Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi KH. Marzuki Mustamar, Mantan Ketua PWNU Jatim

Galeri Kitab Kuning | Kabar mengejutkan datang dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, yang terkesan tiba-tiba memecat Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Marzuki Mustamar. berikut biografi Mantan ketua PWNU Jatim tersebut.

Biografi KH. Marzuki Mustamar, Mantan Ketua PWNU Jatim

KH Marzuki Mustamar, lahir di Blitar, Jawa Timur pada 22 September 1966, adalah anak dari KH Mustamar dan Nyai Hj. Siti Zainab. Sejak kecil, beliau dididik dengan ketat dalam ilmu agama oleh kedua orang tuanya. Di bawah bimbingan mereka, beliau mulai mempelajari Al-Qur'an dan dasar-dasar agama.

Setelah menyelesaikan SMP Hasanuddin, beliau melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri Tlogo Blitar. Pada usia muda, beliau beruntung mendalami ilmu agama dari beberapa kyai di Blitar, seperti ilmu balaghoh dan mantek dari Kyai Hamzah, fikih dari Kyai Abdul Mudjib, dan hadis dari Kyai Hasbullah Ridwan. Bahkan semasa di bangku Aliyah, beliau telah menyelesaikan khatam kitab Hadits Muslim dan beberapa kitab lainnya.

Pendidikan selanjutnya diteruskan ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Malang, yang sekarang menjadi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Di sana, beliau mengambil jurusan Perbandingan Mazhab dan meraih gelar Sarjana Muda pada tahun 1990, dilanjutkan dengan gelar Sarjana pada tahun 1993.

Baca Juga :

Profil dan Biografi Singkat Prof. Quraish Shihab, Keturunan Nabi Yang Tidak Dipanggil Habib

Setelah itu, beliau melanjutkan ke jenjang Pascasarjana di IAIN Malang, meraih gelar Magister dalam Ilmu Falak pada tahun 2000, dan gelar Doktor dalam Ilmu Ushul Fiqih dari Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 2011.

Kiprah Organisasi NU

Di samping kegiatan akademis, KH Marzuki Mustamar juga aktif dalam berbagai organisasi keagamaan. Beliau menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang selama dua periode dan Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur pada periode 2018-2023.

Selama menjabat sebagai Ketua PWNU Jawa Timur, beliau berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan dakwah NU di wilayah tersebut serta terlibat dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.

KH Marzuki Mustamar dikenal sebagai ulama yang tegas, berwibawa, dan peduli terhadap umat. Beliau telah menerima beberapa penghargaan, termasuk "Tokoh Perubahan" dari majalah Tempo tahun 2019, "Tokoh Inspiratif" dari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2020, dan "Tokoh Berdedikasi" dari Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2021.

Kehadiran KH Marzuki Mustamar memberikan kontribusi besar bagi kemajuan Nahdlatul Ulama dan Indonesia secara keseluruhan.

Posting Komentar untuk "Biografi KH. Marzuki Mustamar, Mantan Ketua PWNU Jatim"

close
Banner iklan disini