Buku Pendidikan Karakter Khas Pesantren, Terjemahan Kitab Adabul Alim wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari -->
Cari Berita

Buku Pendidikan Karakter Khas Pesantren, Terjemahan Kitab Adabul Alim wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari

Rabu, 04 Oktober 2017

Galeri Kitab Kuning - Pendidikan karakter menjelma menjadi isu nasional ketika anak bangsa mulai banyak yang menunjukkan tanda-tanda degradasi kualtitas karakter.

Buku Pendidikan Karakter Khas Pesantren, Terjemahan Kitab Adabul Alim wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari

Pendidikan karakter digadang-gadang menjadi "pendekar" yang akan menyelesaikan salah satu problem akut yang mendera bangsa ini. [Prakata Edisi Pertama, Pendidikan Karakter Khas Pesantren, Dr. Rosidin, M.Pd.I]

Dari kutipan kata pengantar penulis tersebut, nampak jelas bahwa buku "Pendidikan Karakter Khas Pesantren" yang dsarikan (terjemahan) dari Kitab Adabul Alim Wal Muta'allim, Karya Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari ini, merupakan refleksi dari sebuah realitas problematika generasi bangsa, khususnya Umat Islam di Indonesia.

Kondisi generasi bangsa yang saat ini mengalami degradasi moral ataupun karakter, menyadarkan Dr. Rosidin M.Pd.I (selaku penerjemah) untuk segera menuangkan karya tulisnya dalam bentuk terjemahan kitab Adabul Alim wal Muta'allim, dan disebarluaskan kepada lembaga pendidikan dan masyarakat luas.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, sebab "pendidikan karakter" saat ini memang diyakini menjadi salah satu solusi jitu untuk meningkatkan moral bangsa, martabat dan kehormatannya.

Disisi lain, tak banyak yang menyadari bahwa jauh sebelum isu tersebut berhembus ditengah dunia pendidikan formal, Pesantren sebagai pendidikan tertua di Indonesia, sejatinya telah menanamkan nilai-nilai karakter pada santri yang didiknya.

Salah satu kitab yang hingga sekarang menjadi pelajaran penting dan diajarkan dihampir seluruh pesantren, adalah Adabul Alim wal Muta'allim, karya pendiri Nahdhatul Ulama "NU", Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari.

Info menarik :

Tersebab sulitnya mengkaji kitab ini melalui bahasa teks aslinya, yakni bahasa Arab, hingga muncullah terjemahan yang ditulis oleh lulusan UIN Sunan Ampel tersebut dalam bingkai terjemahan yang adaptif dan dapat dipahami oleh seluruh khalayak umum.

Bagi anda yang membutuhkan buku Pendidikan Karakter Khas Pesantren, Terjemahan Kitab Adabul Alim wal Muta'allim Karya KH. Hasyim Asy'ari, silahkan hubungi kami di Kontak.