Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Lengkap

Download Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Lengkap

Galeri Kitab Kuning - Berbicara tentang hadits berarti kita membicarakan sumber hukum ke-dua setelah al-Quran. Keberadaan hadits sebagai penjelas bagi al-Quran, disisi lain juga sebagai pembatas terhadap cakupan hukum dalam al-Quran. Kajian demi kajian senantiasa berkembang dari abad-keabad, seperti halnya al-Quran sebagai sumber hukum Islam yang pertama.

Ketika Rasulullah saw. masih hidup, memang penulisan hadits dilarang, hal ini sebagai upaya untuk menjaga keotentikan al-Quran, agar tidak terkontaminasi dengan selainnya. Namun, bukan berarti hadits tidak mendapatkan tempat istimewa dalam diri sahabat. Banyak diantara mereka yang tetap menghafal sejumlah besar hadits Rasulullah saw. 

Khalifah Umar bin Abdul Aziz, sebagai salah satu Khalifah pada dinasti Umayyah, diyakini sebagai pelopor penulisan dan kodifikasi hadits pertama kali. Walaupun penulisan hadits tersebut beluam dilakukan filter terhadap hadits Shahih dan Dhoif, namun jasa beliau tidak dapat diragukan lagi, sebagai sumbangsih besar atas keberlangsungan ajaran Islam. 

Selanjutnya pada abad berikutnya muncullah para ahli kodifikasi hadits, seperti Imam Bukhari dan Imam Muslim dengan kitab mereka masing-masing yang sngat terkenal. Serta dilanjutkan beberapa ulama yang mengikuti jejak langkah Bukhari dan Muslim, hingga akhirnya kumpulan kitab matan hadits tersebut biasa disebut dengan Kutubu al-Sittah (Enam Kitab Matan Hadits). 

Apakah anda berminat untuk mendapatkan keenam kitab tersebut? silahkan kunjungi Download Kutub Sittah [Enam Kitab Hadits] Gratis

Namun umat Islam ada saat itu tentu tidak cukup hanya memahami hadits dari makna secara kebahasaan belaka, hingga akhirnya muncullah sejumlah ulama yang menulis berkenaan dengan penjelasn hadits yang dimuat kitab tersebut. Salah satunya adalah kitab Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari yang ditulis oleh Ibnu Hajar al-'Asqalani.

Biografi Singkat Ibnu Hajar al-'Asqalani
Mungkin sebagian kita sering mendengar nama Ibnu Hajar al-'Asqalani, namun beluam tentu kita mengetahui lebih jauh siapa beliau sebenarnya. betul kan? Ibnu Hajar al'Asqalani, merupakan ulama besar bermadzhab Syafi'i, seorang mufti mesir. Beliau memiliki nama asli Ahmad bin Ali bin Hajar al-'Asqalani, beliau lahir pada 773 H, dan wafat pada 852 H. Beberapa gelar kehormatan yang disandang oleh beliau antara lain Syaikhul Islam, al-Hafidz al-Muthlaq, dan Amirul Mukminin dibidang hadits. Adapun julukan yang terkenal antara lain, Syihabuddin, dengan alam kunyah berupa Abu al-Hasan.

Kehidupan Ibnu Hajar al-'Asqalani di Mesir, secara tidak langsung membantu dalam pembentukan struktur keilmuannya. Mesir yang pada saat itu menjadi salah satu kota rujukan keilmuan para ulama [dan kota syam di daerah lainnya], setelah runtuhnya Baghdad pasca penyerangan bangsa Tartar. Kecerdasan dan keluasan ilmu Ibnu Hajar khususnya dibidang hadits, memiliki tempat tersendiri dikalangan para ulama, dan termasuk kategori ulama yang sangat disegani.

Sinopsis Singkat Kitab Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari
Kitab Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari, mungkin salah satu karya monumental Ibnu Hajar al-'Asqalani yang sangat terkenal. Kitab ini sebegai penjelas dari kitab Matan Hadits Shahih Bukhari. Walaupun terdapat kitab lain yang menjadi syarah  Shahih Bukhari, namun kitab ini terhitung istimewa. Selain penggunaan bahasa yang lugas dan mudah dipahami, analisa yang dipaparkan oleh pengarangnya mencakup berbagai aspek. Mulai dari segi kebahasaan atau gramatika, sampai pandangan para ulama fuqaha' dan Ahli Kalam, juga tidak luput dari tulisan dan kutipannya. Dan yang menarik adalah, seringkali Ibnu Hajar tidak memposisikan diri pada satu pendapat, namun beliau lebih memilih mengeksplor pendapat-pndapat yang ada.

