Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Amalan Nabi Agar Punya Ilmu yang Bermanfaat

Doa Amalan Nabi Agar Punya Ilmu yang Bermanfaat

Galeri Kitab Kuning | Dalam kajian Kitab Jawahirul Bukhari, Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang Jawa Tengah KH Mustofa Bisri (Gus Mus) menjelaskan sebuah hadits Nabi Muhammad dari Abu Hurairah yang berisi sebuah amalan doa agar ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat. Doa dari hadits ini menurut Gus Mus sangat penting untuk dibaca dan diamalkan.   

“Setiap habis shalat dibaca (dalam hitungan) ganjil. Satu kali, tiga kali, tujuh kali, sebelas kali,” katanya dalam kajian kitab di kanal kanal Youtube Gus Mus Channel yang diakses NU Online pada Rabu (7/9/2022).     

Baca Juga : Teks Doa Allohumma Inna Nasaluka Salamatan Fiddin - Arab Latin dan Artinya

Jangan sampai menurutnya, ilmu yang didapat tidak memberi manfaat. Baik ilmu yang didapat dalam jumlah banyak ataupun sedikit. Ia mengingatkan bahwa ilmu Allah swt itu banyak sekali. Sebanyak apapun ilmu yang dimiliki oleh seseorang, itu hanyalah sedikit sekali di hadapan Allah swt.   

“Kita itu hanya memiliki ilmu sedikit. Meskipun (memiliki titel) Profesor Doktor. Tumpuk-tumpuk, mesti ada ilmu yang belum diketahui,” ungkapnya.   Gus Mus menyebut bahwa seseorang yang bertambah ilmunya harus bisa merasa semakin bodoh. Kalau ada orang merasa pintar, maka menurutnya hanya sebatas itu saja ilmunya.    

“Selama kamu masih mencari ilmu, selama itu kamu pandai. Begitu kamu merasa pandai, mulailah kamu bodoh,” katanya mengutip sebuah hadits Rasulullah saw.   

Oleh karenanya agar kita bisa tergerak untuk terus mencari ilmu, maka dalam doa ini terdapat kata ‘zidni’ yang berarti tambahkanlah. Dengan doa ini maka diharapkan Allah menggerakkan kita untuk terus belajar.   

Baca Juga : LENGKAP Teks Bacaan Doa Salat Dhuha - Arab Latin dan Artinya

“Doa itu sebenarnya adalah takdir bagi orang yang diberikan kemauan untuk berdoa,” ungkap Mustasyar PBNU ini.   Berikut doa agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat: 

  اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ    

"Allahumman faniy bimaa alamtaniy wa alimniy maa yanfauniy wa zidniy ilman alhamdulilahillahi alaa kulli haalin wa audzu billahi min haali ahlin naari."   

Artinya: Ya Allah, berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Ajarkan kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada setiap kondisi (bahagia atau pun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka.

Sumber: https://islam.nu.or.id/doa/amalan-doa-dari-nabi-agar-punya-ilmu-yang-bermanfaat-X0AWQ

Posting Komentar untuk "Doa Amalan Nabi Agar Punya Ilmu yang Bermanfaat"

close
Banner iklan disini