#Konsultasi Syariah. Penjelasan Lengkap Seputar Hewan Kurban



Galeri Kitab Kuning. Hari Raya Idul Adha tinggal 22 hari lagi itu artinya penyembelihan hewan qurban sudah semakin dekat, apakah sahabat sudah punya niatan untuk berkurban atau hanya sebagai penikmat dagingnya saja.

Kata-kata kurban dalam bahasa arab di namakan Al -Uhdhiyah menurut ahli fikih Udhiyah  merupakan penyembelihan hewan yang sudah di tentukan oleh syara' dan di laksanakan pada waktu tertantu


Baca Juga: Teks Lengkap Wirid Hizib Nashor Susunan Syeikh Abu Hasan As-Syadily


Nah, sebagai penyemangat Perlu di ketahui bahwa berqurban itu pahalanya sangat besar sehingga sangat merugi jika hari raya Idul Adha nanti sahabat tidak mengeluarkan hewan untuk di jadikan kurban. apakah sahabat perlu tahu rahasia pahala yang di janjikan oleh Allah Swt untuk orang yang berkurban.

Berikut pahala-pahala yang di janjikan oleh Allah Swt.


Pahala yang Pertama sebelum penyembelihan yakni ketika orang berniat membeli sapi yang di gunakan untuk berkurban maka setiap langkahnya menuju pembelihan hewan tersebut di catat sebagai 10 kebaikan dan di hilangkan 10 keburukan serta akan di naikkan derajatnya.

Pahala yang keDua ketika seorang pembeli dan penjual mengadakan akad transaksi, maka setiap pembicaraannya mendapat pahala membaca tasbih, uang yang di jadikan alat pembeli akan di lipat gandakan menjadi 700 kali lipat.

Pahala yang ke Tiga ketika hewan kurban di tidurkan untuk di sembelih, maka semua makhluk Allah swt saling berebut untuk memintakan ampunan kepada orang yang berkurban sampai hari kiamat.

Pahala yang ke Empat yang di janjikan oleh Allah Swt, Setiap tetesan darah kurban akan menjadi 10 malaikat, yang mana malaikat tersebut akan senantiasa memintakan ampunan kepada orang yang mengeluarkan hewan kurban tersebut.

Pahala yang ke Lima yang di janjikan oleh Allah Swt, bahwa Setiap daging kurban di bagikan kepada fakir miskin kemudian di konsumsi daging tersebut, maka pahalanya seperti halnya memerdekakan budak anak cucu Nabi Isma'il.

Pahala yang ke Enam ketika hewan kurban sudah di sembelih, ketahuilah bahwa hewan kurban tersebut kelak akan datang kepada kita, sebagai saksi mulai darah, daging, tanduk kuku, maka dari itu sangat bahagia orang-orang yang mengeluarkan hewan kurban.

Ke Enam pahala di atas ini merupakan pahala yang di janjikan oleh Allah Swt  bagi orang-orang yang mengeluarkan hewannya untuk di jadikan hewan kurban dengan niat semata-mata mengharap ridlo dari Allah Swt.

Agar pahala berkurban semakin besar dan tak terbatas, maka lakukan hal berikut ini, yang belum pernah di lakukan oleh orang lain


Baca Juga: Na'udzubillah. 6 Dosa Besar Yang Tidak Di Terima Taubatnya


Ketika memasuki Tanggal 10 Dzulhijjah tidak di anjurkan memotong kuku, memotong jangkut dan kumis sampai hewan yang di jadikan kurban di sembelih.

Apakah ada syarat tertentu tentang batasan jumlah orang yang berkurban untuk satu ekor hewan kurban, dalam kasus ini, untuk Satu ekor kambing hanya boleh untuk satu orang saja. Sedangkan untuk satu ekor unta dan lembu boleh untuk tujuh orang.

Dalil ini bersumber dari Hadist Nabi Muhammad Saw yang artinya, “Kami menyembelih hewan Kurban bersama Rasulullah SAW pada tahun Hubaibiyah; satu ekor unta untuk tujuh orang dan satu ekor lembu untuk tujuh orang”. (HR. Muslim).

Demikianlah artikel yang dapat kami bagiakn semoga sahabat semua bisa mengambil manfaat. aminn













Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Facebook comments

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon