Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariat. Tips Agar Shalat Menjadi Khusyu’

#Konsultasi, Syariat. Tips Agar Shalat Menjadi Khusyu’
Khusyu' Dalam Shalat


Seorang muslim sejati pasti dalam shalatnya ingin sekali khusyu’, tapi,  apa daya setiap usaha yang maksimal tidak terjadi kekhusyuan yang di harapkan, malah sebaliknya.

melakukan khusyu’ dalam shalat sangatlah berat, Namun, kalau seseorang berusaha untuk khusyu’ pastinya banyak yang bisa, maka inilah yang haruskan di lakukan yaitu berusaha untuk khusyu’.

Banyak hal yang harus di lakukan agar shalatnya seorang hamba bisa khusyu’ di antaranya:

Yang pertama seorang hamba ketika shalat di anjurkan memandang ke tempat sujud, agar hati tetap tenang dan pikiran pun juga demikian.  tips ini memudahkan seorang hamba untuk  konsentrasi dalam shalat, sebaliknya kalau seorang hamba menioleh ke kanan, kekiri dan ke atas, maka sudah barang tentu dalam shalatnya tidak khusyu’, bahkan kalau tanpa adanya hajat, maka di larang.

Yang kedua memahami kandungan makna dari ayat satu, ke ayat selanjutnya, dalam kandungan makna ayat yang di fahami itu bisa  membantu memusatkan pikiran dan hati di hadapan Allah Swt, dengan begitu hati dan pikiran akan selalu fokus dan berusaha untuk memahami kandungan ayat, dampak dari fokusnya pikiran dan hati akan timbul sebuah ketenangan dan ketentraman dalam shalat.

Yang ketiga  harus tenang jangan tergesah dalam melakukan shalat, sebab kalau seseorang tergesa-gesa dalam melakukan shalat maka shalatnya tidak akan khusyu’. pikiran kemana-kemana, hati tidak tentram, nafas tersendat-sendat.

Lalu bagaimana kalau kita sudah menjalankan 4 hal di atas ini. Namun belum bisa untuk khusyu’ dalam shalat. Sedangkan ada keterangan kalau shalat tidak khusyu’ shalatnya batal.




Sikap seperti ini banyak terjadi  saat ketinggalan rakaat shalat, untuk itu tenang saja, walapun ketinggalan rakaat shalat. Sabda Nabi Muhammad Saw,” Sikap perlahan itu dari Allah Swt, sedangkan sikap tergesa-gesa datangnya dari Syeithan”.

Keempat Merasa di awasi oleh Allah Swt, bentuk ini membantu kita untuk menghadrikan kekhusyu’an dalam shalat. Pastikan dalam benak kesadaran kita, Allah Swt selalu mengawasi dalam gerakan dan dalam hati kita. Kalau seseorang merasa di awasi oleh Allah Swt, maka seorang hamba akan semakin tawadlu’, tenang, tentram dan akan meraih kekhusyu’an itu.

Setiap muslim yang mendirikan shalat akan menjadi manusia yang paling baik akhlaknya, sebagaimana yang selalu di munajadkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw, agar selalu di hiasi dengan akhlak yang mulia dan terpuji, sebab, keutamaan dan kemuliaan akhlak yang baik adalah kunci sukses seorang muslim dalam menempuh kehidupan.

Selain itu, hikmah yang dapat kita ambil dari shalat yang khusyu dalam kehidupan sehari-hari, yaitu membantu kita untuk menjadi hamba yang memiliki sifat lemah lembut, rendah hati, dan lebih memahami bagaimana berinteraksi dengan baik dengan sesama manusia.

Seyangnya banyak hamba yang shalatnya jauh  dari kata khusyu’ shalat hanya di lakukan untuk memenuhi kewajiban saja, termasuk sulitnya mengerjakan shalat di awal waktu.

Namun, kita amat sedih menyaksikan seorang muslim rajin beribadah tapi juga rajin melakukan kemaksiatan. Bahkan sangat terbiasa dengan  berbagai macam perbuatan keji dan mungkar, hal ini terjadi sebab shalatnya yang tidak khusyu’.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat untuk kita semua.





Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariat. Tips Agar Shalat Menjadi Khusyu’"

close
Banner iklan disini