Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu dan Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar 1443 H

Galeri KItab Kuning | Salah satu keisitimewaan yang ada di bulan Ramadhan ialah malam Lailatul Qadar, malam yang lebih baik daripada seribu bulan, seperti yang difirmankan Alloh SWT dalam Surah  Al-Qadr ayat 1-5 yang berbunyi :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS. Al Qadr: 1-5).




Selain dalam surat Al-Qadr Alloh juga menegaskan dalam surat Ad Dukhan ayat 3-6 yang berbunyi :

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةٍ مُّبٰرَكَةٍ اِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ فِيْهَا يُفْرَقُ كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍۙ اَمْرًا مِّنْ عِنْدِنَاۗ اِنَّا كُنَّا مُرْسِلِيْنَۖ رَحْمَةً مِّنْ رَّبِّكَ ۗاِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُۗ

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Ad Dukhan: 3-6).

Baca Juga : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Kabupaten Jember Selama Ramadhan 1443 H / 2022

Baca Juga : Bacaan Allahumma Laka Shumtu - Doa Sebelum Berbuka Puasa - Arab Latin dan Artinya

Lantas, Kapan Malam Lailatul Qadar tahun ini akan tiba ?

Kehadiran malam ini selalu dinanatikan oleh setiap orang yang beriman dan mengharapakn Ridho-Nya. Menurut sejumlah riwayat, Alloh akan menurunkan malam lailatul qadr pada malam ganjil di seupuluh terakhir bulan ramadhan.

Riwayat ini disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah RA, dia berkata bahwa Rasululloh beriktikaf di sepuluh terakhir malam Ramadhan dan beliau bersabda :

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

Artinya: "Carilah malam lailatul qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan." (HR. Bukhari & Muslim).

Berdasarkan penetapan Kementrian Agama RI yang menetapkan awal Ramadhan pada tanggal 03 April 2022, maka malam ganjil disepuluh terakhir bulan Ramadhan dimulai Jum'at Kemarin, berikut ulasan selengkapanya :

- Malam 21 Ramadhan : Jum'at Malam Sabtu (22 April 2022)

- Malam 23 Ramadhan : Minggu Malam Senin (24 April 2022)

- Malam 25 Ramadhan : Selasa Malam Rabu (26 April 2022)

- Malam 27 Ramadhan : Kamis Malam Jum'at (28 April 2022)

- Malam 29 Ramadhan : Sabtu Malam Minggu (30 April 2022)

Malam Lailatul Qadar Menurut Imam Al Ghazali

mam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin menjelaskan, jatuhnya malam lailatul qadar dapat dilihat dari hari pertama Ramadan. Berikut penjelasan selengkapnya :

1. Jika hari pertama Ramadan jatuh pada malam Ahad (Minggu) atau Rabu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 29 Ramadan.

2. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Senin, maka lailatul qadar jatuh pada malam 21 Ramadan.

3. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Kamis, maka lailatul qadar jatuh pada malam 25 Ramadan.

4. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Sabtu, maka lailatul qadar jatuh pada malam 23 Ramadan.

5. Jika malam pertama Ramadan jatuh pada malam Selasa atau Jumat, maka lailatul qadar jatuh pada malam 27 Ramadan.

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatakan oleh Ibnu Abbas RA, bahwa Rasululloh bersabda yang artinya :

"Lailatul qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah."

Namun sejatinya tidak ada yang tahu kapan lailatul qadar pada tahun ini akan datang. Semoga Kita termasuk orang-orang yang ditakdirkan berjumpa dengam malam itu.


Posting Komentar untuk "Waktu dan Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadar 1443 H"

close
Banner iklan disini