Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Link Download Kitab Tuhfatul Athfal Makna Jawa / Makna Pesantren

Galeri Kitab Kuning | Berikut ini kami bagikan informasi tentang kitab Tuhfatul Athfal dengan makna jawa atau makna ala pesantren.

Link Download Kitab Tuhfatul Athfal Makna Jawa / Makna Pesantren

Kitab Tuhfatul Athfal (yang berarti Tuhfatul Athfal yang berarti “Senandung Anak-Anak”.) merupakan kitab tajwid yang disusun dalam bentuk syair dan cukup populer di kalangan pendidikan Islam, khususnya Pondok pesantren.

Bagi anda yang ingin memiliki kitab tersebut, lengkap dengan makna ala pesantren, atau makna pegon dan makna jawa, simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Link Download Kitab Tuhfatul Athfal PDF

Sekilas Tentang Kitab Tuhfatul Athfal

Kitab Tuhfatul Athfal merupakan salah satu kitab yang berisi tentang tajwid al-Qur’an yang digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi santri yang sedang mengkaji al-Qur’an.

Kitab Tuhfatul Athfal sebagai salah satu kitab ilmu tajwid yakni ilmu pengetahuan tentang cara membaca al-Qur’an dengan baik dan tertib menurut makhrajnya, panjang pendeknya, tebal tipisnya, berdengung atau tidaknya, irama dan nadanya, serta titik komanya yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya.

Baca Juga : Download Terjemah Kitab Itqon Fi Ulumi al-Quran - Karya Imam Suyuthi

Sebagai disiplin ilmu, kitab Tuhfatul Athfal mempunyai kaidah-kaidah tertentu yang harus dipedomani dalam pengucapan huruf-huruf dari makhrajnya disamping harus pula diperhatikan hubungan setiap huruf dengan antara sebelum dan sesudahnya pada tata cara pengucapannya.

Oleh karena itu kitab Tuhfatul Athfal tidak dapat diperoleh hanya sekedar dipelajari namun juga harus melalui latihan dan praktek menirukan orang yang baik bacaanya.

Belajar kitab Tuhfatul Athfal bukanlah hal yang mudah, langsng hanya sekejap dan menguasainya, perlu pelatihan yang serius, berkesinambungan dan perlu ada bimbingan dari yang telah menguasai/ustad.

Baca Juga : Download Terjemah Kitab Al-Hubb Fil Quran Karya Dr Said Ramadhan al-Buthi

Sering dijumpai di lingkungan sekitar perlombaan membaca al-Qur’an, atau semacam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diadakan pada tingkat daerah maupun nasional, dari kelompok anak-anak sampai pada kelompok umum bertujuan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat dalam membaca al-Qur’an.

Daftar Isi Kitab Tuhfatul Athfal

Kitab ini secara ringkas membahas tentang dasar-dasar Ilmu Tajwid, berikut ini antara lain topik pembahasannya:

1. Hukum Nun mati dan Sukun

2. Hukum Mim Mati dan Tasydid

3. al Syamsiyah dan Qomariyah

4. Hukum Mad

Unduh Kitab Tuhfatul Athfal

Bagi anda yang ingin membaca dan mempelajari dan membaca Tuhfatul Athfal makna jawa dan teks arab aslinya, berikut ini kami akan bagikan versi PDF nya.

Link Download Kitab Tuhfatul Athfal Makna Jawa / Makna Pesantren

Nama Kitab : Tuhfatul Athfal (تحفة الأطفال)

Pangarang : Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuriy 

DOWNLOAD

Baca Juga : Download Kitab Hikam Makna Jawa/ Makna Pesantren- Lengkap 2 Jilid

Disclaimer:

Kami tidak menganjurkan untuk menggandakan dengan tujuan komersil dan mendapatkan profit, tanpa seizin pemilik.

Website ini hanya sebagai media download, sebab file-file sudah tersedia pada penyedia tertentu.

Posting Komentar untuk "Link Download Kitab Tuhfatul Athfal Makna Jawa / Makna Pesantren"

close
Banner iklan disini