Ternyata Ayat al-Quran Punya Khasiat Khusus -->
Cari Berita

Ternyata Ayat al-Quran Punya Khasiat Khusus

Admin Galeri Islam
Selasa, 19 April 2016

Galeri Kitab Kuning - Siapa yang tidak ingin sehat? semua orang pasti menginginkan sehat. Banyak diantara kita sampai pontang panting, kesana-kemari, mencari pengobatan, mulai dari medis sampai nonmedis, bahkan terapi dan pengobatan herbal sudah dilakukan. Tidak ketinggalan pula meminta doa kepada seorang kiai. Semua usaha tersebut demi mendapatkan nikmat kesehatan. dan khusus yang cara yang terakhir "minta doa kepada kiai", kadang kita merasa heran, karena kiai justru hanya memberikan beberpa aya-ayat al-Quran untuk dibaca. Sehingga menarik untuk dipertegas disini, bahwa ternyata memang sebagian Ayat al-Quran Punya Khasiat Khusus. Seperti apa dan bagaimana? selamat membaca.

Ternyata Ayat al-Quran Punya Khasiat Khusus

1. Konsep Ayat Dengan Khasiat Khusus

al-Quran, dalam ushul Islam memiliki kedudukan paling tinggi sebagai sumber hukum. dan ternyata bukan hanya sebagai sumber hukum saja, bahkan al-Quran memiliki berbagai fungsi. Ayat-ayat al-Quran, acapkali dijadikan media pengobatan dan usaha menyembuhkan berbagai penyakit. Fungsi tersebut biasa dikenal dengan khasiat ayat al-Quran. 

Sebagian para ulama bahkan memberikan bab khusus berkenaan dengan hal tersebut. Sebut saja salah satunya al-Imam al-Suyuthi dalam kitabnya yang terkenal al-Itqan Fi Ulumil Quran, dan al-Muhaddits Badruddin Muhammad bin Abi Bakar al-Zarkasyi dalam Kitabnya al-Burhan fi Uluml Quran. Sehingga dapat disimpulkan pembahasan tentang khasiat-khasiat al-Quran, atau biasa dikenal dengan Istilah Khawash al-Quran, menjadi salah satu pembahasan dalam disipilin Ilmu al-Quran. Dan sudah barang tentu para ulama membahas tetang khasiat al-Quran tersebut bukan tanpa dasar, berikut ini dasar-dasarnya :

  • Dasar al-Quran

Al-Quran sebagai Kalamullah [Firman-firman Allah swt], tidak hanya sebagi sumber hukum dalam Islam, nyatanya juga bisa sebagai penyembuh dari berbagai macam penyakit. Allah swt. Berfirman dalam surat al-Isra', ayat 82 :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
"Dan kami turunkan dari al-Quran, sesuatu yang menjadi penawar dan kasih sayang bagi orang-orang mukmin"
Dalam Kitab Tafsir al-Qurthubi, Para ulama berbeda pendapat mengenai pemahaman terhadap kata "Syifa'" dalam ayat ini. Ada yang mengatakan bahwa al-Quran sebagai penyembuh dari penyakit hati, namun juga ada Ulama yang mengatakan bahwa al-Quran juga sebagai penyembuh bagi penyakit jasmani juga. Hal senada juga ditegaskan oleh al-Imam al-Dzahabi dalam kitabnya Thibbu Nabawi

Bahkan dalam sebuah komentar, Ibnu al-Qayyim [Ulama yang diidolakan oleh sebuah golongan], menegaskan bahwa dari ayat ini dapat disimpulkan bahwa seluruh ayat al-Quran bisa menjadi penyembuh yang sempurna bagi segala penyakit, sebagai pelindung yang sangat bermanfaat dari segala hal yang membahayakan, hidaya yang dapat menyinari segala kegelapan, dan kasih sayang atau rahmat bagi orang-orang mukmin.  

  • Dasar Hadits

Hadits Pertama : Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Sa'id al-Khudri, berkenaan dengan sebuah rombongan orang Islam yang singgah disebuah perkampungan, dan meminta kepada masyarakat kampung tersebut untuk menerima mereka sebagai tamu. Namun, penduduk kampung tersebut menolaknya. Beberapa lama kemudian, kepala suku dari kampung tersebut terkena sengatan kalajengking dan tidak bisa berjalan, degan bersusah payah dan segala usaha telah dilakukan oleh penduduk tersebut guna mengobati kepala sukunya, namun hasilnya nihil. Akhirnya singkat cerita mereka meminta bantuan romobongan orang Islam yang singgah tersebut untuk mengobatinya. Dan dengan se-izin Allahswt, romobingan orang Islam tersebut mengobatinya dengan membacakan surat al-Fatihah. Hadits panjang ini disebutkan dalam dibeberapa kitab Hadits, semisal Kitab Shahih Bukhari [hadits ke-21115], Kitab Sunan Abu Dawud [Hadits ke- 3900], Sunan al-Timridzi [hadits ke-2064]

Hadits Kedua : Hadits dari Abu Hurairah, juga bisa dijadikan landasan berkenaan khasiat Ayat al-Quran. Pasalnya, ada seorag laki-laki yang mendatangi Rasulullah saw. dan berkata " Rasululah, saya tadi malam tersengat kalajengking", kemudian Rasulullah saw. menjawa, andaikan kamu membaca pada sore harinya, doa berikut, niscaya kamu tidak akan tersengat kalajengking. Doa tersebut adalah: 

أعوذ بكلمات الله التامات من شر ما خلقAku berlingdung degan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan/ marabahaya yang diciptakan Allah swt.

Dari hadits ini, bisa dipahami bahwa al-Quran termasuk kalimat-kalimat Allahswt. sehingga bisa dijadikan landasan bahwa Ayat-ayat al-Quran memiliki khasiat khusus.

Hadits senada juga pernah diriwayatkan oleh Kahlah binti al-Hakim al-Salami, yang disebutkan dalam Kitab Shahih Muslim hadits ke-2708

2. Kesimpulan


Dari keterangan dan paparan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa al-Quran tidak hanya sebagai sumber hukum Islam, yang berisi berbagai macam aturan untuk hidup dan kehidupan umat manusia. Sebagai Rahmat bagi seluruh Alam, al-Quran disisi lain memuat ayat yang punya khasiat khusus. termasuk untuk pengobatan.

Tulisan ini terinspirasi dari buku “Membongkar Kebohongan Buku Mantan Kiai NU Menggugat Shalawat & Dzikir Syirik. Yang disusun dan diterbutkan Oleh : Tim Bahtsul Masail PB NU Jember.