Berkenaan dengan Kitab Shahih Bukhari, jika para pembaca ingin mendownloadnya, silahkan menuju link berikut ini : Download Kitab Shahih Bukhari PDF

Selain juga menuliskan perawi dari hadist secara lengkap, dibeberapa kesempatan beliau juga menilai sebuah hadits, Shahih atau tidak. Dengan menyadur beberapa riwayat lain dari kitab selain Shahih Bukhari sebagai endukung argumentasinya.

Hemat penulis, sepertinya apa yang dilakukan oleh Ibnu Hajar al-'Asqalani ini menjadi salah satu inspirasi bagi Imam Nawawi, beliau juga memilikikitab syarah salah satu matan Hadits yang enam, yakni hadits Shahih Muslim, dengan karyanya al-Minhaj Syarah Shahih Muslim.

Jika para pembaca ingin memiliki kitab al-Minhaj ini, silahkan menuju ada link  berikut : Download al-Minhaj Syarah Shahih Muslim Karya Imam Nawawi


Selain Kitab Fathul Bari ini, beliau juga memiliki karya lainnya, antara lain :



Keterangan Tentang Kitab  Fathul Bari

عنوان الكتاب : فتح الباري بشرح صحيح البخاري
المؤلف : الحافظ أحمد بن علي بن حجر العسقلاني
Name : Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari
Auhtor : Ahmad bin Ali bin Hajar al-'Asqalani
File : PDF
Size : 269 MB (Lengkap 17 Jilid)
Pages : ---
Year : ---
Published : ---
Publihser : Dar al-Thayyibah
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download From : archive.org

DOWNLOAD

21 komentar untuk "Download Fathul Bari Syarah Shahih Bukhari Lengkap"

  1. iZIN DOWNLOAD KANG,, HATUR NUHUN SMOGA AMAL IBADAHNYA DITERIMA ALLAH SWT

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga kitab fathul bari ini bermanfaat

      Hapus
  2. Jazaakumullah semoga menjadi sedekah jariyah akang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terimakasih doanya, semoga terkabulkan

      Hapus
  3. izin download akhi, jazakallahu khair

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan... wa jazaakumullah ahsanal jazaa

      Hapus
  4. alhamdulillahirobbil 'alamin. saya merasa sangat terbantu dalam proses study hukum Islam ini dengan tersedianya kitab2 mu'tabaroh yg disajikan galeri kitab kuning. saya mengucapkan banyak2 terimakasih kepada seluruh pihak yg memiliki keterkaitan dalam penyebaran kitab2 ini. walaupun saya belum bisa memandang panjenengan sedoyo tapi sya yakin panjenengan adalah orang2 yg selalu ingin mengjarapkan ridho allah. semoga jasa2nya dapat bermanfaat bagi khalayak umum, terkhusus saya pribadi. dan semoga allah menempatkan ditempat yg mulia kelak. amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas doa dan dukungannya untuk galeri kitab kuning, semoga web ini semakin berkah dan kitab fathul bari syarah shahih bukhari semakin bisa bermanfaat untuk umat amin

      Hapus
  5. idzin save ya kang mudh2n kita semua di brikan manfaat dan baroqah ny amiin

    BalasHapus
  6. idzin save ya kang mudh2n kita semua di brikan manfaat dan baroqah ny amiin

    BalasHapus
  7. Mohon Izin download kang. Saya bermaksud memperdalam hadits nabawi dan sangat terbantu dengan website ini. semoga amal dan ilmu akang berkah, aamiin. terima kasih banyak kang

    BalasHapus
  8. Tapi isinya apa sama dengan kitab buku ya ? Sedikit ragu ...

    BalasHapus
  9. bagi yang membuat link dounload ebook islam free siapa saja aku ucapkan semoga menjadi amal ibadah menjadikan mudah masuk surga dan menjadikan aku juga lebih ber iman dan bertaqwa,karena aku kadang lupa menulis komentar / trimakasih, maklum baru bisa komputr

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah.. semog bermanfaat

    BalasHapus
  11. Silahkn di cek, dan dibandingkan dengan aslinya..

    BalasHapus
  12. Mohon yang terjemahannya juga Ustadz, barakallahu fiikum

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Mohon maaf pada file yg no 10 ada halam yg terlewat. Yaitu hal 186 dan 187

    BalasHapus
  14. Izin download ya bang. Semoga barokah dan jadi amal jariyah

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini