Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Kitab Ilmu Balaghah PDF

Galeri Kitab Kuning - Siapa yang tidak kenal dengan Balaghah? bagi sebagian kalangan mungkin ilmu balaghah masih dianggap asing. Namun tidak bagi kalangan pesantren. Mayoritas pondok pesantren memiliki materi pembelajaran Ilmu Balaghah. Sampai-sampai ada anggapan, Pondok Pesantren tidak afdhol jika Ilmu Balghah tidak diajarkan.
Kumpulan Kitab Ilmu Balaghah PDF

Ilmu Balaghah sendiri sebenarnya memiliki tiga pembahasan utama, yakni Ilmu Ma'ani, Ilmu Bayan dan Ilmu Badi'. Ketiga pembahasan ini masing-masing juga memiliki cabang pembahasan dengan karakteristik sebagai berikut :

1. Ilmu Ma'ani
Secara umum Ilmu Bayan ini membahas tentang kalimat atau susunan kalimat yang memiliki makna, agar sesuai dengan kondisi penggunaan jumlah tersebut. Setidaknya ada beberapa sub pembahasan dalam Ilmu Bayan ini, antara lain, Kalimat berita dan Insya', Keadaan Susunan Kalimat Berita, Keadaan Hal-hal yang berkenaan dengan kalimat bermakna pekerjaan, Cara Meringkas, Pemisah dan Penghubung, Kalimat Ringkas, Kalimat berlebihan atau kalimat yang sesuai dengan porsi maknanya.

2. Ilmu Ma'ani
Merupakan Ilmu yang membahas tentang cara atau metode dalam mengungkapkan kalimat dari satu makna. Pembahasan tentang Ilmu Bayan ini setidaknya mencakup beberapa sub pembahasan, antara lain, Proses Menyamakan [Tasybih], sampai permasalahan tentang Majaz [Retorika], dan perumpamaan.

3. Ilmu Badi'
Ilmu Badi', merupakan ilmu yang membahas cara mempercantik dan memperindah bahasa yang digunakan. Biasanya Ilmu Badi' ini diterapkan pada sebuah syair. Terdapat beberapa pembahasan dalam Ilmu Badi' ini, antara lain, tentang sajak, Kesesuaian Makna, Lafadz dan Kondisi. dan lain sebagainya.

Terdapat banyak sekali kitab-kitab yang membahas tentang Ilmu Balaghah, maupun sub pembahasannya. Berikut ini Kumpulan Kitab Ilmu Balaghah PDF, yang bisa didapat dengan gratis:

1. Balaghah al-Arabiyyah : Karya Dr. Muhammad Barakat Hamdi Abu Ali
2. al-Balaghah al-Aliyah : Karya Abdul Muta'al al-Sho'idi
3. al-Balghah al-Isthilahiyyah : Karya Abduh Abul Aziz Qaliqah
4. al-Balaghah al-Wadhihah : Karya Ali al-Jarim dan Mustafa Amin
5. Nahju al-Balaghah : Karya Sayyid al-Murtadho

Dan masih banyak lagi, silahkan klik pada link berikut ini untuk mendapatkan lebih banyak lagi Kumpulan Kitab Ilmu Balaghah PDF. [sumber Maktabana]

Demikian informasi yang bisa dibagikan tentang kitab-kitab yang membahas tentang Ilmu Balaghah semoga bisa menambah pengetahuan dan semoga bermanfaat. [admin]

6 komentar untuk "Kumpulan Kitab Ilmu Balaghah PDF"

  1. alhamdulillah kitabnya bermanfaat gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. semoga kumpulan kitab balaghah ini bermanfaat kang

      Hapus
  2. izin download pdf nya ya...
    terimakasih..

    BalasHapus
  3. Saya ijin download semua nya ya kang semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. Terimakasih sudah menshare kitab-kitab secara online ini sangat membantu saya mendapatkan referensi dalam belajar..

    BalasHapus
  5. terimakasih atas kitab kitab nya
    ini sangat bermanfaat
    mohon ijin download!😁

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini