Minggu, 06 Januari 2019

Contoh Khutbah Jumat Jumadil Awal : Tiga Pelajaran Penting Dari Bencana Alam

Contoh Teks Khutbah Jumat - Di muka bumi ini Manusia sejatinya adalah khalififah, yang diberi kemampuan oleh Allah swt. untuk merawat, mengelola dan mendaya gunakan bumi dengan sebaik-baiknya.

Khutbah Jumat Jumadil Awal : Tiga Pelajaran Penting Dari Bencana

Jika dia sebagai khalifah justru tidak mumpu mengemban tugas tersebut, maka ragam musibah dan bencana akan datang sebagai hukum alam yang sulit  untuk mengelakkannya. Hal ini sebagaimana terekam dalam Surah al-Ruum, Ayat 41.

Ilustrasinya, demikian, jika ada seseorang membakar dan membabat habis hutan, maka yang terjadi selanjutnya adalah banjir besar yang bisa menghancurkan orang kebahagiaan orang lain.

Memang tidak semua bencana alamat disebabkan oleh ulah manusia, seperti terekam dalam beberapa ayat berikut, 

  1. Angin yang tadinya mendistribusi awan disebutkan dalam surah al-Baqarah/2 ayat 164, kmeduian menyebabkan penyerbukan dalam dunia tumbuh-tumbuhan Surah al-Kahfi/18 Ayat 45, Namun tiba-tiba tampil begitu ganas memorak-porandakan segala sesuatu yang dilalewatinya Surah Fushshilat/41 Ayat 16.
  2. Kondisi Gunung-gunung yang tadinya sebagai pasak bumi - Surah  al-Naba'/78 Ayat 7, Namun tiba-tiba memuntahkan debu, lahar panas, dan gas beracun - Surah al-Mursalat/77 Ayat: 10


Bencana dan Musibah seperti ini merupakan ujian bagi kita semua sebagai Umat Manusia, karena bencana tersbut telah melanda tidak hanya atas orang yang berdosa, namun juga bagi orang yang beriman.

Secara umum, cara kerja Siksaan / Azab Allah swt di dalam Al-Quran hanya menimpa orang-orang yang durhaka, bukan pada  orang-orang yang shaleh dan taat padaNya. 

Sebaliknya cara kerja mushibah, dan ujian tidak membedakan antara orang-oeang yang berdosa, durhaka, dan orang-orang shaleh dan beriman.

Diakui atau tidak, musibah merupakan keniscayaan yang melanda semua manusia, dari generasi awal hingga sekarang. 
Baik bersekala kecil atau perorangan maupun bersekala besar, atau kelompok. Perasaan was-wasa, takut, lapar, kehilangan jiwa, harta, senantiasa menjadi imbas dari musibah tersebut.

Sehingga dibituhkan nasehat, motivasi, dukungan, baik kepada yang sedang terkena musibah / bencana, agar mereka dapat kembali bangkit, sabar, serta mau menatap masa depan lebih baik. Bukan sebaliknya, membuat mereka justru semakin terpuruk.

Juga perlu adanya nasehat bagi orang-orang yang tidak terkena musibah, agar dapat instrospeksi, menumbuhkan rasa empati antar sesama, saling membantu dan gotong royong.

Jika anda memerlukan bantuan contoh atau teks khutbah atau materi ceramah yang berkaitan dengan kondisi masyarakat khususnya pada masa-masa yang banyak terjadinya bencana alam ini, berikut kami rangkum informasinya untuk anda.

Contoh Khutbah Jumat, Tema Pelajaran Penting Dari Bencana Alam

Perl;u diketahui bahwa contoh teks  khutbah jumat di bawah ini, kami ambil dan rangkum dari beberapa sumber kredibilitas [sumber kami cantumkan dalam file], dan bisa anda gunakan untuk materi ceramah di beberapa acara keagamaan.
BACA ONLINE?:
Jika anda ingin download teks khutbah jumat tersebut, dan ingin mencetak/ ngeprint langsung, silahkan download saja secara lengkap, klik DISINI

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning
EmoticonEmoticon