Bacaan Niat Shalat Witir Lengkap Dengan Doa dan Artinya
Cari Berita

Bacaan Niat Shalat Witir Lengkap Dengan Doa dan Artinya

Admin Galeri Islam
Kamis, 15 April 2021

Galari Kitab Kuning | Di antara shalat sunnah yang sangat dianjurkan adalah shalat witir. Witir secara bahasa berarti 'ganjil'. Sebagian Madzhab, bahkan berpendapat shalat witir hukumnya wajib, seperti pada pendapat Madzhab Hanafi.

Bacaan Niat Shalat Witir Lengkap Dengan Doa dan Artinya


Witir sangat dianjurkan karena shalat termasuk kategori ibadah badaniyah yang paling mulia dan utama., sementara jumlah maksimal rakaat shalat witir adalah sebelas rakaat. Jumlah minimalnya adalah satu rakaat. 


Untuk Bacaan Niat Shalat Witir perlu diperhatikan oleh kaum muslimin, sebab ada sedikit perbedaan bacaan, terutama saat dua rokaat pertama, dengan satu salam, dan satu rokaat terakhir dengan satu salam.


#Bacaan Niat Shalat Witir

Niat Untuk Shalat witir dua rokaatnya, doanya sebagai berikut:

اصلي ركعتين من الوتر سنة لله تعالى

Usholli Rok'ataini Minal Witri Sunnatan Lillahi Ta'ala


Sementara untuk niat satu rokaatnya, gunakan lafadz berikut ini:

أصلي سنة الوتر ركعة لله تعالى

Usholli Sunnatal Witri Rok'atan Lillahi Ta'ala



# Bacaan Wirid dan Doa Setelah Shalat Witir


Sementara Bacaan Wirid setelah shalat witir, khususnya setelah shalat tarawih, biasanya masyarakt Islam di Indonesia membaca beberapa bacaan sebagai berikut:


سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ   
Subhānal malikil quddūs.



سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ   
Subbūhun, quddūsun, rabbunā wa rabbul malā’ikati war rūh.



أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ   
Asyhadu an lā ilāha illallāh.


أَسْتَغْفِرُ اللهَ   
Astaghfirullāh.


أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ   
Allāhumma innī as’aluka ridhāka wal jannah, wa a‘ūdzu bika min sakhathika wan nār.


اللَّهُمَّ إنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا   
Allāhumma innaka ‘afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘anna.


Terakhir, dlanjutkan membaca doa Shalat Witir berikut ini:

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ


Artinya, "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”


Demikianlah informasi tentang "Bacaan Niat Shalat Witir", yang sudah kami lengkapi dengan bacaan wirid dan doa yang biasa dibaca saat shalat ini dilakukan setelah sahalat tarawih di bulan Ramadhan. 


 
close
Banner iklan disini