#Konsultasi Syariah. 3 Ciri Orang Munafik. No 2 Sering Orang Salah Faham



Galeri Kitab Kuning. Islam termasuk agama yang di ridloi oleh Allah Swt dan juga agama yang di amanahkan langsung kepada Nabi Muhammad Saw.

Umat islam pada zaman Rasulullah Saw hanya memiliki musuh nyata yakni kaum kafir, Namun, dengan banyak umat islam yang masuk, ternyata musuh Rasulullah Swt bertambah menjadi satu yakni kaum Munafik.

Perbedaan kaum kafir dengan orang munafik, kalau orang kafir terang-terangan memusuhi bahkan sampai ingin membunuh Nabi, sedangkan orang munafik mereka memiliki wajah dua, ketika ia sedang terdesak keselamatanya dengan lidah halusnya ia merucap aku islam.


Baca Juga: Hukum Memberi Nama Pada Anak Yang Baik Sesuai Syariat


Sedangkan ketika umat islam ingin berperang dengan orang kafir atau bahkan mengalami kekalahan, orang munafik ini lari atau bahkan ingin menghancurkan kesatuan umat islam seperti mengadu domba, menyebarkan berita bohong dan memberitahukan siasat perang terhadap musuh.

Sebenarnya Munafik itu ada dua kategori yang pertama munafik dalam segi pekerjaannya yang kedua munafik keyakinannya, menafik yang kedua ini yang terjadi pada zaman nabi seperti memeluk agama islam dengan tujuan ingin nyawa selamat serta ingin menghanjurkan umat islam dari dalam.

Munafik I’tiqadi (keyakinan) masuk  munafik besar, di mana pelakunya menampakkan keislaman, tetapi menyembunyikan kekufuran. Jenis munafik ini menjadikan pelakunya keluar dari agama.

Munafik Fi'li (perbuatan) adalah  melakukan sesuatu yang merupakan perbuatan orang-orang munafiq, tetapi masih ada iman di dalam hati. munafik jenis ini tidak mengeluarkannya dari agama

Apakah orang munafik sekarang ada, sebelum membahas ada dan tidaknya, yang kita harus ketahui adalah ciri-ciri orang munafik seperti apa, kalau ciri-ciri trsebut melekat pada orang, tanpa kita jelaskan sahabat sudah tahu, Namun, ada dari salah satu 3 ciri orang munafik, masyarakat salah memahami

Nah, agar tidak terjadi salah pemahaman alangkah baiknya kita sama-sama simak artikel berikut ini semoga bermanfaat.

3 Ciri Orang Munafik


a. Berbicara Selalu Bohong


ciri-ciri orang munafik ketika berbicara selalu berbohong, dengan artian memang punya niatan untuk berbohong tanpa alasan tertantu, berbeda ketika berbohong dengan tujuan yang di benarkan oleh Syara; seperti untuk mendamaikan dua orang yang bertikai. menyenangkan hati istri dan lain sebagainya.

Kebohongan yang di mulai sejak usia kanak-kanak, maka ketika remaja kebohongan itu akan terus melekat, akan sukar sekali untuk menghilangkan, maka dari itu ajarkan anak sejak dini pentingnya berbicara jujur dan kebohongan akan membawa bencana, baik untuk dirinya dan orang lain.


b. Berjanji Selalu Ingkar


Ketika seorang berjanji dengan sahabatnya, lalu ia mempunyai keinginan untuk mengingkar terhadap janji yang ia buat sendiri, maka orang jenis ini termasuk dalam kategori munafik.

kalau berjanji dengan sahabatnya lalu tidak bisa menepati janjinya dengan alasan yang dapat di benarkan seperti sakit, ada hal yang lebih penting, maka orang jenis ini tidak termasuk dalam kategori munafik.


Baca Juga: Hukum Membakar Al-Qur'an Yang Rusak, Demi Menjaga Kemulyaan


Kebanyakan masyarakat salah faham untuk memperjelas ciri-ciri yang kedua ini, maka dari itu admin Galeri Kitab memperjelas ciri-ciri orang munafik khususnya ciri yang kedua ini.


c. Di Beri Amanah Selalu Khianat


Contoh amanah ialah seseorang yang di percayai oleh orang lain untuk untuk membawa benda, lalu orang tersebut menjalankan sesuai amanah yang ia dapatkan, maka orang jenis ini melakuakan amanah ini dengan baik.

Sebaliknya orang yang di percaya untuk membawa benda atau tanggung jawab, lalu ia dengan sengaja tidak menjalankan sesuai amanah yang ia dapat, maka orang seperti ini termasuk ciri-ciri orang munafik.

Kalau tidak ada kesengajaan maka tidak termasukkk dalam kategori di atas ini.


Baca Juga: Kisah Ya'jud Dan Ma'jud, Tembok Pembatas Sudah Mulai Terbuka


Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga bisa memberi kemanfaatan bagi semuanya. aminnn...


Info Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning ConversionConversion EmoticonEmoticon