Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#Konsultasi Syariah. 7 Manfaat Perut Lapar Prespektif Ulama Tasawuf



Manusia termasuk salah satu ciptaan Allah Swt yang sempurna, kesempurnaan itu karena Allah Swt memberikan akal pikiran yang tidak di miliki oleh makhluk lain, untuk itu kita harus bersyukur kepada Allah Swt.

Selain akal pikiran Allah Swt juga menciptakan perut bagi manusia, fungsinya untuk menampung segala macam organ tubuh bagian dalam, menampung makanan dan minuman.




Semakin banyak makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut yang menyebabkan perut menjadi kenyang, perlu di ingat semua itu termasuk salah satu faktor penyebab tubuh malas untuk beribadah, pikiran terganggu, selalu mengantuk, nafsu memuncak.

Sebaliknya kalau perut dalam keadaan lapar, maka akan timbul  berbagai macam manfaat bagi tubuh, berikut Manfaat Perut Lapar yang perlu di ketahui:\

Membersihkan Hati


Ketika seorang perutnya dalam keadaan lapar, maka hatinya akan bersih, dalam artian mudah sekali di ajak ke jalan kebaikan semisal, untuk menghafal mudah, shalat, sedekah juga di permudah. karena hati bersih

Hinanya Hati


Lapar menjadikan manusia banyak memperoleh kebaikan seperti yang kedua ini yakni hinanya hati, dalam artian hati tidak memiliki kuasa untuk takabur, dengki atau hasut. Hati selalu merasa hina, tawadlu' 


Terjaganya Syahwat


Perut dalam keadaan lapar akan menghambat syahwat atau keinginan seseorang seseorang untuk melakukan pelanggaran, oleh karena itu ulama tasawuf menganjurkan bagi umat islam untuk melaith diri agar tidak terlalu kenyang, agar syahwat bisa di kendalikan.

Nabi Muhammad Saw juga menganjurkan umatnya untuk tidak makan terlalu kenyang, alasannya agar syahwat tidak melemahkan ibadah kita kepada Allah Swt dan juga tidak mengajak untuk melanggar.

Hilangnya Rasa Ngantuk


Kita semua pasti sudah pernah mengalami, bahkan sering, terutama ketika bulan puasa, mau berbuka telah menyiapkan berbagai macam hidangan, setelah berbuka dan hidangan yang di siapkan habis, pasti setelah itu maka mengantuk dan malas melakukan ibadah.

Sebaliknya kalau kita mengkonsumsi makanan tidak terlalu mengenyangkan perut, maka badan terasa ringan dan  mudah mengajak hati untuk melakukan aktifitas.

Lemasnya Hati


Manfaat perut lapar  yakni lemasnya hati, dalam artian hati mudah menerima nasihat dari orang lain, tidak angguh dan juga tidak egois.

Oleh karena itu perut dalam keadaan lapar sangat berguna, mudah menerima nasihat, selalu instropeksi diri dan mudah menyalahkan orang lain.

Manfaat Lapar Untuk Otak


Ketika perut lapar syahwat terbelunggu dan menjadian tubuh mudah menggerakan ke jalan yang positif semisal rajib beribadah wajib atau sunnah, mudah untuk menghafal dan belajar.

Nah dengan kondisi seperti bisa menjernihkan otak, dalam artian mudah mengingat atau menghafal pelajaran yang sudah di ajarkan oleh gurunya.

Serta pola pikir akan cenderung ke arah yang positif ketika peut menjadi lapar, seperti selalu positif thingking kepada siapapun.





Nah, dengan begitu Lapar Itu Baik sekali bagi manusia terutama pada bagian  tubuh seperti hati, otak, tujuan semua ini agar manusia bisa menjalan kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan semoga bisa memberi kemanfaatn bagi sahabat semua.aminn

Posting Komentar untuk "#Konsultasi Syariah. 7 Manfaat Perut Lapar Prespektif Ulama Tasawuf"

close
Banner iklan disini