Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Kejadian dan Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Rajab

Galeri Kitab Kuning | Bulan Rajab merupakan bulan yang Istimewa dalam Islam, hal itu terbutkti bahwa buln tersebut masuk dalam kategori bulan-bulan yang Haram untuk peperangan (Asyhurul Hurum).

15 Kejadian dan Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Rajab

Keistimewaan lain dari bulan Rajab, juga disebabkan pada bulan ini terjadi beberapa peristiwa bersejarah dan kejadian-kejadian penting.


Kajian dan peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab

Berikut ini ragam kejadian di Bulan Rajab yang terekam dalam sejarah

 

#1. Rasulullah Hijrah Ke Habasyah (saat ini Ethiopia)

Rasulullah saw. pernah melakukan perjalanan ke Habasyah untuk menghindari gangguan orang-orang kafir Mekah, yang saat itu memang tidak suka dengan risalah yang dibawa kanjeng Nabi.

 

Untuk menyelamatkan kaum muslimin yang jumlahnya saat itu masih sedikit, Rasulullah melakukan Hijrah pada bulan Rajab ke Ethiopia (Habasyah saat itu), yang kebetulan kala itu Habasyah sedang dipimpin oleh seorang raja yang bijaksana.

 

#2. Isra' Mi'raj Nabi Muhammad saw.

Isra' Mi'raj merupakan kejadian di luar nalar manusia, dan merupakan sebuah Mu'jizat Rasulullah saw. di mana saar itu, Nabi Muhammad melakukan dari Masjidil Haram (Mekah) ke Baitul Maqdis (Palestina), kemudian naik ke langit, dan kembali lagi ke Mekah, yang mana perjalanan tersebut hanya ditempuh dalam satu malam.


Baca Juga : Dalil 6 Amalan-amalan Di Bulan Rajab Yang Dianjurkan Dalam Islam


Para ulama berbeda pendapat mengenai waktu peristiwa Isra' Mi'raj, namun menurut pendapat yang banyak diikuti (Jumhur), kejadian ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.


Oleh sebab itu, umat Islam secara rutin mengadakan acar-acara untuk mensyukuri peristiwa Isra' Mi'raj yang di dalamnya juga awal mula kewajiban shalat lima waktu, serta sebagai momen mengenang kembali sejarah Rasulullah saw.


#3. Awal Mula Kewajiban Shalat Lima Waktu

Seperti yang disinggung sebelumnya, peristiwa Isra'Mi'raj juga menjadi penanda awal mula kewajiban shalat 5 waktu.

 

Dalam sebuah hadist diceritakan secara panjang, bagaimana dialog antara Rasulullah saw. dengan Nabi Musa as. berkenaan dengan kewajiban shalat.

 

Mula-mula, Rasulullah saw. mendapatkan kewajiban shalat 50 kali dalam sehari, namun setelah terjadi dialog beberapa kali dengan Nabi Musa ra. akhirnya Rasulullah saw. kembali menemui Allah swt. dan memohon adanya keringanan, akhirnya shalat hanya diwajibkan lima kali dalam sehari.


#4. Awal Mula Abu Bakar Bergelar Ashhiddiq (Yang Percaya)

Setelah peristiwa Isra' Mi'raj tersebut, Rasulullah saw. menceritakan kepada beberapa sahabatnya dan kabar tersebut juga sampai kepada Abu bakar.

 

Saat ditanya, apakah dia mempercayai kejadian yang terjadi pada Nabi Muhammad, Abu Bakar secara lantang dan meyakinkan bahwa ia mempercayai apa saja yang dikatakan oleh Rasulullah saw.

 

Maka dengan jawaban tersebut, selanjutnya Abu Bakar diberi gelar Ashhiddiq, lantaran beliau secara langsung mempercayai 100% kejadian Isra' Mi'raj yang di luar nalar manusia tersebut.

 

Awal mula gelar tersebut, pasca terjadinya Isra' Mi'raj yang diperkirakan juga terjadi pada Bulan Rajab.


#5. Perubahan Arah Kiblat Ke Ka'bah

Dalam sejarah Islam dikenal sebuah peristiwa Tahwil Qiblat (Perubahan Arah Kiblat), yakni dari Baiqtul Maqdis di Palestina ke Ka'bah di Mekah.



Kejadian tersebut terjadi setelah Rasulullah saw. hijrah kemadinah, teatnya pada pertengahan pada Bulan Rajab, sebagai bentuk ujian keimanan umat Islam.


#6. Lahirnya Sahabat Ali bin Abi Thalib

Pada tanggal 13 Rajab adalah hari kelahiran Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Beliau lahir sekitar 23 tahun pra hijriah/599 Masehi di Makkah, daerah Hijaz, Jazirah Arab.


