Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Asal Usul Marga Nasab Fam Al-Bilfaqih / BilFagih - Ahlul Bait Keturunan Rasulullah saw

Galeri Kitab Kuning | Tulisan ini memuat asal usul Sejarah salah satu nasab keluarga Rasulullah saw dari Fam Marga Al-Bilfaqih / BilFagih.

Sejarah dan Asal Usul Marga Nasab Fam Al-Bilfaqih / BilFagih - Ahlul Bait Keturunan Rasulullah saw

Dzurriyah atau keturunan Rasulullah saw. dari jalur Sahabat Ali bin Abi Talib dengan Sayyidah Fatimah ra. memang banyak, terutama di dataran Negara Yaman.

Baca Juga : Sejarah Asal Usul Marga Nasab Fam Al-Hasani - Keturunan Rasulullah saw

Di Indonesia sendiri, Sadah Ba'alawi atau Alawiyyin juga tersebar di berbagai penjuru negeri, mulai dari sabang hingga Marauke.

Salah satu Fam keluarga  atau marga, serta nasab yang cukup terkenal adalah Al-Bilfaqih / BilFagih. Simak sejarah dan asal usulnya berikut ini.

Sekilas Sejarah Fam Marga Nasab Al-Bilfaqih / BilFagih

Ulama atau tokoh yang pertama kali berjuluk dengan gelar "BilFaqih" adalah waliyyullah Abdurrahman bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Asgok bin Abdullah bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al Faqih Al-Muqaddam.


Tentang asal usul gelar yang disandangnya, sebab ayah beliau adalah seorang ulama besar yang menguasai ilmu ilmu Agama Islam diantara ilmu yang banyak dikuasainya adalah ilmu "Fiqih", ilmu syariat agama Islam, dengan sendirinya.

Bahkan diceritakan Beliau menjadi seorang ulama besar dan waliyyullah pula mengikuti jejak ayahnya.


Waliyyullah Abdurrahmari bin Muhammad Bil-Faqih dilahirkan di kota Tarim, dan dikaruniai dua
orang anak masing-masing Husein dan Ahmad yang keduanya menurunkan keturunannya.

Waliyyullah Abdurrahman bin Muhammad BilFaqih pulang ke Rahmatullah di kota Tarim pada tahun 966 Hijriyyah.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali tokoh atau ulama dari kalangan keluarga nasab marga BilFaqih yang menjadi tokoh panutan.


Diantara mereka yang cukup masyhur adalah Maha Guru Samahatul Ustadzul Imam Al Habr Al Hujjatul Islam Al Qutub Al Habib Abdul Qodir Bin Ahmad Bilfaqih Al Alawy R.A , dan putranya Samahatul Ustadzul Imam Al Hafidz Al Musnid Al Qutub Prof.Dr. Al Habib Abdulloh bin Samahatil Ustadzul Imam Al Habr Al Qutub Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad  Bilfaqih Al Alawy R.A

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Asal Usul Marga Nasab Fam Al-Bilfaqih / BilFagih - Ahlul Bait Keturunan Rasulullah saw"

close
Banner iklan disini