Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Tafsir Ruh al-Ma'ani / al-Alusi Lengkap

Download Tafsir Ruh al-Ma'ani / al-Alusi Lengkap

Galeri Kitab Kuning - Sebagaiamana telah dijelaskan sebelumnya, Sejak zaman ulama salaf perkambangan tafsir senantiasa berkembang, dinamikanya pun cenderung meningkat dan beragam, bersamaan dengan upaya para ulama menjelaskan dan membukan pintu pemahaman terhadap al-Quran. Walaupun didapati berbagai kitab tafsir yang memiliki pemahaman berbeda, hal itu disebabkan perbedaan latar belakang serta cara pandang dan pendekatan yang dilakukan oleh para Mufassir (ahli Tafsir).


Salah satu yang sampai saat ini menyita perhatian pemerhati tafsir dan sering kali dijadikan rujukan dalam studi tafsir adalah Tafsir Ruh al-Ma'ani atau lebih dikenal dengan sebutan Tafsir al-Alusi (yang dinisbatkan kepada penulisnya). 

Walaupun cara penulisannya tidak jauh berbeda dengan tafsir lain, yakni menafsiri Ayat secara lengkap dari awal sampai akhir, lyaknya Tafsir al-Qurthubi dan Tafsir Thabari, Namun Oleh beberapa ulama, kitab ini memang dikategorikan sebagai Tafsir bi al-Ra'yi, dikarenakan dominasi akal fikir lebih dominan dalam penafsiran, dibandingkan riwayat al-Quran ataupun hadits. Namun menurut kami, bukan berarti kitab ini 100 % masuk dalam kategori tersebut, dikarenakan didapati beberapa kali kesempatan beliau juga menyadur sebuah ayat al-Quran ataupun riwayat Hadits (sebagai salah satu ciri khas Tafsir bi al-Ma'tsur) guna menegaskan tafsirannya. Sehingga bisa disimpulkan, bahwa Kitab Ruh al-Ma'ani ini menggabungkan, antara Tafsir bi al-Ma'tsur dan bi al-Ra'yi.


Dan jika diperhatikan, cara penafsiran yang dilakukan al-Alusi juga tergolong istimewa, beliau tidak jarang mengungkapkan makna Bathin setelah menjelaskan Makna Dhahir. Dan penafsiran menggunakan makna Bathin ini, cendrung masuk dalam kategori Tafsir Bi al-Isyari, yang mana hanya dilakukan oleh para mufassir yang memiliki kedalaman Ilmu pengetahuan dan kedalaman spiritual.

Apakah ana tertarik memiliki kitab Tafsir ini? Silahkan baca terlebih dahulu keterangannya dibawah ini :
عنوان الكتاب : روح المعاني في تفسير القرآن العظيم و السبع المثاني
أبي الفضل شهاب الدين السيد محمود الألوسي البغدادي
Name : Ruh al-Ma'ani Fi Tafsir al-Quran al-'Adzim wa Sab'i al-Matsani (Tafsir al-Alusi)
Author : Syihabuddin Sayyid Mahmud al-Alusi al-Baghdadi
File : PDF
Size : 231 MB
Pages : ---
Year : ---
Published : ---
Publisher : Dar Ihay' Turast al-Arabi- Beirut - Lebanon
Uploaded By : Abdurrohim Rhasya
Download From : archive.org

6 komentar untuk "Download Tafsir Ruh al-Ma'ani / al-Alusi Lengkap"

  1. Gimana cara download kitab ruhul maani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal tekan sesuai dengan juz yang diinginkan

      Hapus
  2. TERIMA KASIH.IJIN DOWNLOAD

    BalasHapus
  3. Terima kasih dan semoga selalu dalam naungan rahmat dan berkah Allah. Izin unduh ya

    BalasHapus
  4. Ada terjemah tafsir Ruhul ma'ani pdf tidak ?

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini