Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dua Macam Takbir Hari Raya Yang Perlu Diketahui

Dua Macam Takbir Hari Raya ~ Seperti yang telah saya janjikan pada saat menjelaskan Tatacara Sholat Idul Fitri dan Idul Adha, bahwa saya akan menjelaskan macam-macam Takbir.

Lantaran, Hari Raya tidak hanya identik dengan baju baru, kue dan makan yang lezat, melainkan dengan pembacaan takbir yang senantiasa bergema disetiap suduh desa, hingga kekota.

dua macam takbir pada hari raya


Di Indonesia sendiri, ada sebuah tradisi pembacaan takbir dengan istilah "Takbir Keliling". Kabar terbaru yang saat ini sedang hangat, adanya peraturan disebagian daerah yang justru melarang adanya takbir keliling.

Disisi lain, menyemarakkan Hari Raya dengan pembacaan Takbir sangat dianjurkan, bukan hanya dibaca di masjid-masjid melainkan juga membaca dikeramaian tempat bahkan di jalan-jalan.

Wal-hasil, membaca takbir pada saat hari raya sangat dianjurkan, dan berikut ini bacaan takbir yang sangat dianjurkan oleh agama Islam.

ألله أكبر, الله أكبر, الله أكبر
لاإله إلا الله والله أكبر
الله أكبر ولله الحمد
ألله أكبر كبيرا
والحمد لله كثيرا
وسبحان الله بكرة وأصيلا
لاإله إلاالله وحده
صدق وعده
ونصر عبده وأعز جنده
وهزم الأحزاب وحده
لاإله إلالله ولا نعبد إلا إياه
مخلصين له الدين ولو كره الكافرون
لاإله إلا الله والله أكبر
الله أكبر ولله الحمد
Sebenarnya ada dua macam takbir dalam hari raya yang perlu diketahui. dan kedua macam takbir ini bukan berkenaan dengan bacaan, melainkan berkenaan dengan pelaksanaan.

1. Takbir Mursal

Adalah takbir yang dibaca tanpa ada batasan setelah selesai shalat. Artinya kapanpun-siapapun dianjurkan untuk membaca takbir.

Takbir Mursal ini disunnahkan sejak malam hari raya, tepatnya sejak terbenamnya matahari hingga terbenamnya matahari kembali pada hari raya.


2. Takbir Muqayyad

Takbir Muqayyad, artinya takbir yang dianjurkan terbatas setiap pelaksanaan sholat, baik sholat sunnah maupun sholat fardu.

Adapun waktunya, dimulai sejak malam hari raya, hingga tiga hari berikutnya.

Sebagai catatan, pada Hari Raya Idul Fitri dianjurkan Takbir Mursal, sementara pada Hari Raya Idul Adha, selain Takbir Mursal, juga dianjurkan Takbir Muqayaad.

Artinya seseorang dianjurkan membaca takbir sejak malam hari raya, hingga sore terakhir hari taysriq [11,12 13 Dzul Hijjah].

Dikutip dari kitab : Hasyiah Bajuri Juz 1, Halaman 434-435

Demikian tulisan tentang Dua Macam Takbir Hari Raya Yang Perlu Diketahui, semoga informasi ini bisa menambah kekhusyuan kita dalam meraih kemenangan. Selamat Idul Fitri sahabat.

8 komentar untuk "Ini Dua Macam Takbir Hari Raya Yang Perlu Diketahui"

  1. Sip kang, mohon izin, link artikel ini sudah tak tautkan ke blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kang syamsu, semoga bermanfaat kang

      Hapus
  2. Hmn, jadi yang suka digemakan takbir di malam takbiran masuknya ke Takbir Mursal ya kang Oim... Kalau Takbir Muqqayad jarang-jarang di sini... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang Diar ... jadi tahu jadi tambah ilmu kang

      Hapus
  3. Di Jakarta ,tabir keliling sering berbuah ribut antar kampung. Bakar dan bakaran jadinya. Kalau dikampung masih bisa tertib.

    BalasHapus
  4. Makasih infonya mas jadi tahu kalau takbir ada dua krn umumnya takbir itu itu saja

    BalasHapus
  5. Setiap hari raya idul fitri tiba,, sebagian umat muslim berkumandang mengagungkan kebesara Allah,,, kalau ditempat saya takbiran keliling sambil bawa bedug di roda.. :D

    BalasHapus
  6. Membaca takbir di hari raya idul fitri atau idul adha merupakan salah satu hal yang dianjurkan. Bukan karena maksud apa-apa, tetapi karena pada saat Idul Fitri khususnya umat Islam bersyukur karena bisa meraih kemenangan atau berada pada puncak kebahagian setelah lama tepatnya satu bulan penuh berusaha menahan nafsu (puasa). Puasa Ramadhan namanya.

    BalasHapus

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Galeri Kitab Kuning? Tulis Komentar dengan Sopan, dan Tanpa memberi Link Aktif atau Non Aktif
Jangan Pakai Bahasa Yang Negative
Mohon maaf jika balasan kami telat, dan sesegera mungkin akan kami tanggapi.

Hormat Kami
Admin Galeri Kitab Kuning

close
Banner iklan disini