Download Kitab versi PDF, dan Informasi Islam

Kitab Adabud Dunya Wad Din Karya Imam Mawardi, Tentang Konsep Pendidikan Islam

Dalam dunia pendidikan Islam, banyak sekali tokoh Islam yang bisa dijadikan rujukan, antara lain Imam Ghazali, dan Imam Mawardi.

Kitab Adabud Dunya Wad Din Karya Imam Mawardi

Selain Kitab Ahkamu Sulton, Imam Mawardi juga mengupas tuntas konsep pendidikan dalam sebuah karya agung berjudul Adabu Dunya Wad Din.

Meski tidak secara tersurat beloiau mengupoas definisi pendidikan itu sendiri, beliau lebih cenderung membahas konsepnya dari segi etika seorang manusia dalam membangun relaisi sosial kemasyarakatan.

Sekilas Tentang Kitab Adabu Dunya Wad Din

Kitab yang ditulis Oleh Imam Mawardi ini berisi tentang konsep pendidikan Islam. yang didalamnya belioau membahas tentang etika manusia dalam membangun kehidupan di dunia, baik yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan maupun urusan agama, dalam rangka mencapai kebahagiaan dunia dan akherat.

Dalam konteks ini Al-Mawardi tampaknya menghendaki bahwa dalam melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan ataupun sosial kemasyarakatan, manusia harus disertai dengan prilaku sosial yang yang santun (al-akhlak al-karimah).

Kesantunan prilaku sosial ini menurut Al-Mawardi akan terbentuk ketika manusia mampu memaksimalkan potensi akalnya dalam mermbaca fenomena alam dan ayat-ayat tuhan yang ada dilingkungan sekitarnya.

Al-Mawardi dalam membahas setiap detil dari kajian kitab ini menggunakan pendekaan yang menggabungkan antara pendekatan rasional dan pendekatan nas-nas Al-Qur’an dan Hadits.  Hal ini bisa dipahami dengan posisi Al-Mawardi sebagai seorang Ahli Fiqih bermazhab Syafi’i.


Sebagaimana diketahui, bahwa Asy’syafi’i adalah seorang tokoh pemikir fikih yang menggabungkan dua metode dalam menentukan pemikiran mazhabnya. 

Metode yang dimaksud adalah metode istidlal dengan nas-nas Al-Qur’an dan Hadits dan metode
berpikir rasional.

Sebagai seorang Ahli Hadits dengan pola pikirnya ini, As-Syafi’i sebenarnya dipengaruhi oleh pola pikir gurunya yaitu imam Malik bin Anas, Sedangkan pola pikir rasionalnya dipengaruhi oleh pola pikir dari mazhab Hanafiyah.

Selain itu Asy-syafi’i hidup pada masa kejayaan Mu’tazilah, sehingga pada waktu itu teologi Mu’tazilah ini menjadi ideologi negara dan pola pikir rasional mejadi berkembang pada masa itu, dengan ditandai munculnya para filosof dan ahli saint. 

Pergumulannya dengan penganut Mu’tazilah ini juga dimungkinkan memberikan sumbangsih pemikiran dalam diri beliau yang membuatnya menerima pola pikir rasioanal dalam metode berfikirnya. Disini agaknya Al-Mawardi benarbenar seorang Penganut Mazhab Syafi’I yang setia.

Perlu digaris bawahi, bahwa kitab Adab ad-Dunya wa ad-Din dinilai sebagai kitab yang amat bermanfaat.

Kitab ini pernah ditetapkan oleh kementrian pendidikan di Mesir sebagai buku pegangan di sekolah-sekolah tsanawiyah selama lebih dari 30 tahun. Selain di Mesir, Bahkan kitab ini diterbitkan pula beberapa kali di Eropa.

Sementara itu ulama Turki bernama Hawais Wafa Ibn Muhammad Ibn Hammad Ibn Halil Ibn Dawud Al-Zarjany pernah mensyarahkan kitab ini dan diterbitkan pada tahun 1328.

Menurut perkiraan sejarah, Al-Mawardi memberi judul kitab ini dengan judul Al-Bughyah Al-Ulya. Tetapi kemudian Kitab ini dikenalkan dengan nama Adab Addunya Wa Ad-din ketika dicetak dieropa oleh para pencetak buku.

Kandungan Kitab Adabu Dunya Wad Din

Secara keseluruhan kitab Adab Ad-dunya Wa Ad-din terdiri dari lima bab yang sebagian membahas tentang etika dan kualitas keberagamaan serta kiat-kiat dalam usaha mewujudkan hal tersebut, dan sebagian membahas tentang etika kehidupan sosial kemasyarakatan. 

Pembahasan Tersebut dibahas dengan pendekatan ilmiyah falsafi dan pendekatan nas-nas Al-Qur’an dan Hadits.

Gaya penulisannya ini menurut Hawais mempunyai karakteristik yang sama dengan model pemikiran Ibn Khaldun dalam kitab Muqoddimahnya.

Nah apakah anda berminat membaca, mengkaji dan memiliki kitab ini dalam bentuk file? silahkan unduh pada link di bawah ini.

عنوان الكتاب : أداب الدنيا والدين
التأليف : علي بن محمد بن حبيب الماوردي الشافعي

Nama Kitab : Adabu Dunya Wad Din
Penulis : Ali bin Muhammad bin Habib al-Mawardi
Penerbit : Dar Minhaj
Halaman : 768
File : PDF
Ukuran : 21 MB
Sumber : MAKTABANA

0 Komentar untuk "Kitab Adabud Dunya Wad Din Karya Imam Mawardi, Tentang Konsep Pendidikan Islam"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

Back To Top