Baca Juga : 20 Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan, Termasuk Untuk Bansa Indonesia


#7. Kemenangan Umat Islam Atas Bangsa Romawi dalam Perang Tabuk

Perang Tabuk adalah peperangan antara kaum muslimin dengan Romawi, terjadi pada bulan Rajab, tahun ke-9 H, dimana Umat Islam harus menempuh perjalanan dari Madinah Ke Syam.

Meski kejadian peperangan ini relatif singkat, namun kemenangan dipegang oleh umat Islam, yang kala itu membawa 30.000 bala tentara, dan dengan seizin Allah swt. Romawi gentar dan takluk di tangan umat Islam.


#8. Pertempuran Kecil Antara Utusan Rasulullah "Abdullah bin Jahsy" dengan Kelompok Dagang Quraisy.

Pada bulan rajab juga terjadi peperangan kecil antara utusan Rasulullah SAW yang dipimpin oleh Abdullah bin Jahsy, melawan kelompok dagang kaum Quraisy.


#9. Penaklukan Kota Damaskus dari Kekuasaan Romawi.

Pada bulan Rajab tahun 14 H/635 M kota Damaskus dapat dikuasai umat Islam di bawah komando panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin al-Walid. Sebelumnya, kota bersejarah tersebut berada di bawah kekuasaan balatentara Romawi.



#10. Peperangan Yarmuk

Setahun setelah terjadinya pembebasan kota Damaskus, tepatnya pada hari senin di bulan Rajab, pada tahun 15 H/636 M, terjadi peperangan Yarmuk di bawah komando Khalid bin Al-Walid.



#11. Pembebasan Kota Hirrah di Irak.

Imam Ibnu Kastir dalam kitab al-Bidayah wa Nihayah, menyebutkan telah terjadi pembebasan kota Hiirah, Irak yang dilakukan oleh Khalid bin al-Walid. Kejadian ini juga terjadi pada bulan Rajab.



#12. Pembebasan Baitul Maqdis dari Tentara Salib.

Shalahuddin al-Ayyubi, salah seorang panglima perang umat Islam, berhasil mengepung Kota Yarussalem bersama kaum muslimin, Pada 27 Rajab 583 H/2 Oktober 1187 M.

 

Kejadian tersebut sebagai upaya Shalahuddin al-Ayyubi untuk membebaskan Baitul Maqdis yang sudah 88 tahun lamanya dikuasai oleh tentara salib.

 

Setelah peristiwa pembebasan tersebut, Adzan dan Salat Jumat pun mulai dikumandangkan dan dilaksanakan kembali di Masjid al-Aqsha.



#13. Wafatnya Ulama Besar Imam Syafi'i.

Akhir bulan Rajab, Nashirus Sunnah, yakni Imam Asy-Syafii wafat yang bertepatan pada tahun 204 H. di usianya yang menginjak ke 54 tahun.


Baca Juga : Inilah 5 Sahabat Kesayangan Rasulullah saw. Yang Wafat Di Bulan Ramadhan


#14. Wafatnya Imam Muslim.

Tanggal 24/25 Rajab 261 H merupakan hari dimana Imam Muslim wafat. Beliau adalah ulama yang disandingkan dengan nama Imam Al-Bukhari dalam periwayatan hadis yang biasa disebut dengan muttafaq ‘alaih (hadis yang disepakati). Beliau dilahirkan di Naisabur pada tahun 202 H/817 M.

 

Nama lengkapnya adalah imam Abu Al-Husein Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Kausaj Al-Qusyairi Al-Naisaburi. Naisabur merupakan salah satu kota ilmu dan pusat peradaban di kawasan asia tengah, seperti halnya Baghdad di abad pertengahan dan Bukhara (kota kelahiran imam Al-Bukhari).

 

#15. Runtuhnya Khilafah Turki Utsmani.

Sejarah yang terjadi pada 28 Rajab 1342 H atau 03 Maret 1924 M, adalah runtuhnya Kesultanan Ottoman Turki yang dihapus oleh Musatafa Kemal Ataturk. 

 

Pascaruntuhnya Kesultanan Ottoman Turki, kehidupan masyarakat Turki berubah, karena Turki menyatakan diri sebagai negara sekuler. Islam yang berfungsi sebagai agama dan sistem hidup, serta bermasyarakat dan bernegara mulai digantikan.


Demikianlah ulasan tentang 15 Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab yang penting untuk kita ketahui, sebagai dari bentukkhazanah sejarah Islam. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "15 Kejadian dan Peristiwa Bersejarah Yang Terjadi di Bulan Rajab"

close
Banner iklan disini