Download Buku Kamus Mini Ilmu Hadits Barat
Cari Berita

Download Buku Kamus Mini Ilmu Hadits Barat

Admin Galeri Islam
Rabu, 14 April 2021

Galeri Kitab Kuning | Untuk memahami Hadits, tidaklah cukup membaca matan haditsnya saja, melainkan memerlukan perangkat ilmu-ilmu termasuk Ilmu Hadits. Di Barat sendiri, dikenal beberapa metode dalam memahami Ilmu Hadits, namun cenderung membingungkan para pembacanya.

Download Buku Kamus Mini Ilmu Hadits Barat


Oleh sebab itulah, dalam tulisan ini kami akan berbagi sebuah buku ringkasan yang berisi penjelasan Ilmu Hadits Barat, yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda.


#Tentang Kamus Mini Ilmu Hadits Barat


Dalam pendahuluan buku kamus mini, yang ditulis oleh Dr. Asrar Mabrur Faza, M.A., disebutkan sebagai berikut :


Puji syukur ke hadirat Allah swt.. Salawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw., keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya yang senantiasa berpegang kepada Alquran dan sunah Rasulullah.


Untuk menjadi pegangan tentu berawal dari upaya pengkajian terhadap Alquran dan Sunah. Khususnya Sunah, banyak pakar yang melakukan kajian/analisis terhadap sumber kedua ajaran Islam ini, tidak hanya dari kalangan hadisolog (pakar hadis) muslim sendiri, tetapi juga hadisolog Barat.


Baca Juga : Download Buku-buku Referensi Ilmu Hadits Gratis


Mengutip keterangan Kamaruddin Amin yang diperolehnya dari gurunya, Harald Motzki, setidaknya ada empat metode analisis yang digunakan oleh hadisolog Barat untuk melacak penanggalan (dating) sebuah hadis. 


  • Pertama, analisis matan oleh Ignaz Goldziher dan Marston Speight.
  • Kedua, analisis sanad oleh Joseph Schacht dan G.H.A. Juynboll. 
  • Ketiga, penanggalan atas dasar kitab-kitab koleksi hadis, juga oleh Schacht dan Juynboll.
  • Keempat, analisis sanad dan matan oleh Harald Motzki dan G. Schoeler.


Dalam penerapan empat metode tersebut, seringkali menggunakan istilah-istilah (Mushthalahat) teknis yang terkadang membingungkan para pembaca pemula terkait dengan diskursus hadis di Barat. Oleh karena itu, “Kamus Mini Ilmu Hadis Barat” ini akan menjelaskan pemaknaan terminologis bagi istilah-istilah teknis tersebut.


Akhirnya, dengan mengharap rida Allah swt., semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para peminat studi hadis khususnya dan para akademisi dan masyarakat pada umumnya, selamat membaca


Baca Juga : Download Enam Kitab Hadits Paling Utama / Kutubussittah Gratis


Nah, bagi para pemerhati Ilmu Hadits, khususnya pemula, buku kamus Mini ini tentunya bisa dijadikan tambahan informasi, oleh sebab itu, anda dapat unduh buku kamus tersebut, pada link yang kami sediakan di bawah ini :


Kamus Mini Ilmu Hadits


Demikian ulasan tentang Buku Kamus Mini Ilmu Hadits Barat, yang ditulis oleh Dr. Asrar Mabrur Faza, M.A., semoga informasi ini bermanfaat.


 
close
Banner iklan disini