Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harlah 1 Abad, NU Gelar Forum R20 Undang Tokoh-tokoh Dunia

Galeri Kitab Kuning | Dalam rangka Harlah 1 Abad NU (Nahdlatul Ulama), PBNU akan menggelar Forum Religion of Twenty (R20) pada 2-3 November 2022 di Bali.
Harlah 1 Abad, NU Gelar Forum R20 Undang Tokoh-tokoh Dunia

Dalam forum ini sejumlah tokoh-tokoh dunia agam turut hadir, antara lain Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus, Pemimpin Persekutuan Anglican Uskup Justin Portal Welby, Uskup Agung Konstantinopel Bartolomeus I, Tokoh Spiritual India Sri Ravi Shangkar, dan Pemimpin Kamboja Raja Norodom Sihamoni.

Forum R20 bertujuan untuk mengajak pemimpin-pemimpin agama di dunia untuk bersama-sama introspeksi dan mencari solusi atas problem keagamaan yang selama ini terjadi.

Ahmad Suaedy, selaku Ketua Panitia Pelaksana R20 menegaskan "NU mengajak seluruh pemimpin agama dunia untuk bersama-sama instrospeksi sekaligus mencari jalan keluar,"

Melalui Forum tersebut, NU berupaya bersama-sama dengan seluruh elemen agama-agama di dunia untuk menemukan jalan keluar atas problem yang selama ini terjadi. 

"NU menyediakan forum untuk merefleksi dan mendorong penyelesaian masalah global. Ingin bersama-sama," tegasnya.

Selama ini, jelas Suaedy, global tren agama itu adalah sekularisasi atau menempatkan agama di ruang privat.

Namun, NU tidak pernah tergoda melakukan, mengikuti apa adanya terhadap agama di ruang privat. Sebaliknya, NU justru sudah sejak lama menempatkan agama juga di ruang publik.

"NU selalu menempatkan agama bukan hanya di ruang privat, tetapi juga di ruang publik," Ujar Dekan Fakultas Islam Nusantara, Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) tersebut.

Sebab, NU mengusung kemanusiaan dan perdamaian global universal. Ada juga agama yang masuk ke ruang publik dengan mendistorsi ruang publik sehingga terjadi ketegangan. NU berada di ruang publik dan memperjuangkan dialog dan perdamaian.

"Meski demikian, NU dengan Aswajanya masih ada masalah dalam paham keagamaan yang perlu diselesaikan," katanya. (red)

Sumber : https://www.nu.or.id/

Posting Komentar untuk "Harlah 1 Abad, NU Gelar Forum R20 Undang Tokoh-tokoh Dunia"

close
Banner iklan disini