid ingin memperdalam ilmu dalam bidang Al-Quran dan juga hafalannya. Di pondok pesantren ini  KH. Anwar Zahid di gembleng dengan pemahaman akan Al Quran secara mendalam baik dari segi pelafalan tafsir dan juga hafalan Al-quran.


#Karir dan Aktifitas Dakwah

Berkat gemblengan dari Pondok Pesantren Langitan dan juga Pondok Pesntren APTQ Sampurnaan Bungah Gresik saat ini beliau mampu dengan baik menjalankan misi dakwah dan juga keumatan. 


KH. Anwar Zahid sudah pernah berkeliling nusantara untuk berdakwah kepada masyarakat luas. Bahkan menurut beberapa orang yang dekat dengan beliau mengisahkan bahwa dalam satu hari saja KH. Anwar Zahid bisa sampai enam atau tujuh kali berdakwah tergantung tempatnya.


Asalkan tempatnya runtut dan juga bergandengan dan tidak begitu jauh beliau akan selalu siap dalam melayani semua lapisan masyarakat yang membutuhkan siraman rohani beliau. 


Selain itu yang membuatnya dinantikan oleh jamaahnya adalah beliau tidak pernah memberikan target uang kepada setiap yang mengundang beliau. Beliau akan senantiasa ikhlas berapapun uang yang akan beliau terima dari yang mengundangnya. 


Tak hanya eksis dan juga terkenal di dalam negeri saja,  KH. Anwar Zahid juga pernah beberapa kali terlihat mengisi acara dakwah di luar negeri, banyak TKI dan TKW yang ada di luar negeri yang dengan sumbangan secara sukarela mendatangkan beliau untuk memberikan siraman rohani bagi mereka yang selama ini jauh dengan tanah air. 


Dalam hal berdakwah beliau pun juga tak lupa dengan masyarakat yang ada di sekelilingnya dengan cara membuat sebuah pesantren yang ada di dekat rumah beliau.


Pesantren tersebut digunakan beliau sebagai salah satu cara untuk membaktikan ilmu yang telah ia terima dan juga sebagai salah satu cara mendidik kader-kader muda di daerahnya agar senantiasa memiliki ilmu yang mumpuni dalam agama, dan juga memiliki kemampuan dalam berdakwah seperti beliau.


Tak hanya itu saja beliau juga mendirikan sebuah majelis yang ia beri nama Maqoomam Mahmudah majelis tersebut merupakan sebuah majelis dzikir yang mengajarkan kepada jamaahnya untuk selalu mengingat ALLH SWT sang maha pencipta semesta Alam.


Bagi Anda yang menginginkan untuk mengikuti majelis Dzikir di Maqommam Mahmudah ini bisa hadir di kediaman beliau setiap Kamis malam Jum’at.


Demikianlah Informasi tentang Biografi Dan Biodata KH. Anwar Zahid, kiai yang kerap menyampaikan nasehat-nasehatnya lucu dan jenaka, namun sangat mengena.