Idul Fitri 1442 H, Jatuh Pada Hari Kamis 12 Mei 2021, Ini Penjelasannya
Cari Berita

Idul Fitri 1442 H, Jatuh Pada Hari Kamis 12 Mei 2021, Ini Penjelasannya

Admin Galeri Islam
Selasa, 04 Mei 2021

Galeri Kitab Kuning | Idul Fitri sudah didepan mata, sebuah hari raya dan hari kemenangan, dengan artinya sebagai harapan kita menang dan sukses menggapai pahala-pahala selama bulan puasa, dan keluar dari bulan ini dalam keadaan terbebas dari segala dosa.

Idul Fitri 1442 H, Jatuh Pada Hari Kamis 12 Mei 2021, Ini Penjelasannya


Di tahun 2021, Awal Ramadhan telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, melalui Sidang Istbat yang dilaksanakan oleh Kemenag, dan ditetapkan pada Selasa tanggal 13 April 2021, setelah mengumpulkan beberapa laporan panitia Rukyatul Hilal dari berbagai titik di beberapa lokasi di Indonesia.


Lantas, kapan Idul Fitri? Atau awal bulan Syawal tahun ini? berikut ini kami akan ulasa terlebih dahulu.


Baca Juga : 15 Ucapan Selamat Idul Fitri Berbahasa Inggris, Lengkap dengan Artinya


#Idul Fitri 1442 H

Untuk menentukan awal bulan Hijriyah, dibutuhkan beberapa tahapan, antara lain adalah dengan metode Hisab, dan Rukyatul Hilal.


Sementara proses Rukyatul Hilal, hanya bisa dilakukan dilokasi-lokasi tertentu, dan dengan ketentuan tertentu, seperti adanya Wujudul Hilal (Adanya bulan sabit diatas ufuk), Imkanur Rukyah (ada kemungkinan bulan sabit dapat dipantau), yakni saat Hilal muncul 2 erajad lebih diatas ufuk.


#Perlukah Proses Hisab dan Rukyah?

Perlu dicatat bahwa, pergantian awal bulan dalam Tahun Hijriyah adalah ditandai dengan adanya Konjungsi/ Ijtima', dimana posisi bumi, bulan dan matahari berada di satu garis.


Sementara itu, untuk bulan Syawal, waktu Konjungsi jatuh pada tanggal 12 Mei 2021. pukul 01:59, yang artinya Ijtima' terjadi setelah bulan Ramadhan berjalan 30 Hari.


Sementara proses Hisab, dan Rukyatul Hilal akan dilakukan jika Ijtima' terjadi pada tanggal 28 Ramadhan. Maka dengan kondisi yang demikian, maka tidak perlu lagi dilakukan proses hisab ataupun Rukyatul Hilal.


Sebab, sudah jelas Ijtima' telah terjadi setelah tanggal 28 Ramadhan, dan itu artinya dilakukan proses Istikmal / menyempurnakan bulan Ramadhan ini menjadi 20 hari.


Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa Idul Fitri Tahun 1442 H / 2021 M ini akan jatuh pada Hari Kamis Wage, Tanggal 13 Mei 2021.


Kesimpulan

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan :

  • Tidak diperlukan melakukan Hisab maupun Rukyatul Hilal, sebab konjungsi atau Ijtima' terjadi diatas tanggal 28 Ramadahan
  • Idul Fitri 1442 H / 2021 M, dipastikan akan jatuh pada Hari Kamis Wage 2021 M. 


 
close
Banner iklan disini