Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Qotrul Ghaits Karya Syekh Nawawi Banten

Galeri Kitab Kuning | Satu diantara karya Syekh Nawawi Banten yang banyak dikaji khususnya di lembaga pesantren adalah Kitab Qotrul Ghaits.

Download Terjemah Kitab Qotrul Ghaits Karya Syekh Nawawi Banten

Kitab ini sangat tidak asing khususnya bagi kalangan santri, biasa dikaji dalam bentuk program dan kegiatan hataman kitab.

Berikut ini kami bagikan Kitab Qotrul Ghaits Terjemahan

Terjemahan Kitab Qotrul Ghaits-Syekh Nawawi Banten

Kitab Qothrul Ghaist yang berjumlah 31 halaman ini merupakan syarah dari matan kitab Masāil Abī Laits as-Samarqandī  yang merupakan salah satu pakar ilmu akidah dan fikih Hanafi pada abad ke-4 Hijriah.

Kitab ini membahas beberapa butir masalah yang berkaitan dengan asas akidah, yaitu perkara-perkara yang wajib diketahui dan dimanifestasikan oleh seorang mukmin (Rukun Iman).

Lebih khusus, Matan Masāil Abī Laits ini lebih terfokus pada pembahasan hakikat dari iman, dengan penulisan berupa tanya jawab pada setiap metode keseluruhannya mengumpulkan 17 masalah.

Dimulai dengan pengertian iman kemudian diikuti setelahnya oleh pembahasan yang terkait dengan syarat sah iman, mulai dari menyebutkan bagaimana kita mengimani Allah Swt, beberapa hal yang wajib, dan boleh bagi-Nya, malaikat-Nya, jenis dan tugas-tugas mereka, kitab-kitab-Nya.

Ada pula pembahasan tentang jumlah keseluruhan kitab yang diturunkan kepada para Nabi, nabi-nabi-Nya; disebutkan tugas-tugas dari para nabi, apa yang mustahil bagi mereka dan menyebutkan sesiapa nabi yang membawa syariat, ulul azmiserta ditutup dengan menyebutkan jumlah keseluruhan para nabi dan rasul, takdir-Nya dan hari akhir; disebutkan beberapa hal terkait, mulai dari pertanyaan malaikat hingga dikumpulkannya manusia untuk dihisab. Disebutkan pula tingkat-tingkatan surga dan neraka.

Kemudian Abu Laits pada bagian akhir kitab ini membahas tentang hakikat iman, apakah iman dapat terbagi? Apa yang dimaksud dengan iman? Dan ditutup dengan masalah apakah iman termasuk makhluk atau bukan termasuk makhluk?

Sementara itu, Syekh Nawawi al-Bantani memberikan penjabaran singkat dari teks asli kitab (matan) dengan gaya bahasa yang lugas lagi mudah dijangkau, baik penjelasan terkait susunan kata, makna kata atau penjelasan mendalam dengan menyebutkan pendapat-pendapat ulama seputar masalah terkait dan ayat-ayat Al -Quran serta hadis Nabi saw.

Kemudian tidak jarang pula Syekh Nawawi memberikan komentar tambahan (pribadi), baik dalam bentuk tarjih atas pendapat yang telah dikemukakan sebelumnya atau dalam bentuk penjelasan lebih lanjut dari masalah yang sedang dibahas.

Syekh Nawawi Banten juga menegaskan bahwa beliau berpedoman dengan manhaj akidah Asy’ariyah dan Maturidiyah.

Baca Juga : 

Biografi Syekh Nawawi Banten - Ulama Nusantara Yang Mendunia\

Download Kitab-kitab Karya Syekh Nawawi al-Bantani

Unduh Kitab Nurul Dzolam Karya Syekh Nawawi Banten

Hal ini dapat dilihat dari beberapa penjelasan beliau, dalam menghukumi orang fasik contohnya, beliau memaparkan bahwa seorang fasik (orang yang percaya namun gemar melakukan dosa besar dan kecil; arab : Murtakibul Kabīrah ) tidak kekal di neraka , karena maksiat yang dia perbuat tidak serta mengeluarkannya dari keputusan, selama orang tersebut tidak memiliki anggapan bahwa maksiat yang bertanya merupakan sesuatu yang dibolehkan/halal.

Download Terjemah Kitab Qotrul Ghaits Karangan Syekh Nawawi Banten

Download Terjemah Kitab Qotrul Ghaits Karya Syekh Nawawi Banten

Nama Kitab : Qotrul Ghaits

Pengarang : Syekh Nawawi al-Bantani

Terjemahan : Mengenal Tuhan Lebih Dekat

File : PDF

Ukuran : 300 KB

DOWNLOAD

Demikian uraian tentang dan penjelasan serta link unduh Kitab Qotrul Ghaits Karya Syekh Nawawi Banten, semoga bermanfaat.

Jangan lupa ikuti web Galeri Kitab Kuning, Klik IKUTI, agar anda bisa mendapatkan update informasi tentang kitab dan info Islam lainnya.

Posting Komentar untuk "Download Terjemah Kitab Qotrul Ghaits Karya Syekh Nawawi Banten"

close
Banner iklan disini