Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Khutbah Jumat Rajab, Tema Peningkatan Kualitas Shalat

Galeri Kitab Kuning | Pada bulan Rajab, tidak hanya peristiwa monumental berupa Isra' Mi'raj saja yang terjadi, melainkan juga menjadi momen penting bagi salah satu rukun Islam yang nomor tiga, yakni Solat.

Khutbah Jumat Rajab, Tema Peningkatan Kualitas Shalat

Jika diruntut dari ceritra yang di banyak riwayat tentang kejadian Isra' Mi'raj, shalat menjadi salah satu cerita klimaks Rasulullah saw. saat beliau hendak kembali dari perjalanan malam ini.


Walhasil, solat yang awalnya akan diwajibkan sebanyak 50 kali dalam sehari, akhirnya mengecil, menjadi 5 kali / lima waktu saja dalam sehari.


Shalat sendiri, memang sepertinya lebih menekankan pada ibadah spirtual seorang hamba pada tuhannya (Allah swt). Namun, sebenarnya juga memuat aspek sosial.


Buktinya, dalam Surah al-Ankabut 45 Allah swt. menegaskan salah satu fungsi dari ibadah shalat ini, dapat menjegah seseorang dari perbuatan kemungkaran dan kejelekan.


اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
Artinya : "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Namun bagaimana caranya agar salah satu fungsi tersebut dapat diraih oleh setiap hamba? tentu diperlukan cara, mulai dari memperhatikan rukun dan syarat, hingga mengaplikasi khusyuk.

Teks Khutbah Jumat, Tentang Peningkatan Kualitas Shalat

Dari uraian diatas, penting kiranya bagi seorang khatib, penceramah, tokoh masyarakat, untuk menekankan pentingnya menjaga solat dan meningkatkan kualitasnya. Terlebih bulan Rajab, merupakan salah satu bulan yang sangat mulia, terutama juga menjadi bulan dimana Shalat diwajibkan.

Disisi lain, mungkin banyak para penceramah dan khatib yang kebingungan dengan materi dan teks khutbah singkat berkenaan hal ini.

Meskipun ada, kebanyakan memuat matri khutbah yang panjang, dan acapkali membingungkan pada jama'ah.

Sebab demikian, kami disini kembali akan membagikan dalah satu contoh tekh khutbah Jumat [khususnya untuk bulan rajab], yang berisi materi tentang shalat, yang cukup singkat, namun tetap memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh para jama'ah.

Dan tentu saja, khutbah jumat yang akan kami bagikan ini sekedar contoh, sahabat bisa mengembangkannya untuk kepentingan materi ceramah semisal kultum. Oke langsung saja, anda bisa baca secara online di bawah ini :
BACA ONLINE?:
Atau, jika anda tertarik untuk menggunakan contoh khutbah jumat bulan rajab ini, silahkan download pada link di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Contoh Khutbah Jumat Rajab, Tema Peningkatan Kualitas Shalat"

close
Banner iklan disini