Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lirik Lagu Lir Ilir Tembang Jawa Sunan Kali Jogo- Lengkap Makna Artinya

Galeri Kitab Kuning | Berikut ini kami bagikan Lirik tembang jawa berjudul Lir Ilir gubahan Sunan Kali Jogo lengkap dengan maksud dan maknanya.

Lirik Lagu Lir Ilir Tembang Jawa Sunan Kali Jogo- Lengkap Makna Artinya

Tembang Lir-Ilir diyakini diciptakan oleh Sunan Kalijaga pada sekitar awal abad ke 16, tepatnya saat Kerajaan Majapahit runtuh dan Islam mulai masuk.

Saat itu Islam mulai masuk ke bumi Nusantara, terutama di pesisir Jawa.

Banyak yang orang yang belum tahu makna dari tembang Lir Ilir  tersebut, berikut ini kami jelaskan makna dan artinya.

Baca Juga : Chord Kunci Gitar Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet- Lengkap dengan Lirik

Baca Juga : Lirik Lagu Joko Tingkir Wali Jowo - Bahasa Jawa Lengkap

Lirik Lagu Lir iLir- Sunan Kali Jaga

Lir-ilir lir-ilir tandure wis sumilir

Tak ijo royo-royo taksengguh temanten anyar

Bocah angon-bocah angon penekna blimbing kui

Lunyu-lunyu penekna kanggo mbasuh dodotiro

Dodotira-dodotira kumitir bedhah ing pinggir

Dondomana jlumatana kanggo seba mengko sore

Mumpung padhang rembulane

Mumpung jembar kalangane

Ya soraka sorak hore

Artinya :

Bangunlah, bangunlahTanaman sudah bersemiDemikian menghijau bagaikan pengantin baruAnak gembala, anak gembala panjatlah(pohon) belimbing ituBiar licin dan susah tetaplah kau panjatuntuk membasuh pakaianmuPakaianmu, pakaianmu terkoyak-koyak di bagian samping

Jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti soreMumpung bulan bersinar terang,mumpung banyak waktu luangAyo bersoraklah dengan sorakan iya

Maknanya :

Lir-Ilir yang berarti bangkitlah. Hal ini merupakan ajakan untuk bangun. Bangun di sini berupa kesadaran atau ada sesuatu yang harus dihidupkan. Ini juga berarti ajakan untuk sadar bahwa waktu terus berganti, tidak boleh lalai sehingga mengalami kerugian.

Sedangkan makna dari tandure wus sumilir (tanaman sudah mulai bersemi) memiliki makna bertunas yaitu tumbuhan muda yang baru timbul. Makna ini merupakan kehidupan yang makmur dan sejahtera.

Tanaman di sini menunjukan padi yang ketika bertunas akan terlihat subur dan begitu indah ketika melihatnya. Bagi masyarakat Jawa, tanaman padi merupakan sumber rezeki dan kehidupan.

“Karena itu masyarakat Jawa melakukan tradisi wiwitan yaitu ungkapan doa dan syukur atas limpahan hasil panen yang telah diberikan oleh Tuhan Sang Rabbi Ilahi (Sri) yang kemudian dikenal dengan Dewi Sri,” jelas Moh Ainul Yaqin dalam skripsi berjudul Dimensi Spiritual Tembang Lir-Ilir Dalam Semiotika Tasawuf.

Baca Juga : Lirik Lagu Mbah Amer Ngaret Suket - Pengganti Joko Tingkir Ngombe Dawet

Sementara itu makna dari tak ijo royo-royo (bagaikan warna hijau yang menyejukan) memiliki makna kehidupan seperti tanaman padi yang merupakan sumber kehidupan dan simbol warna kejayaan Islam.

Demikianlah informasi tentang Lirik Lagu Lir Ilir Tembang Jawa Sunan Kali Jogo yang sudah kami lengkapi dengan Makna Artinya. Dapatkan teks lagu-lagu lainnya, Klik LIRIK

Posting Komentar untuk "Lirik Lagu Lir Ilir Tembang Jawa Sunan Kali Jogo- Lengkap Makna Artinya"

close
Banner iklan disini