Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Asal Usul, Silsilah Joko Tingkir-Tokoh Besar Jawa Timur Kakek Ke Tiga KH Haysim Asy'ari

Galeri Kitab Kuning | Berikut ini kami bagikan Informasi tentang Sejarah Asal Usul dan Silsilah Joko Tingkir- Seorang Ulama dan Tokoh Besar Jawa Timur Dan Termasuk Kakek Ke Tiga KH Haysim Asy'ari.

Sejarah Asal Usul, Silsilah Joko Tingkir-Tokoh Besar Jawa Timur Kakek Ke Tiga KH Haysim Asy'ari

Baru- baru ini Joko Tingkir mendadak viral usai beredarnya lagu Joko Tingkir Ngumbe dawet.

Lagu tersebut menjadi kontroversial mengingat sosok dalam lagu tersebut merupakan salah satu tokoh dan ulama besar di tanah Jawa. Simak sejarah, silsilah dan asal usulnya berikut ini.

Baca Juga : Lirik Lagu Joko Tingkir Wali Jowo - Bahasa Jawa Lengkap

Baca Juga : Lirik Sholawat Joko Tingkir Ngombe Dawet By Gus Azmi

Sejarah Asal Usul dan Silsilah Joko Tingkir

Merujuk catatan Kiai Ishomuddin Hadziq atau Gus Ishom, menegaskan bahwa Joko Tingkir adalah kakek ke-3 dari KH Muhammad Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Itu berarti Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid adalah generasi ke-6.

Menurut muhaqiq kumpulan karya Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy’ari, Nasab Joko Tingkir bertemu dengan Maulana Ishaq ayah Sunan Giri, salah satu Walisongo yang telah berjasa besar dalam mendakwahkan Islam di Nusantara.

Dalam tahqiq kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim oleh Gus Ishom tercatat silsilah Joko Tingkir sebagaimana berikut:

 أشعري، بن عبد الواحد، بن عبد الحليم الملقب بفاعيران بناوا، ابن عبد الرحمن الملقب بجاكا تيعكير سلطان هادي ويجایا، بن عبد الله، بن عبد العزيز، بن عبد الفتاح، بن مولانا إسحق والد رادين عين اليقين المشهور بسوتن كبري، التبوإيرنجي الجنباني

Artinya, “Mengenal Penulis kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim. Nama dan nasabnya: beliau adalah (1) Muhammad Hasyim bin (2) Asy’ari, bin (3) Abdul Wahid, bin (4) Abdul Halim yang bergelar Pangeran Benowo, bin (5) Abdurrahman yang berjulukan Joko Tingkir dan bergelar Sultan Hadiwijoyo, bin (6) Abdullah, bin (7) Abdul Aziz, bin (9) Abdul Fatah, bin (10) Maulana Ishaq ayahnya Raden Ainul Yaqin yang terkenal dengan gelar Sunan Giri, Tebuireng Jombang. (Ishomuddin Hadziq, Tahqiq Adabul ‘Alim wal Muta’allim, [Jombang, Maktabatut Turatsil Islami: 1415], halaman 3).

Catatan ini secara gamblang menginformasikan bahwa Joko Tingkir yang juga punya panggilan Mas Karebet ini bukan sembarangan.

Baca Juga : Biografi Maulana Habib Luthfi Bin Yahya Pekalongan

Baca Juga : Profil dan Biografi Singkat Prof. Quraish Shihab, Keturunan Nabi Yang Tidak Dipanggil Habib

Jalur nasab ke atas sampai kepada Maulana Ishaq ayah Sunan Giri, sedangkan jalur nasab ke bawah sampai pada Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy'ari, KH Abdul Wahid Hasyim dan Gus Dur.

Bila kita baca data sejarah lebih lanjut, maka akan kita ketahui, Joko Tingkir adalah raja sekaligus pendiri kerajaan Pajang yang memerintah pada rentang tahun 1568 - 1582 dengan gelar Sultan Hadi Wijaya atau Adi Wijaya.

Jasanya sangat besar dalam mendakwahkan Islam di bumi Nusantara. Pun demikian anak cucunya terus berkiprah sampai sekarang.

Demikianlah informasi tentang Sejarah Asal Usul, Silsilah Joko Tingkir-Tokoh Besar Jawa Timur Kakek Ke Tiga KH Haysim Asy'ari, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sejarah Asal Usul, Silsilah Joko Tingkir-Tokoh Besar Jawa Timur Kakek Ke Tiga KH Haysim Asy'ari "

close
Banner iklan disini