Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Jawahirul Kalamiyah - Karya Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy

Galeri Kitab Kuning | Satu diantara kitab tauhid yang kerap dijadikan pelajaran di lembaga-lembaga Islam seperti Pondok Pesantren adalah kitab Jawahirul Kalamiyah karya Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy.

Terjemah Kitab Jawahirul Kalamiyah - Karya Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy

Kitab al-jawahirul kalamiyyah membahas tentang ajaran islam, berkaitan dengan tauhid dasar, dan sebagian besar materi pembahasannya tentang rukun iman.

Pada tulisan kali ini, kami akan berbagi Terjemah Kitab Jawahirul Kalamiyah - Karya Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy.

Tentang Kitab Jawahirul Kalamiyah - Karangan Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy

Kitab  Jawahirul  Kalamiyah  ini  disusun  menggunakan  kalimat  tanya  jawab yang  bertujuan  agar  pembaca  dapat  dengan  mudah  memahami  isi  dari  kitab  ini.

Baca Juga : Unduh Terjemah Kitab al-Luma' Fi Ushul Fiqhi-Karya Abu Ishaq al-Syirozi

Kitab ini  menjelaskan  tentang  dasar-dasar  dari  ilmu  tauhid  yang  disajikan  dalam pembahasan  pokok-pokok  aqidah  islamiyah  yang  terdiri  dari  enam  pembahasan.

Yaitu  meliputi  iman  kepada  Allah  SWT.,  iman  kepada  para  Malaikat-Nya,  iman kepada  kitab-kitab-Nya,  iman  kepada  Rasul-rasul-Nya,  iman  kepada  hari  akhir,  dan iman kepada  adanya  takdir.

Pembahasan dalam Kitab Jawahirul Kalamiyah

Seperti yang dikatakan diatas, bahwa Kitab yang disusun oleh Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy, sebagian besar pembahasannya adalah tentang rukun iman yang enam.

1.  Aqidah Islamiyah

Aqidah  Islamiyah  merupakan  akidah  yang  dianut  oleh  orang  Islam.  Akidah merupakan  bagian  pertama  dalam  ajaran  Islam  yang  didakwahkan  Nabi Muhammad  SAW.  akidah  menjadi  fondasi  utama  seorang  muslim  dalam beragama.

Baca Juga : Unduh Terjemah Kitab Nashoihud Diniyah Karya Habib Abdullah bin Alawi al-Haddad

Syekh Thahir menjelaskan bahwa rukun akidah Islam atau yang sering disebut dengan rukun iman, adalah hal-hal yang harus diyakini oleh setiap umat muslim. Rukun aqidah Islam (rukun iman) itu ada enam yaitu: 

a. iman kepada Allah SWT; 

b. iman kepada para Malaikat-Nya; 

c. iman kepada Kitab-kitab-Nya; 

d. iman kepada Rasul-rasul-Nya; 

e. iman kepada hari akhir; dan 

f. iman akan adanya takdir.

2. Rukun Aqidah Islamiyah  (Rukun Iman)

Pembahasan  mengenai rukun aqidah Islamiyah dibagi dalam enam pembahasan, diantaranya: 

a. Iman Kepada Allah SWT.

Rukun  iman  yang  pertama  adalah  iman  kepada  Allah  SWT.  iman kepada  Allah  SWT.  adalah  hal  yang  pokok  dan  menjadi  dasar  seluruh  ajaran Islam.

Baca Juga : Unduh Terjemah Kitab Wasiatul Mustofa Karya Syech Abdul Wahab as-Sya’roni

b. Tentang Iman Kepada Malaikat

Iman kepada Malaikat merupakan masalah aqidah yang kedua setelah iman kepada Allah SWT. Malaikat merupakan salah satu makhluk Allah yang ghoib.

Dengan demikian berarti Malaikat tidak dapat dilihat oleh manusia. Namun para Malaikat diberikan oleh Allah SWT. kemampuan untuk menjelma ke alam dunia.

c.  Tentang  Iman Kepada  Kitab-kitab Allah SWT

Iman  kepada  para  malaikat  merupakan  dua  unsur  iman  yang  saling berkaitan.  keduanya  adalah  ujung  dari  jalan  risalah  Tuhan  kepada  manuisa dan  makhuk-Nya. 

Malaikat  adalah  pembawa  risalah  Tuhan  kepada  para Rasul,  yang  kemudian    menjadi  hidayah  dan  rahmat  bagi  manusia  (Razak, 1996; 152).

Baca Juga : Unduh Terjemah Kitab Fadhailul Auqot Keutamaan Waktu, Karya Imam Baihaqi

d. Tentang Iman Kepada Para Rasul

Iman kepada para Rasul Allah SWT. yaitu dengan mempercayai bahwa Allah SWT. telah memilih di antara manusia untuk menjadi utusan-utusan-Nya, untuk menjalankan tugas risalah menyampaikan wahyu yang diterimanya dari Allah SWT. kepada hamba-hamba Allah SWT. untuk memimpin manusia ke jalan yang lurus menuju keselamatan dunia dan akhirat. 

e. Tentang Iman Kepada Hari Akhir

Salah satu rukun iman ialah percaya kepada hari kemudian atau hari akhir, yaitu akan datangnya hari kiamat dengan musnahnya seluruh alam semesta ini dan begitu juga semua makhluk yang hidup akan mati semuanya pada hari itu.

Kemudian akan dibangkitkan kembali semua makhluk itu. Kemudian manusia akan dimintai pertanggungjawabannya atas perbuatan yang dilakukan di dunia.

f. Tentang  Iman Kepada  Qaḍa  dan  Qadar

Beriman  kepada  qada  dan  qadar  berarti  percaya  dan  yakin  sepenuh hati  bahwa  Allah SWT  memiliki  kehendak, ketetapan, keputusan,  atas semua makhluknya  termasuk  segala  sesuatu  yang  meliputi  semua  kejadian  ysng menimpa makhluk.

Baca Juga : Donwload Terjemah Kitab Durrotun Nashihin

g. Penutup, Tentang beberapa hal yang penting

Dalam poin pembahasan ini Syekh Thahir memberikan beberapa tambahan penjelasan penting yang berkaitan dengan ilmu Ma’rifah.

Cara berfirmannya Allah tidak dapat dipikir secara rasional. Hal ini dikarenakan akal manusia tidak mampu untuk menganalisa dzat Sang Pencipta.  

Akal  manusia  tidak  mampu  untuk  mengetahu  Dzat  Allah,  dikarenakan ini  berada  di  luar  kemampuan  akal  manusia.  walaupun  begitu  manusia  dapat mengenal  Dzat  Sang  Pencipta  dengan  mengenal  sifat-sifat-Nya. 

Allah  tidak akan  dapat  dikenal  melalui  mata  zahir,  manusia  hanya  dapat  mengenal-Nya melalui  mata  hati  dengan  mempelajari  nama-nama  dan  sifat-sifat-Nya. Setiap  muslim  diharapkan    untuk  mengenal  (ma’rifat)  kepada  Alah  SWT yaitu  dengan  baik,  yaitu  dengan  memahami  sifat-sifat-Nya  yang  Agung  dan Mulia.

Ma’rifatullah   (mengenal  Allah)  merupakan  tujuan  utama  dari dakwah dan  risalah para  Rasul.

Download Kitab Jawahirul Kalamiyah Terjemahan

Bagi anda yang ingin lebih jauh kitab al-Luma’ fi Ushul al-Fiqhi, berikut ini kami akan bagikan versi terjemahannya. Simak detailnya berikut ini:

Terjemah Kitab Jawahirul Kalamiyah - Karya Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy
Nama Kitab : Jawahirul Kalamiyah (جواهر الكلامية)

Pengarang : Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy

Penerjemah : Bahrudin Achmad

File: PDF


DOWNLOAD 

Dapatkan kitab-kitab dan buku terjemahan lainnya, klik Terjemah

Disclaimer:

Kami tidak menganjurkan untuk menggandakan dengan tujuan komersil dan mendapatkan profit, tanpa seizin pemilik.

Website ini hanya sebagai media download, sebab file-file sudah tersedia pada penyedia tertentu.

Posting Komentar untuk "Download Terjemah Kitab Jawahirul Kalamiyah - Karya Syekh Thahir Bin Shaleh Al-Jazairy"

close
Banner iklan disini